Foto Gua Petruk 1

Pemandangan sangat indah di Sendang Katak. Tak ada katak pada sendang di atas tebing rendah dengan tekstur elok yang airnya sangat bening dan dingin segar itu. Mungkin bentuk batuan sekitar sendang itu yang mirip katak. Lelehan air mengandung kalsium karbonat dan mineral lain yang membeku telah menciptakan bentuk sangat memukau ini.

gua petruk kebumen

Struktur batuan kapur yang sangat sedap dipandang mata. Pada dinding kapur sebelah kanan tampak lekukan-lekukan menyerupai lempeng yang indah, sedangkan di sebelah kiri terlihat lelehan air kapur yang membeku membentuk garis-garis di bagian bawah. Bagian mulus yang berada di sebelah itu, jika dilihat dari dekat bentuknya terlihat seperti seekor bulus putih.

gua petruk kebumen

Selain peta, ada pula foto-foto yang disertai keterangan nama, ditempel pada dinding depan pusat informasi Gua Petruk. Adanya foto-foto ini, bersama dengan peta gua petruk, lebih mempermudah saya untuk mengidentifikasi batuan yang saya lihat. Meski semua nama yang disebut hanyalah sekadar nama yang diberikan orang, mungkin secara serampangan, sesuai dengan iterpretasinya pada bentuk stalaktit stalagmit yang ia lihat.

gua petruk kebumen

Satu ruas undakan yang akan saya lewati saat menuju ke mulut Gua Petruk. Jumlah undakan yang jumlahnya 350-an itu masih kalah jauh dengan 600-an anak tangga yang pernah saya tapaki ketika menuju ke Gardu Pandang Gajah Mungkur di Gunung Kelud, Kediri. Pengalaman sangat berat di Kediri itulah yang membuat perjalanan mendaki anak tangga Gua Petruk menjadi tidak menggentarkan.

gua petruk kebumen

Pemandangan pada stalaktit di mulut Gua Petruk. Stalaktit adalah batuan kapur yang terbentuk dari tetesan air yang mengandung kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang berlangsung selama ribuan tahun. Di langit-langit gua yang tinggi tak jauh dari mulut Gua Petruk ini saya melihat sejumlah kelelawar yang bergelantungan. Namun tidak sebanyak yang saya lihat di Pura Gua Lawah Klungkung. Bau kotoran kelelawar juga tercium pada saat sudah masuk beberapa meter di dalam gua.

gua petruk kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.