Foto Bendung Kaligending 1

Dua anak kecil melangkah bersilang jalan di atas lantai Bendung Kaligending yang airnya dangkal di musim kemarau. Sungai Luk Ulo merupakan sungai induk yang menjadi muara sungai-sungai berukuran kecil hingga sedang, diantaranya Kali Cacaban, Kali Gebang, Kali Lokidang, Kali Loning, Kali Medana, Kali Paladadi, Kali Pucangan, dan Kali Welaran.

bendung kaligending karangsambung

Saluran air di sisi sebelah kiri Bendung Kaligending, dengan saluran irigasi di atasnya yang masih mengalirkan air. Meskipun bendungnya tampak berantakan dengan serakan beton yang lintang pukang, namun cat biru pada pagar terlihat masih cukup cemerlang.

bendung kaligending karangsambung

Data teknis Bendung Kaligending, serta data lainnya yang ditulis pada tembok prasasti di sisi sebelah kiri bendung. Pembangunan kembali bendung ini kabarnya akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Yogyakarta.

bendung kaligending karangsambung

Bendung Kaligending diresmikan pada 28 Maret 1992 oleh Ir. Hartarto, Menteri Perindustrian waktu itu, sehingga bendung ini hanya berumur sekitar 7 tahun dengan diratakannya mercu pada 1999.

bendung kaligending karangsambung

Pipa air bercat biru serta saluran irigasi yang masih terlihat mampu menyalurkan air meskipun mercu setinggi 2 meter yang membendung aliran Kali Luk Ulo telah tidak ada lagi.

bendung kaligending karangsambung

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.