Foto Boen San Bio 1

aroengbinang.com - Di Kelenteng Boen San Bio juga ada altar dengan arca Hok Tek Tjeng Sin, Dewa Bumi yang banyak dipuja para pedagang dan petani untuk mendapatkan kemurahan rizki dan kemudahan dalam perdagangan dan usaha lainnya. Agar doa dikabulkan oleh Dewa Bumi, orang harus terlebih dahulu gemar membuat amal baik kepada sesama. Mungkin karena itu terkadang terlihat banyak pengemis menunggu derma di depan kelenteng.

kelenteng boen san bio tangerang

Patung Dewi Kwan Im setinggi sekitar 3 meter yang letaknya berada di bagian belakang Kelenteng, di depan ruang Dhammasala yang merupakan tempat utama umat Buddha untuk melakukan ibadah. Kwan Im atau Kwan She Im Phosat adalah Avalokitesvara Bodhisattva, Dewi Welas Asih di Tiongkok. Kwan Im adalah sebutan dalam dialek Hokkian dan Hakka yang dipergunakan mayoritas warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

kelenteng boen san bio tangerang

Fenghuang konon tercipta dari paruh ayam jantan, muka burung walet, kening burung, leher ular, dada angsa, punggung kura-kura, bagian kaki belakang dan pinggang rusa jantan, dan ekor ikan. Tubuhnya melambangkan enam benda langit, yaitu kepala adalah langit, mata adalah matahari, punggung adalah bulan, sayap adalah angin, kaki adalah bumi, dan ekor melambangkan planet-planet. Sayapnya memiliki lima warna dasar: hitam, putih, merah, biru dan kuning.

kelenteng boen san bio tangerang

Seperti kebanyakan kelenteng, di halaman depan Kelenteng Boen San Bi juga terdapat sepasang patung Singa penjaga (Cioksay), yang betina bermain dengan anaknya dan yang jantan memegang bola.

kelenteng boen san bio tangerang

Di sekitar bagian depan Kelenteng Boen San Bio juga ada sebuah Hiolo (tempat meletakkan batang hio yang telah dibakar) yang terbuat dari bahan sejenis batu marmar. Lazimnya, kebanyakan kelenteng memiliki berbagai jenis hiolo dengan berbagai ornamen yang terbuat dari besi atau kuningan.

kelenteng boen san bio tangerang