Foto Boen Tek Bio Banyumas 1

Tampak muka Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas sebelum terbakar. Bangunan asli diperkirakan dibangun sekitar tahun 1826. Sebelum dipakai sebagai tempat ibadah Tri Dharma, bangunan ini sempat digunakan sebagai gedung Sekolah Dwi Tunggal, SMP Negeri 1 Banyumas, dan SD Kristen Banyumas, sebelum baru digunakan sebagai kelenteng sejak 1960.

kelenteng boen tek bio banyumas

Penampakan ruangan Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas sebelum terbakar pada altar Lok Sing Kun (Dewa Kebahagiaan), Hok Sing Kun (Dewa Rejeki), dan Siu Sing Kun (Dewa Panjang Umur). Lukisan beberapa ekor macan dan lukisan ketiga dewa itu juga terlihat menempel pada dinding depan altar ini. Ada pula Altar Dewi Kwan Im dengan rupang indah besar dan kecil yang tidak bisa diselamatkan dari amukan api.

kelenteng boen tek bio banyumas

Semacam prasasti indah berukir naga di depan Gedung Tri Darma Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas. Gedung ini tampaknya selamat dari amukan api, karena terletak cukup jauh dari bangunan utama kelenteng.

kelenteng boen tek bio banyumas

Ornamen naga keemasan yang diukir halus dan indah pada lubang hawa di dinding depan gedung Tridarma Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas. Diantara kepala naga terdapat sebuah mustika yang sedang mereka perebutkan.

kelenteng boen tek bio banyumas

Sebuah aula terbuka terletak persis di sisi kiri Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas. Lukisan klasik yang besar dan indah tampak pada dinding aula, sementara langit-langitnya juga dihias dengan bermacam ornamen. Mudah-mudahan aula yang cantik ini juga selamat dari amukan api.

kelenteng boen tek bio banyumas

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.