Berkuda, Jakarta, Jakarta Timur

Taman Berkuda Internasional Jakarta

Taman Berkuda Internasional Jakarta berada di sebagian area yang dahulu dikenal sebagai arena Pacuan Kuda Pulomas yang dibangun Presiden Soeharto pada tahun 1970. Redupnya pamor Pacuan Kuda Pulomas tak terlepas dari larangan menjadikan pacuan kuda sebagai tempat perjudian.

Setelah merana cukup lama, untuk mendukung gelaran akbar Asian Games 2018, area yang kemudian diberi nama Taman Berkuda Internasional Jakarta atau Jakarta International Equestrian Park (JIEP) itu mulai dibangun kembali oleh Pemda DKI Jakarta sejak bulan Agustus 2016.

Luas areanya mencapai 35 hektare yang dilengkapi fasilitas pendukung yang desainnya disetujui oleh Federasi Berkuda Internasional, menjadikannya sebagai salah satu fasilitas olahraga berkuda terbesar di Asia Tenggara.

Lebih dari 100 rumah terpaksa harus digusur untuk melakukan renovasi fasilitas yang telah mendapatkan sertifikasi internasional dari World Organization for Animal Health (OIE) yang berkedudukan di Paris dan juga dari Uni Eropa ini.

Setelah diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2018, Taman Berkuda Internasional Jakarta kemudian digunakan sebagai venue pertandingan berkuda dalam Asian Games 2018, The International Horse Show 2019, Equinara Pulomas Open 2020, dan Final FEI Jumping World Challenge (JWC) 2021 yang berlangsung pada 22-28 November 2021.

Di kawasan Jakarta International Equestrian Park yang ramah bagi penyandang disabilitas ini ada Field of Play yang merupakan arena utama, Training Arena, Warm Up Arena, Collecting Arena, dan Covered Training Arena.

Ada pula paviliun utama empat lantai berkapasitas 1.500 tempat duduk, kandang dua lantai dengan kapasitas 156 kuda, penginapan atlet, rumah sakit hewan, dan tempat latihan.

Di luar venue berkuda, masyarakat bisa melakukan aktivitas jogging, bersepeda, atau kegiatan lainnya tanpa dipungut biaya.

Untuk menuju ke Taman Berkuda Internasional Jakarta, selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa naik Bus TransJakarta JAK-59 (Rawamangun - Rawa Sengon) yang haltenya persis berada di pintu masuk ke dalam area ini.

Taman Berkuda Internasional Jakarta

Jl. Pulo Mas Jaya, Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13210. Jam buka: 06.00 - 18.00. Telp +6221-22480743. Lokasi GPS: Google Maps, Waze

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: November 24, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.