SSD

Wester Digital merilis WD My Passport SSD 4TB

Western Digital baru saja merilis WD My Passport SSD 4TB, menjadikannya yang terdepan diantara para persaingnya. Meski Solid State Drive (SSD) sama-sama menyimpan data sebagaimana Hard Disk Drive (HDD) namun konstruksinya menyerupai USB Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori dan tidak memiliki komponen bergerak.

Karena tidak ada komponen bergerak itulah maka kinerja SSD jauh lebih cepat dalam membaca dan menyimpan data dibandingkan dengan HDD, juga tentunya lebih senyap. Hanya saja harga SSD jauh lebih tinggi dibandingkan HDD, meski ke depan perbedaan harganya diharapkan semakin mengecil.

Selain WD My Passport SSD 4TB, juga dirilis dengan kapasitas sama adalah SanDisk Extreme, SanDisk Extreme Pro, dan WD Black P50 Game Drive, yang semuanya menawarkan fitur sama dengan drive berkapasitas lebih rendah di lini masing-masing.

Wester Digital merilis WD My Passport SSD 4TBFoto: PCMag

Semua SSD eksternal itu menggunakan bus PCI Express dan mendukung teknologi NVMe (Non – Volatile Memory Express), termasuk garansi 5 tahun (seluruh dunia). Kecuali WD Black P50, semuanya memiliki fitur enkripsi berbasis perangkat keras AES 256-bit.

AES (Advanced Encryption Standard, juga dikenal sebagai Rijndael nama aslinya, merupakan spesifikasi enkripsi elektronik yang dibuat oleh the U.S. National Institute of Standards and Technology (NIST) sejak tahun 2001.

Western Digital Corporation adalah sebuah perusahaan publik asal Amerika Serikat yang bergerak di industri teknologi informasi yang didirikan pada tanggal 23 April 1970. Saat ini, markas pusatnya berada Irvine, California. Seperti diketahui, pada Mei 2016 WD telah mencaplok SanDisk dengan menggelontorkan dana senilai US$19 miliar.

WD My Passport SSD

WD My Passport SSD memakai Teknologi NVMe™ yang super cepat dengan kecepatan baca hingga 1050MB/detik dan kecepatan tulis hingga 1000MB/detik.

Enkripsinya menggunakan perangkat keras AES 256-bit yang diaktifkan kata sandi, tahan goncangan dan getaran serta tahan jatuh hingga ketinggian 2m. Pencadangan mudah dilakukan dengan desain ramping dan kompak, serta kompatibel dengan USB 3.2 Gen-2 dan USB-C (USB-A untuk sistem lama).

WD My Passport SSD kompatibel dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 8.1,s serta MacOS High Sierra, Catalina, dan Mojave. Bingkainya memakai aluminium anodized bertekstur. Versi 4TB akan tersedia dalam warna abu-abu, emas, merah, perak, dan biru, serta mungkin sudah kompatibel dengan MacOs Big Sur.

WD Black P50 Game Drive

WD Hitam P50 Game Drive memiliki selubung mencolok dengan kecepatan hingga 2.000MBps untuk membaca dan menulis jika digunakan dengan PC yang mendukung USB 3.2 Gen 2x2.

Namun Anda mungkin harus menambahkan motherboard yang kompatibel atau kartu ekspansi untuk memanfaatkan kecepatan tertingginya itu. Dengan kapasitas 4TB, para gamer bisa menyimpan lebih game favorit dalam satu drive.

SSD Portabel Ekstrim SanDisk V2.0

Sandisk Extreme Portabel SSD V2 dan Sandisk Extreme Pro Portabel SSD V2 dibuat bagi para konten kreator seperti fotografer dan videografer, dengan casing karet yang menutupi frame aluminium dan melindunginya dari jatuh dari ketinggian hingga 2m.

SanDisk Extreme memberi kecepatan baca 1.050MBps dan kecepatan tulis hingga 1.000MBps, sedangkan SanDisk Extreme Pro kecepatan baca dan tulisnya hingga 2.000MBps jika dipakai dengan port yang mendukung USB 3.2 Gen 2x2.

PC Magazine menyebut WD My Passport SSD 4TB serta ketiga varian produk lainnya itu diharapkan akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2021 dengan perkiraan harga jual $679,99 (sekitar Rp9,5 juta!) untuk 4TB WD My Passport SSD, $699,99 untuk 4TB SanDisk Extreme, $749,99 untuk 4TB SanDisk Extreme Pro, dan $ 749,99 untuk WD Black P50.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Januari 12, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.