Musik

Best Background Music Tanpa Copyright dan Royalty Free

Meski ada Audio Library di YouTube yang menyediakan background music tanpa copyright dan rayalty free, namun sering sangat melelahkan untuk mencari satu saja yang bagus sebagai background music di proyek yang kita buat.

Meski telah mengunduhnya, dan mengumpulkannya dalam satu subdirectory khusus, namun itu tak menjamin bahwa kita tak kehilangan file-nya oleh satu sebab yang tak terduga. Oleh karena itu saya membuat video dan menerbitkannya di YouTube, agar sewaktu-waktu diperlukan tidak akan ada kesulitan untuk menemukannya.

Masalah lain yang juga tak jarang muncul adalah musik yang dibuat terlalu pendek untuk project yang kita buat, dan mau tak mau harus melakukan editing pada musik yang terkadang juga merepotkan. Oleh karena itu dalam video yang saya buat, beberapa musiknya telah dibuat jauh lebih panjang dari aslinya. Akan lebih mudah untuk memotong musik ketimbang menyambungnya.

Di dalam video itu tidak disediakan taut untuk mengunduh, oleh sebab kebanyakan orang sudah tahu bagaimana mengunduh suara dari video di YouTube dan menyimpannya dalam bentuk file mp3 misalnya. Jika belum, silahkan Google "convert and download YouTube video to mp3", dan pilih salah satu laman yang semuanya gratis.

Di bawah ini adalah contoh salah satu video yang saya buat itu. Video Best Background Music lainnya yang juga tanpa copyright dan royalty free bisa ditemukan di playlist.


Satu lagi, semua video yang digunakan adalah juga royalty free, tanpa copyright, sehingga Anda bebas bisa menggunakannya dan menerbitkannya di YouTube, termasuk pada video yang Anda monetasi dengan iklan AdSense. Tak perlu pula memberi atribusi kepada YouTube atau pembuatnya.

Jika merasakan manfaatnya, jangan segan untuk menekan tombol Subscribe untuk mendapat info ketika ditayangkan video best background music berikutnya, karena boleh jadi itu merupakan jenis musik dan irama yang selama ini Anda cari. Permisi ....

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Oktober 26, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.