Foto Makam Bumidirjo 2

Selain Kenari yang tersisa ini, menurut Munasir di halaman makam dulu ada pohon Trembesi yang batangnya sepelukan 3 orang, ada pula Pohon Aga yang besar batangnya sepelukan empat orang. Dulu tempat ini juga sangat wingit dan angker. Penghuninya ada macan loreng, macan putih, kutut Majapahit, kera putih, ada ada pula dua naga.

makam pangeran bumidirjo

Dekat pintu terdapat lukisan foto Pangeran Bumidirjo dengan ubengan putih, berjenggot, dan berpakaian putih. Menurut Nasir yang membawa lukisan itu adalah adik HB X yang berbadan besar kehitaman, dan wafat belum lama ini. Yang dimaksud Nasir tampaknya GBPH Joyokusumo, yang wafat pada 31 Desember 2013 lalu. Gusti Joyo dikenal sebagai ningrat yang dekat dengan rakyat dan hidup sederhana.

makam pangeran bumidirjo

Di awal jalan setapak dari area parkir menuju ke cungkup makam terdapat tengara Benda Cagar Budaya Makam Bumidirjo yang dibuat dinas setempat.

makam pangeran bumidirjo

Menurut Munasir, tulisan Arab yang menglilingi belandar cungkup Makam Pangeran Bumidirjo itu dibuat oleh seorang dari Jakarta.

makam pangeran bumidirjo

Di samping belakang kanan terdapat dua makam berjejer bertulis Ki Bumi dan Nyi Lundong, yang menurut Nasir adalah makam orang yang membabat alas Lundong.

makam pangeran bumidirjo

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.