Banyumas, Hutan Wisata, Jawa Tengah

Curug Wanasuta Dermaji

Lokasi Curug Wanasuta Dermaji berada di dalam kawasan hutan pinus Perum Perhutani yang berada di wilayah Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, sekitar 33,5 km atau 55 menit perjalanan dengan mobil dari Alun-Alun Purwokerto arah ke Barat, atau 32 menit dari Pasar Ajibarang.

Meski letaknya bisa dibilang dekat dengan jalan kabupaten dari dan ke Kedunggede - Paningkaban - Ajibarang dan merupakan jalan alternatif yang dilalui banyak kendaraan, namun untuk mencapai lokasi Curug Wanasuta ini para pejalan harus melewati cukup banyak anak tangga menurun yang memerlukan kehati-hatian.

Guna menunjang kemajuan wisata di wilayah Banyumas bagian Barat, Wisata Alam Wanasuta Dermaji dimana curug berada diresmikan tanggal 7 April 2021 oleh Bupati Banyumas Achmad Husen dan Administratur / KKPH Banyumas Barat Toni Kuspuja, dengan fasilitas pendukung yang memadai.

Curug Wanasuta Dermaji Lumbir

Selain area parkir yang cukup luas, di dalam area Wanasuta disediakan pula mushola kecil, toilet, area baca Perpustakaan Jagat Aksara, play ground untuk anak-anak yang asri dengan tiket cukup murah, serta kolam anak.

Ada pula Pendopo Wanasuta, area untuk berkemah bagi yang senang menikmati suasana alam di malam hari, Kedai Tujuh Dua, Panggung Tujuh Dua, Jembatan Cinta dan Tree Bridge, serta spot untuk selfie lainnya.

Ketika hari libur, di Wisata Alam Wanasuta biasanya ada live music atau penampilan ebeg (kuda lumping), pertunjukan seni budaya lokal yang masih populer di Banyumas.

Pengunjung bisa menikmati mendoan dan makanan khas lokal lainnya di area Wana Wisata Dermaji. Di sepanjang jalan sekitar area wisata juga terdapat sejumlah warung makan dan kedai kopi yang bisa menjadi pilihan untuk makan dan bersantai sambil menikmati suasana, serta ada pula SPBU mini yang jaraknya cukup dekat dari area parkir arah ke Barat.

Curug Wanasuta Dermaji Lumbir

Alamat : Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Kontak : 082225048127. Harga tiket (2022): Rp7.500, play ground Rp10.000, parkir Rp2.000.


, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 21, 2022.