Cara Membuat Transkrip Video dengan Youtube

August 05, 2020. Label:
Pikiran untuk mendapatkan cara membuat transkrip video atau pun transkrip audio muncul setelah melihat sebuah tayangan video di Youtube yang narasinya menggunakan bahasa Inggris. Saat itu melintas di pikiran, jika saja video itu dibuat transkrip narasinya, tentu akan bermanfaat bagi lebih banyak orang yang bahasa Inggrisnya pas-pasan.

Penguasaan bahasa Inggris, dan bahasa-bahasa asing lain, merupakan salah satu hal yang masih harus diperbaiki oleh bangsa ini, baik kelemahan baca tulis maupun percakapan, yang bisa menjadi sebab lemah mental alias minder bagi sebagian orang.

Meskipun ada sejumlah aplikasi, baik gratis, gratis terbatas, maupun yang berbayar penuh, dan saya sempat mencari dan mencoba salah satunya, namun itu tak akan saya bahas di tulisan ini. Yang saya hendak bahas di adalah cara membuat transkrip video dengan menggunakan Youtube.

Youtube menggunakan speech recognition technology maju yang mampu membuat transkrip otomatis (automatic captions) beberapa menit setelah video diunggah ke kanal kreatornya. Jika membuka video Youtube yang narasinya dalam bahasa Inggris, maka akan ada karakter CC di bagian bawah video, dan jika diklik akan tampak garis merah di bawah hurufnya dan muncul caption pada video.

Lalu jika diklik icon tiga titik di sebalah kanan "SAVE" maka akan muncul menu, yang salah satu pilihannya adalah "Open Transcript". Jika diklik, akan muncul transkrip narasi, lengkap dengan timing yang bisa disembunyikan.

Fitur ini sebelumnya hanya ada untuk narasi dalam bahasa Inggris, Jepang, Korea, dan Spanyol. Belakangan, YouTube menambahkan enam bahasa lagi, yaitu Jerman, Italia, Prancis, Portugis, Rusia, dan Belanda. Untuk bahasa Indonesia belum jelas kapan akan tersedia.

Bagi video yang narasinya dibuat bukan dalam bahasa yang telah disebut di atas, Youtube menyediakan fasilitas untuk membuat transkripsi manual secara langsung, yang mudah untuk dilakukan dan mudah pula untuk diedit dan diperbaiki.

Transkrip Video dengan Automatic Captions

Jika memiliki video yang narasinya bahasa Inggris dan hendak membuat transkripnya, maka sebelum mengunggah ke Youtube sebaiknya Anda kecilkan dahulu ukuran file-nya, dengan menggunakan Handbrake, misalnya.

Apabila videonya dalam format mov, ubah dahulu ke format mp4, misalnya dengan menggunakan Aimersoft Video Converter Ultimate, untuk memperkecil ukuran file. Setelah itu perkecil lagi dengan Handbrake. Ini akan mempersingkat waktu unggah video ke Youtube.

Untuk membuat transkrip video dengan automatic captioning, ikuti langkah berikut ini. Saya menggunakan video ketika Nara Masista Rakhamatia berbicara di UN soal Papua sebagai contoh video (yang saya setel Private, dan kemudian saya hapus setelah selesai jadi dummy.)

  1. Login ke Youtube
  2. Klik Upload video, seret drop video yang hendak diunggah.
  3. Saat video sedang diunggah, scroll ke bawah Klik “MORE OPTIONS”
  4. Pada Video Language di bawah menu "Language, subtitles, and closed captions (CC)", klik dan pilih "English", lalu tekan Next dst, dan tunggu sampai proses unggahan selesai.

    Cara Membuat Transkrip Video


Setelah proses unggah selesai, Anda punya dua pilihan. Pertama, menunggu mesin YouTube bekerja untuk secara otomatis membuat teks transkrip dalam bahasa Inggris untuk video Anda, yang jika telah selesai dikerjakan maka transkrip akan secara otomatis dimuat di video.

Video berdurasi sekitar 5-6 menit, dari video dummy yang saya unggah itu, membutuhkan waktu sekitar 25 menit sampai automatic captioning muncul di video.

Cara Membuat Transkrip Video

Untuk melihat statusnya,
  1. Masuk ke YouTube Studio.
  2. Dari menu sebelah kiri, klik "Subtitles".
  3. Klik video yang baru saja Anda unggah.
  4. Jika automatic captions belum selesai dikerjakan, maka di bawah menu "Subtitles" akan ada hyperlink "ADD", yang jika Anda klik akan membawa ke tiga pilihan, mengunggah subtitle atau dua yang lainnya adalah untuk membuat subtitle sendiri secara manual.


Membuat subtitle secara manual ini yang bisa dilakukan jika narasi video yang diunggah tidak dalam bahasa yang telah didukung oleh Youtube. Ini pilihan kedua, jika tak sabar menunggu autamtic captioning.

Cara Membuat Transkrip Video

Setelah mesin Youtube selesai bekerja, huruf "ADD" akan berubah menjadi "Published, Automatic", dan jika Anda hover di atasnya akan muncul tiga titik vertikal, dan jika dihover akan muncul menu "Options" yang jika diklik akan muncul pilihan "Edit on Classic Studio", "Download", dan "Delete".

Anda bisa click "Download" untuk unduh transkrip video, atau klik "Edit on Classic Studio" untuk memastikan bahwa tidak ada kata yang salah atau kurang lengkap pada transkripnya.

Setelah klik "Edit on Classic Studio", klik "Edit" pada menu di atas video (di samping "Unpublish".

Jalankan video sambil melihat teks transkrip. Jika ada yang salah atau kurang, langsung klik di bagian yang hendak diedit dan mengetikkan kata yang hendak ditambahkan. Video akan otomatis berhenti saat Anda mengetik koreksi.

Setelah selesai mengedit, sorot akan klik "Save changes" dan Anda bisa unduh dari menu Subtitles di Youtube Studio yang telah disebut di atas. File akan disimpan dalam format sbv yang bisa dibuka dengan menggunakan software TextEdit di Mac atau software text edit bawaan di PC.

: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑