Bekasi, Olahraga, Stadion

Stadion Wibawa Mukti Bekasi

Sudah lumayan sering kami melewati Jl Cikarang Baru Raya, salah satu ruas jalan utama di kawasan Jababeka Cikarang, yang melintas di samping kanan Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi. Penampilan luar stadion ini bisa dibilang megah dan berukuran besar yang sangat mudah menarik perhatian orang, bahkan dari jarak yang jauh.

Hanya saja di sebelah mana pintu masuk ke dalam stadion masih menjadi misteri, oleh sebab semua pintu pagar yang bisa dilihat dari jalan semuanya tampak tertutup dan tidak ada penjaganya. Di samping jalan itu juga terlihat ada Taman Sehati bertema Cinta yang ketika pertama kali melihatnya terlihat lumayan cantik, serta ada area parkir kendaraan.

Di ujung sisi Jalan Cikarang Baru di mana pengguna kendaraan harus berbalik arah dan kemudian belok kiri masuk di Jl. Science Boulevard arah ke Lippo Cikarang atau lurus kembali ke wilayah Jababeka, terlihat ada pula sejumlah warung sederhana. Ujung jalan di mana warung-warung itu berada merupakan jalan buntu. Tak ada akses masuk kendaraan dari sana.

Stadion Wibawa Mukti BekasiCitra satelit Stadion Wibawa Mukti

Pagi ini saya punya kesempatan untuk menuntaskan keingintahuan tentang di mana sebenarnya akses masuk kendaraan ke dalam Stadion Wibawa Mukti ini. Sudah sering sebenarnya saya melihat ada jalan simpang ke arah kiri sebelum stadion, namun ya baru kali ini menyempatkan untuk berbelok ke jalan itu dan lalu menyusurinya.

Jalan beraspalnya cukup mulus dan lumayan lebar yang di beberapa ruas dibuat satu arah. Di sebelah kiri terdapat deretan warung sederhana, diantaranya Warkop Empo, Sate Taichan, dan Dapoer Juara. Di belakang deret warung itu ada sungai dan di ujung deret warung itu ada sebuah embung. Di seberang warung, di dalam kompleks stadion, terdapat Gedung Graha Wisata dan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi.

Jalan yang saya susuri lumayan juga jaraknya, melewati GOR Bulutangkis dan Kolam Renang yang keduanya tak terlihat dari jalan, hingga kemudian di sisi kanan terlihat ada empat lapangan tennis bersisian yang kondisinya masih sangat bagus. Nah, beberapa meter dari sana, setelah area skate board, terlihat akses masuk ke dalam area stadion, yaitu Pintu Timur Stadion Wibawa Mukti.

Stadion Wibawa Mukti BekasiPintu Timur Stadion

Ada pos yang dijaga beberapa orang satpam di pintu gerbang masuknya, namun pengunjung tidak perlu berhenti dan tidak perlu minta ijin untuk masuk, meski ada tulisan 'Tamu Harus Lapor', oleh sebab saya memang bukan tamu, hanya pejalan biasa yang hendak mampir memuaskan keingintahuan.

Dari pos jaga saya berbelok ke arah kanan, dan ketika di sebelah kiri terlihat ada gerbang masuk ke dalam stadion, saya pun memarkir kendaraan di sisi kanan jalan aspal yang melingkari stadion. Setelah turun dari kendaraan dan melangkah menuju gerbang, di sebelah kanan terdapat ruang kantor bertulis "National Paralympic Committee of Indonesia Kabupaten Bekasi"

Masuk ke dalam stadion saya cukup kagum dengan desain tribun, trek lari berwarna merah marun, dan lapangan rumput di tengah yang terlihat hijau subur. Ketika itu seorang petugas tampak sedang memotong rumput dengan menggunakan mesin potong rumput dorong.

Stadion Wibawa Mukti BekasiStadion Wibawa Mukti BekasiStadion Wibawa Mukti BekasiSuasana Stadion Wibawa Mukti Bekasi

Belum terlalu ramai saat itu di dalam stadion. Beberapa orang atlet berseragam tengah mengobrol di sisi sebelah kiri saya, di sebelah kanan ada yang sedang malakukan pemanasan badan, di beberapa puluh langkah di depan saya ada dua orang atlet paralympic yang tengah berlatih lempar cakram.

Tak lama saya berada di sana oleh sebab memang tidak siap untuk berolah raga, maka setelah mengambil beberapa buah foto dan video pendek, saya pun melangkah kembali ke tempat di mana kendaraan diparkir dan lalu memutari stadion, melihat ada serombongan besar orang yang baru turun dari bus dan hendak masuk ke dalam stadion, sebelum akhirnya keluar melewat pintu yang sama ketika masuk tadi, satu-satunya pintu gerbang yang dibuka.

Riwayat

Stadion Wibawa Mukti mulai dibangun pada tahun 2012 oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan menelan biaya Rp530 miliar dan diresmikan pada tahun 2014, yang memungkinkan Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah Porda Jabar XII tahun 2014. Stadion dengan kapasitas 25.395 penonton ini juga digunakan pada Pekan Olahraga Nasional 2016.

Saat Pesta Olahraga Asia 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, Stadion Wibawa Mukti juga digunakan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan pertandingan cabang olah raga sepak bola setelah sebelumnya dilakukan renovasi terlebih dahulu.

Bersamaan dengan pembangunan Stadion Wibawa Mukti juga dibangun fasilitas Lapangan Tembak, Arena Panjat Tebing, GOR Bulutangkis Wibawa Mukti serta Arena Akuatik.

Stadion Wibawa Mukti

Alamat: Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Tiket masuk: Gratis, kecuali jika sedang ada pertandingan atau acara tertentu.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 22, 2022.