WhatsApp

WhatsApp Voice Message Bisa Preview Sebelum Dikirim

Fitur baru WhatsApp baru saju diluncurkan oleh Meta (nama baru Facebook sebagai sebuah perusahaan), yaitu mu (Anda) sekarang bisa mendengarkan terlebih dulu suara rekaman mu sebelum memutuskan untuk dikirim atau dihapus dan membuat ulang voice message-nya.

Fitur voice message bisa sangat membantu jika mu sedang dalam posisi yang repot jika harus menggerakkan kedua jempol untuk menulis pesan. Fitur yang diperbarui ini tersedia di semua platform yang ada.

Jika mengetik pesan selalu ada resiko salah ketik, yang bisa menyebabkan salah paham atau setidaknya mengganggu percakapan, maka di voice message pun bisa salah ucap, atau mengucap kata yang tak semestinya didengar oleh orang.

Tentu saja jika penerima belum membuka voice message-nya maka mu masih bisa menghapusnya. Namun lain cerita jika pesannya sudah terlanjur didengar yang bisa menimbulkan masalah, meski bisa saja mengucap maaf dan memberi penjelasan yang belum tentu memuaskan.

Nah, untuk membuat WhatsApp Voice Message yang di-preview atau dengan pratinjau, caranya cukup mudah, yaitu tekan icon mic (jangan dilepas) dan rekam pesan anda sambil geser icon mic ke atas lalu lepaskan. Teruskan berbicara, dan setelah selesai klik icon stop, dan putar pesan Anda.

Jika puas dengan isi pesan, maka mu tinggal klik icon send, dan jika tak puas maka mu tinggal klik icon trash untuk menghapus dan buat voice message yang baru.

Meski di aplikasi Facebook Messenger dan Instagram juga bisa mengunci mikrofon dan tidak perlu terus menekan layar saat merekam. Namun di kedua aplikasi itu pengguna tidak bisa mendengar pratinjau rekaman sebelum mengirimnya.

Semoga saja tidak lama lagi Meta juga akan memperbarui aplikasi perpesanan lainnya untuk mendukung pratinjau pesan suara seperti yang sudah dilakukannya di WhatsApp.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 15, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".