Foto Jembatan Limpapeh 3

Sudut pandang yang memperlihatkan struktur bangunan yang ada di tengah jembatan. Ketika Bukittinggi sudah menjadi kota makmur karena lebih terbuka bagi penanaman modal dari luar daerah, boleh jadi pijakan kaki pada jembatan ini akan diganti dengan bahan yang lebih eksotis, dari kaca tebal misalnya.

jembatan limpapeh bukittinggi

Pandangan melintang pada struktur Jembatan Limpapeh yang memperlihatkan komponen penyusun jembatan yang beraneka rupa.

jembatan limpapeh bukittinggi

Atap gonjong kecil berbentuk tanduk runcing di ujung atasnya dipasang pada tiga titik di bagian tengah, dan satu titik di bagian puncaknya. Di puncak itu batang tusuk satenya entah terkena apa sehingga miring dan nyaris patah. Mudah-mudahan saat ini sudah diperbaiki.

jembatan limpapeh bukittinggi

Pandangan pada sisi sebelah kiri Jembatan Limpapeh yang mengarah ke Fort de Kock. Kota seperti Bukittinggi ini sudah memerlukan penataan ulang secara menyeluruh pada infrastruktur penunjang, pengelompokan perumahan dan area bisnisnya, serta sistem transportasi kota dan antar kotanya.

jembatan limpapeh bukittinggi

Pandangan tegak pada bagian tengah Jembatan Limpapeh, yang jika tiang penopangnya dihilangkan akan menjadikan jalan di bawahnya menjadi sangat lega dan bisa dimanfaatkan bagi jalur angkutan massal kota.

jembatan limpapeh bukittinggi

Kondisi Jembatan Limpapeh pada waktu itu masih sangat baik, dan jika perawatannya dilakukan secara konsisten dan benar maka umur jembatan ini bisa cukup panjang hingga pada waktunya nanti Kota Bukittinggi cukup makmur untuk menggantinya dengan jembatan baru yang jauh lebih baik.

jembatan limpapeh bukittinggi

©2020 aroengBinang