Foto Jam Gadang 2

Jam besar ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota) Rook Maker. Jam itu bergerak secara mekanik dengan diameter masing-masing 80 cm. Keunikan Jam Gadang Bukittinggi ini ada angka Rumawi IV pada jam ditulis IIII.

jam gadang bukittinggi

Ketika senja jatuh dan lampu taman menyala, pedagang mulai menggelar dagangannya di taman Jam Gadang Bukittinggi. Bermacam barang ditawarkan, dari makanan minuman, kerajinan tangan, mainan anak, dan pakaian.

jam gadang bukittinggi

Dari sebuah lubang menara di salah satu sisi dek pandang bawah, terlihat bagian tangga yang digunakan sebagai jalan untuk naik menuju ke puncak Jam Gadang Bukittinggi.

jam gadang bukittinggi

Menata para pedagang kaki lima ini membutuhkan kesabaran agar taman Jam Gadang Bukittinggi bisa tetap menjadi taman asri yang bersih, rapi, dan berselera bagus. Diperlukan zoning pedagang, dan mereka perlu dibantu dengan desain lapak bernafas tradisional namun berkelas.

jam gadang bukittinggi

Di seberang salah satu sisi taman Jam Gadang Bukittinggi itu adalah lokasi dimana bangunan Istana Bung Hatta berada, dengan patung dada Bung Hatta terlihat di belakang pohon cemara berlatar gunung kebiruan di belakang sana. Sayang saya tidak diperbolehkan masuk ke dalam istana itu.

jam gadang bukittinggi

©2020 aroengBinang