Bali, Gua, Klungkung, Pura

Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura Goa Lawah Klungkung, yang terletak di bagian tenggara Pulau Bali, adalah salah satu tempat yang sebaiknya tidak terlewatkan ketika sedang berkunjung ke Pulau Dewata ini. Sesuai dengan namanya, Pura Goa Lawah ini dihuni oleh ribuan kelelawar berwarna abu-abu hitam.

Ketika kami berjalan kaki mendekati Pura Goa Lawah, tak berapa lama kemudian kami sudah bisa mencium aroma khas kotoran kelelawar yang jatuh di sekitar lokasi pura.

Selama masa pra-Hindu, masyarakat setempat mempercayai bahwa gua ini terhubungkan oleh suatu lorong panjang sampai ke Pura Goa di Besakih, yang berjarak sekitar 35 km, dan mereka juga percaya bahwa ular naga legendaris, Naga Basuki, sedang menjagai lorong tersebut. Naga Basuki dipercaya sebagai pemangku keseimbangan dunia.

pura goa lawah klungkung

Satu keluarga muda tengah melewati bangunan Pura Goa Lawah sambil mengagumi relief dan patung khas Hindu-Bali di Pura. Meskipun sangat sederhana, namun Pura Goa Lawah ini usianya sudah sangat tua dan mempunyai sejarah yang sangat panjang di belakangnya. Ketika berkunjung Pura Goa Lawah tengah menyelanggarakan sebuah ritual keagamaan, tepat di depan pintu Pura.

Pura Goa Lawah ini konon didirikan pada tahun 1007 oleh seorang bijak yang agung dari Jawa, bernama Empu Kuturan, yang pergi ke Bali atas permintaan Raja Udayana dan isterinya. Seorang pendeta agung lainnya dari Jawa, yang bernama Resi Markandya, membangun pura Syiwa kecil di depan Pura Goa Lawah untuk menjaga pintu masuk ke dalam gua.

pura goa lawah klungkung

Pura Goa Lawah dipergunakan untuk memuja Dewa Maheswara, yang dipercayai tinggal di salah satu bagian pulau ini. Berbagai upacara ritual diselenggarakan di dalam pura ini setiap harinya, meskipun sebagian besar berhubungan dengan ritual kematian, dan Pura Goa Lawah ini merupakan salah satu dari sembilan Candi Sad Kahyangan yang istimewa.

Pada jaman dahulu kala Pura Goa Lawah juga dipergunakan sebagai tempat pengujian bagi orang yang diketahui melanggar hukum di bawah Kerajaan Dewa Maheswara. Ketika terjadi perselisihan tentang siapakah yang merupakan keturunan sah dari raja Mengwi antara I Gusti Ngurah Made Agung dan I Gusti Ketut Agung, I Gusti Ketut Agung setuju untuk masuk ke dalam Goa Lawah dengan syarat bahwa jika ia keluar dalam keadaan hidup maka ia akan diakui sebagai keturunannya.

Menurut legenda, I Gusti Ketut Agung masuk ke dalam gua dan keluar di Pura Goa Besakih. Ketika dinobatkan sebagai raja, ia dikenal sebagai I Gusti Ketut Agung Besakih.

pura goa lawah klungkung

Relung-relung Pura Goa Lawah menjadi hunian aman bagi ribuan kelelawar yang tidur dengan tenang menggantung pada dinding gua, tanpa merasa terganggu sedikitpun dengan kehadiran manusia.

Selama ratusan tahun Pura Goa Lawah mengayomi bangsa Kelelawar yang kehebatan inderanya mengilhami lahirnya tokoh Batman ini sanggup terbang menemukan jalan dan makanannya meski pada keadaan yang gelap gulita. Menjadi pemandangan yang menakjubkan ketika ratusan kelelawar bergelantungan dengan damai pada dinding Pura Goa Lawah.

Pura Goa Lawah terletak di pinggir jalan besar, dan berseberangan dengan pantai jernih yang menghadap laut luas, masih tetap merupakan tempat yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali, khususnya bagi mereka yang dalam perjalanan menuju Pura Besakih, Kerajaan Karangasem, Candi Dasa, dan pantai Amed yang tenang.


Pura Goa Lawah Klungkung

Alamat : Kecamatan Dawan, Klungkung. Lokasi GPS : parkir -8.5524614, 115.4676068, Waze. Tempat Wisata di Klungkung, Hotel di Bali, Peta Wisata Bali, Tempat Wisata di Bali.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 09, 2020.