Foto Buyut Trusmi 2

Melangkah lebih ke dalam, di sebelah kanan terdapat sebuah masjid yang juga tengah mengalami perbaikan, dan saya masuk ke dalam setelah meminta ijin kepada orang yang sedang bekerja melakukan perbaikan. Di dalam masjid terdapat sebuah bedug yang biasa dipukul sebagai penanda masuk waktu sholat, diletakkan menggantung, diikat oleh sepasang tambang.

kramat buyut trusmi cirebon

Masuk ke ruang utama masjid yang tak begitu besar terlihat mihrab dengan lengkung kembar dimana terdapat ruang imam dan mimbar. Tiang soko guru masjid berwarna coklat tua dengan ukir suluran daun dan pepohonan.

kramat buyut trusmi cirebon

Tulisan Arab terlihat pada dinding di atas daun pintu masuk ke dalam masjid Kramat Buyut Trusmi. Tanggal yang tertera, 30-7-2269, tampaknya adalah tanggal dilakukannya kegiatan perbaikan masjid Kramat Buyut Trusmi ini.

kramat buyut trusmi cirebon

Berjalan mengikuti arah langkag kaki, saya bertemu dengan sebuah bangunan cungkup yang disebut sebagai Witana. Konon Witana (awit ana, mulai ada) Kramat Buyut Trusmi ini, adalah bangunan tempat sholat yang pertama kali dibuat oleh Ki Buyut Trusmi ketika baru saja datang ke tempat ini, sebelum dibangunnya masjid.

kramat buyut trusmi cirebon

Deret makam tua berjejer cukup rapi di kompleks Kramat Buyut Trusmi terbuat dari susunan bata yang warna merahnya sudah sepenuhnya tertutupi oleh warna hijau lumut yang tumbuh subur tak terganggu.

kramat buyut trusmi cirebon

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.