Alip Ba Ta, Blog Post

Dealova, Kolab Alip Ba Ta, Jess, Ellis, dan Swaylex

Pada 16 Desember 2020 lalu, akun YouTube Jess Mancuso mengunggah video lagu Dealova (Once), yang merupakan kolaborasi Alip Ba Ta (fingerstyle guitar), Jess Mancuso (biola, piano, vokal), Ellis Lamar (bass guitar) dan Swaylex (drum).

Lagu Dealova dengan vokal Once (Elfonda Mekel) dirilis pada tahun 2005, dan mendapatkan AMI Awards untuk kategori lagu pop. Sebelum melihat Alip Ba Ta memainkan lagu ini, lagu dengan judul Dealova rasanya belum pernah menarik perhatian saya, meskipun hampir pasti pernah mendengarnya.

Setelah dibawakan oleh Alip Ba Ta dengan versi fingerstyle guitar pun, lagu ini tak pula menjadi salah satu favorit saya diantara cover fingerstyle lagu-lagu lokal dan asing yang telah pernah dibawakan olehnya. Namun ketika melihat video kolaborasinya, barulah ada ketertarikan saya untuk mendengarkannya dengan lebih serius.

Dealova, Kolaborasi Alip Ba Ta dengan Jess Mancuso, Ellis Lamar, dan Swaylex

Pertama memang patut diapresiasi, karena ketiga YouTuber dan musisi asal Amerika itu begitu menghargai talenta Alip Ba Ta dengan membuat reaction di hampir, jika tidak semua, video Alip Ba Ta yang pernah terbit, termasuk yang sudah tidak ada di channel Alip Ba Ta oleh karena ada masalah dengan hak cipta.

Kedua adalah karena Jess Mancuso bisa hafal syairnya dan membawakan vokal lagu ini dengan begitu baik, yang tentunya butuh usaha khusus untuk melakukan latihan serius hingga mencapai tingkat yang layak tampil seperti itu, dan bisa menghayati pula lagunya. Jess sendiri adalah musisi wanita serba bisa, yang selain bermain piano, juga biola, bass, dan entah alat musik apa lagi.

Jess adalah orang yang berinisiatif untuk membuat kolaborasi ini dengan menghubungi Ellis dan Swaylex, dan lalu menggabungkan rekaman video dari keduanya dengan video dirinya dan video Alip.

Ellis Lamar juga rajin membuat reaction video lagu-lagu yang dibawakan oleh Alip Ba Ta, dan dengan pengetahuannya yang mendalam pada teknik bermain gitar, komentar-komentarnya menjadi berbobot, selain orang suka ketika ia tertawa senang saat melihat ada bagian yang menarik dalam teknik bermain gitar Alip Ba Ta.

Swaylex juga termasuk penggemar berat Alip Ba Ta, dan ia sendiri cukup sering mengunggah video kolaborasinya dengan Alip Ba Ta, dengan bermain bass dan drum. Menonton mereka berempat bermain membuat saya berpikir bahwa seolah Alip sudah memiliki grup band virtual solid yang siap berkolaborasi dengannya untuk menampilkan musik yang enak untuk dinikmati.

Kita beruntung punya seorang Alip Ba Ta yang dengan talenta begitu memukau serta kesederhanaannya, kepopulerannya mampu menembus batas negara. Ini tentu tak lepas dari keberadaan platform YouTube sendiri serta fanatiknya para Alipers yang memberi dukungan begitu kuat kepada setiap video reactor yang mereaksi video Alip Ba Ta, dengan memberi jempol dan subscribe channel mereka.

Klik di sini untuk melihat video kolab mereka.


, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Desember 18, 2020.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.

« Baru©2021 Ikuti SayaLama »