Age of Magic

10 Tips Strategi dan Taktik di Age of Magic

Meski belum sampai setahun bermain Age of Magic, saya ingin berbagi tips strategi dan taktik dalam pertempuran dan dalam mengembangkan hero agar memiliki peluang lebih besar untuk menang dan maju lebih cepat. Pengalaman dalam pertempuran, serta kesalahan yang dilakukan adalah pelajaran sangat berharga dalam permainan ini.

Selain strategi dan taktik, power masing-masing hero dan total power pun memegang peran penting, juga susunan hero yang digunakan dalam menghadapi lawan. Setiap hero memiliki kekuatan dan kelemahan.

Kelemahan hero umumnya justru berasal dari kekuatannya sendiri, demikian pula sebaliknya. Kapan menjadi kelemahan dan kapan menjadi kekuatan, sering bergantung pada lawan apa yang dihadapi.

Baiklah, tanpa berpanjang tulis, berikut adalah tips strategi dan taktik untuk menang dan maju lebih cepat di game Age of Magic.

Tips Strategi dan Taktik Age of Magic

1. Gabung Klan

Segera gabung ke sebuah klan ketika mulai bermain Age of Magic, agar bisa ikut Raids dan Clan War guna mendapatkan token untuk membeli shard yang tidak bisa didapatkan dari tempat lain.

Jangan membuat klan sendiri, kecuali power anda sudah di atas 1 juta, dan punya cukup teman yang mau bergabung di awal.

Cari klan dengan anggota lebih besar dari 24 (jumlah minimal untuk menyelesaikan raids), 29 lebih baik. Gunakan 'Search Clan', dan pilih klan yang portal stone anggotanya kebanyakan di angka 4800. Tinggalkan klan yang berlambat-lambat menyelesaikan Raids.

Dari waktu ke waktu jangan ragu untuk pindah ke klan yang lebih kuat agar bisa mendapatkan token lebih banyak dan equipment lebih baik. Sebagai pegangan, kalikan total power Anda dengan angka 30, dan cari klan yang total powernya 20%-30% lebih tinggi dari itu. Jika bisa lebih tinggi lagi tentu lebih baik.

Perkembangan hero Anda akan lambat jika berada di satu klan dalam waktu yang terlalu lama. Jangan pindah klan sebelum Raids selesai agar rewards-nya tidak hilang.

Selalu klik/buka info Clan Quest untuk melihat apa yang sedang menjadi Clan Quest saat ini dan untuk melihat Next Clan Quest. Kedua info itu penting agar Anda bisa mendapat Clan Token maksimal, dengan cara menduduki peringkat tertinggi dalam perolehan nilai.

Info Next Clan Quest (CQ) penting agar Anda bisa menunggu untuk melakukan Challenge, atau Arena atau Tomb of Horrors (ToH), hingga CQ-nya dimulai. Contoh, jika next CQ adalah ToH maka jangan kerjakan ToH hingga CQ yang sekarang berakhir yang bisanya awal malam, sehingga Anda bisa mendapat point 24, bukan hanya 12, jika Anda bisa menuntaskan seluruh node di ToH.


2. Send Request untuk Friend

Send request ke dua pemain terkuat di klan, yang heronya berguna untuk membantu dalam campaign. Sumber friend lainnya adalah para pemain di Top Clan.

Jangan ragu karena Anda tak mengeluarkan sepeser uang pun, dan resikonya hanyalah ditolak. Jika ditolak, coba terus sampai ada yang berbaik hati menerima permintaan pertemanan.

Global chat juga bisa jadi sumber friend request. Kalau tak bisa bahasa Inggris, gunakan bahasa Indonesia, oleh sebab ada cukup banyak orang Indonesia yang bermain Age of Magic.

Jangan atau batasi berteman dengan pemain dengan total power yang sama atau lebih rendah, kecuali untuk membantu pemain itu ketika power Anda sudah di atas 1 juta.


3. Challenges

Fokus menaikkan level hero yang dibutuhkan untuk menaklukkan Sorcerers Duel untuk silver, Sharpshooter's Test untuk skill cube, Live by the Sword untuk healing kit, dan Battle of the Strongest untuk arcane star.

Fokus di salah satu challenge sebelum beralih fokus ke challenge berikutnya. Keempat challenge itu dibutuhkan dalam waktu yang sangat lama. Sisanya menjadi kurang berharga mulai pada level menengah.


4. Events

Fractured World untuk Balthazar shard: beli chaos energy paling tidak 2x50 koin emas. Balthazar level max diperlukan untuk mendapatkan Artus shard di event Master and Apprentice.

The Kobold Business untuk Rok: di tahap awal pilih 5 kobold yang paling mudah dinaikkan levelnya, yaitu selain Torak dan Wyrm Priest (WP). Kembangkan WP setelah total power di atas 300K.

Forest Shadows untuk Tileana shard: naikkan level Cernuol dan Maeglin sejak dini, panen Idril di campaign, beli Gloriana di Clan War. Tileana level max diperlukan pada event Cobra Strike untuk mendapatkan Naja shard, hero terkuat di Age of Magic selain Artus.

Fox Hunt untuk Tsuna shard: naikkan level hero dari faksi Arekhon Undead yang paling mudah hingga ke level max. Tsuna dipakai dalam event Cobra Strike.

Cobra Strike untuk Naja shard: ini umumnya menjadi event terakhir yang bisa diselesaikan. Rajin-rajinlah memanen Roinar sejak dini, serta unlock Siegfried di event Winter's Break.

Warrior of Light untuk Argen shard: ini cukup sulit, namun tetap harus secara konsisten naikkan power 5 hero dari faksi Ra'Archne melalui Valley of Treasures, Clan shop dan Raids shop.

Abbys Crystal untuk Daimyo shard: panen dengan rajin Orihime di Dark Campaign, dan Mizuhiko di Valley of Treasure. Beli Taneda di Valley of Treasure shop, Hotei di Tomb of Horrors dan Clan War, dan Kage di event Way of the Ninja.

Master and Apprentice untuk Artus shard: Ini akan menjadi salah satu event paling akhir yang bisa diselesaikan, karena membutuhkan level max dari Balthazar, Kage, Rok, Succubus, dan Abaddon.

Winter's Break untuk Siegfried shard: ini tidak terlalu sulit, karena hero faksi Barbarian adalah hero yang hendaknya paling awal untuk ditingkatkan power dan levelnya. Setelah di unlock, Siegfried shard bisa dibeli di Clan shop. Sebelum ada Arcane Star, Siegfried bisa disebut sebagai tank terkuat di game Age of Magic.

Two Princesses untuk Sandariel shard: perkuat hero hingga bisa menaklukkan titik terakhir, dan beli energi setidaknya 2x50 koin emas untuk mempercepat perolehan shard.

Will-o'-the-wisp untuk Succubus shard: perkuat 5 demon untuk unlock Succubus, dan selanjutnya shard-nya bisa dibeli dengan token di Tomb of Horrors shop dan Arena shop.

Eternity Whisperer untuk Sacrif shards: setelah di-unlock, shard-nya bisa dibeli dengan token di Valley of Treasures shop. Sacrif merupakan healer terkuat setelah Azariel.


5. Market

Chest: beli hanya jika memang diperlukan dengan mendesak.

Power Boost: beli hanya jika diskon-nya 50% ke atas, dan memang sangat perlu.

Arcane Chests: usahakan beli 1 chest yang 700ribuan harganya, jika tidak maka yang 300-an ribu. Ini akan sangat membantu dalam menaklukkan Tomb of Horrors dan pertempuran di Arena serta Raids.

Resources: tak perlu beli apa pun di sini.

Currency: beli Chest of Gold yang paling kanan, karena paling murah, dan hemat-hematlah memakainya.

Magic Pass: selalu beli Magic Pass karena sangat membantu dalam meningkatkan power hero. Ketika Magic Pass aktif, gunakan sisa jatah attack di Tournament untuk menambah poin Magic Pass. Caranya, begitu masuk ke battle segera pencet tombol untuk menyerah. Habiskan seluruh jatah menyerang dengan cara itu.

Market: jangan pernah beli dengan koin emas, kecuali ada part pieces sangat murah yang harganya di bawah 10. Scroll ke bawah, dan beli part pieces hanya jika harganya di bawah 50rb perak, dan IX part pieces yang memang sangat perlu saja.

Tokens: selalu selesaikan Quests harian untuk mendapatkan 1 token. Tukar per 10 token untuk hero yang dipakai di Arena / ToH / Tournament, atau tunggu hingga mencapai 50.

Arena: fokus beli shard berdasarkan prioritas, jangan acak. Tuntaskan 1-2 hero, baru beli hero berikutnya. Jangan beli part pieces hingga seluruh shard terbeli. Boleh beli beberapa part yang tak bisa dipanen.

Tomb of Horrors: prioritaskan 1-2 shard yang hendak dibeli. Jangan beli part pieces dulu kecuali untuk hero utama dan tak bisa di panen di campaign.

Valley of Treasures: sama seperti di atas.

Clan dan Raids: prinsipnya sama dengan yang di atas. Jika mau lebih cepat, bisa membeli token di menu Calendar. Penting untuk bisa masuk ke klan yang 100% melakukan Raid V, dan kemudian Raid VI.

Clan War: utamakan membeli Gloriana karena tak bisa di panen di campaign, baru kemudian Idril, Hotehi dst.


6. Tomb of Horrors

Selalu gunakan dua healer terkuat dalam setiap pertempuran, seperti Azariel dan Lucky/Kharanah agar tidak ada hero yang mati. Jika memungkinkan, gunakan Denaya sebagai leader, dan Swam Killer / Seven Knives / Bellara, serta Magnus atau Dreverad sebagai tank.

Taktik untuk menghadapi Azariel: serang hero terlemah hingga mencapai critical hit dan lalu segera pindah menyerang hero ke-2 hingga tewas, pindah serang hero-3 hingga tewas, kembali serang hero-1. Azariel diserang paling akhir.

Taktik menghadapi Gloriana: gunakan Abaddon atau Dreverad untuk melukai Gloriana agar tidak bisa menghidupkan hero dari faksi Wild Elves yang mati.

Jangan gunakan range damager untuk melawan Denaya.

Untuk menaklukkan Druids, bisa menggunakan Denaya, Swamp Killer / Seven Knives, Abaddon, Azriel, dan Lucky/Kharanah, atau boss yang lebih kuat untuk melumpuhkan Cathbad dan Dreverad.


7. Arena

Jangan takut untuk menyerang hero dengan power lebih tinggi, karena dengan taktik yang benar bisa punya peluang untuk menang.

Hero yang kita miliki sering tidak ideal, namun demikian Anda harus terus berusaha memperkuatnya untuk bisa menembus 100 besar, dan kemudian 50 besar.

Sebagian tips bagaimana melawan musuh sudah disebutkan di atas. Untuk melawan Denaya, Magnus, Azariel, gunakan auto dan tekan Denaya untuk fokus serangan. Serang Azariel di lawan kedua terakhir, sebelum Bellara.


8. Light Campaign dan Dark Campaign

Selain terus memperkuat hero yang dibutuhkan untuk menaklukkan setiap chapter, kuncinya adalah berteman dengan pemain yang memiliki hero terkuat (Naja, Artus, dll) untuk membantu dalam pertempuran. Jangan ragu send request pertemanan ke pemain dengan total power di atas 1 juta.


9. Tournament

Satu tips sudah disebutkan di atas. Pilih lawan dari baris paling bawah pada list, dan pilih lagi yang punya peluang besar untuk menang. Jika ragu, serang lawan itu belakangan, setelah tak ada pilihan lain lagi untuk diserang.


10. Clan War

Baca chat, apakah di game atau discord atau kanal komunikasi yang dipakai oleh klan, untuk mengetahui apakah ada perjanjian dengan klan sebelah, dot mana yang boleh diserang dan dot mana yang tidak. Selalu baca chat, karenanya penting untuk bergabung dengan klan yang bahasanya kita mengerti, meski saya pernah bergabung dengan klan Rusia dan China tanpa tahu bahasa mereka.

Penyimpangan dari perjanjian sering terjadi, jadi usahakan tetap berkepala dingin. Ingat, ini hanyalah game untuk bersenang-senang. Jangan dibawa terlalu serius.

Usahakan segera menyerang begitu CW dimulai. Letakkan susunan hero terkuat kedua atau ketiga di manarin pertama (paling bawah), hero terkuat atau kedua terkuat di manarin kedua, dan susunan hero terkuat di manarin ketiga. Usahakan untuk saling membantu, dan jeli melihat dot mana yang hendaknya diprioritaskan untuk diserang atau dipertahankan.

Demikian sejumlah tips strategi dan taktik untuk game Age of Magic. Silahkan tulis di komentar untuk berbagi tips dan pengalaman bermain. Permisi ....

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Oktober 18, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.