Aplikasi Antivirus Android Gratis Terbaik

August 08, 2020. Antivirus, Blog, Tips. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp
aroengBinang.com - Jika saat ini belum juga memasang salah satu aplikasi antivirus Android gratis terbaik di ponsel atau tablet Anda, maka akan selalu ada risiko terkena infeksi virus dari aplikasi yang Anda instal atau terkena malware ketika berkelana ke berbagai situsweb.

Meskipuan setiap aplikasi di Play Store telah diverifikasi dengan Play Protect oleh Google, namun tidak ada jaminan 100% bahwa ponsel Anda akan aman dari serangan adware atau malware ketika menginstal sebuah aplikasi. Apalagi jika menginstal dari pihak ketiga tanpa melalui Play Store.

Dari waktu ke waktu Google selalu mengambil tindakan untuk menghapus aplikasi buruk semacam itu dari Play Store, namun setiap waktu akan ada saja aplikasi baru yang bermasalah. Karenanya, lebih baik jangan instal aplikasi yang belum lama dibuat, dan baca lebih dulu komentar dari mereka yang telah memasangnya, terutama yang memberi rating buruk, 1 atau 2 bintang.

Di setiap ponsel Android sendiri sudah ada aplikasi keamanan bawaan, yang Anda bisa lihat dengan membuka Setelan (Setting) > Status Keamanan. Anda akan melihat menu "Cari Perangkat", "Pembaruan Keamanan", "Google Play Protect", dan "Update sistem Google Play". Anda bisa klik menu ke-2, ke-3 dan ke-4 untuk memastikan telah memperbarui sistem keamanan dan bahwa tidak ditemukan adanya masalah serius.

Untuk menambah lapisan pengamanan ponsel, Anda bisa mempertimbangkan salah aplikasi antivirus Android gratis terbaik yang saat ini tersedia di Play Store. Aplikasi semacam itu umumnya tidak hanya menawarkan deteksi dan pencegahan virus dan malware, namun juga ada berbagai fitur privasi dan anti-pencurian, meskipun fiturnya ada yang tersedia dengan meng-upgrade ke versi premium.

Berikut adalah aplikasi antivirus Android gratis terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan di ponsel.

Avast Antivirus

Salah satu aplikasi Android gratis terbaik saat ini yang mendapat skor 4,7 oleh lebih dari 6,2 juta orang, dengan 100 juta lebih penginstalan (ada yang menyebut lebih dari 400 juta).

Aplikasi Antivirus Android Gratis Terbaik

Fitur yang tersedia adalah Antivirus, gembok Aplikasi, Anti-Pencurian, Photo Vault, VPN (jaringan pribadi virtual, namun jangan berharap banyak untuk versi gratisnya), Hemat Daya, Izin Privasi, Peningkatan RAM, Pembersih Sampah, Tameng Web, Keamanan Wi-Fi, Wawasan Aplikasi, Pembersih Virus, dan Tes Kecepatan Wi-Fi.

Untuk versi premiumnya ada tambahan fitur Camera Trap yang akan mengambil foto dan audio pencuri jika ponsel diambil orang, Lokasi Terakhir terakhir ponsel sebelum baterainya mati, Keamanan Sim yang secara otomatis mendaftarkan ponsel sebagai hilang setelah SIM diganti, Kunci Aplikasi untuk menjaga konten sensitif agar tetap aman dengan menggunakan kode PIN, pola, kata sandi atau sidik jari. Versi premium juga menghapus iklan, serta dukungan langsung dari Avast.
Unduh di Play Store.

Kaspersky Mobile Antivirus

Boleh jadi ini aplikasi antivirus Andorid gratis terbaik karena mendapat skor 4,8 dari 3,3 juta lebih pengguna, dengan perlindungan malware yang hampir sempurna, pengaruh ke sistem kecil, dan pemblokir panggilan yang berfungsi dengan baik.

Aplikasi Antivirus Android Gratis Terbaik

Tidak ada pula iklan dalam versi gratis, ada dukungan Android Wear, dan fungsi anti-pencurian yang kuat, namun Anda harus memindai setiap aplikasi baru secara manual.



Versi premium bisa melakukan pemindaian otomatis setiap menginstal aplikasi baru, dan ada kunci aplikasi serta pemblokiran situs web phishing. Kelemahannya adalah tidak adanya pemindaian jaringan Wi-Fi dan tidak ada alat privasi yang ada di aplikasi antivirus Android lainnya.
Unduh di Play Store

AVG AntiVirus 2020 untuk Keamanan Android Gratis

Aplikasi yang mendapatkan skor 4,7 dari 6,9 juta lebih pengguna ini memberi perlindungan keamanan efektif terhadap malware dan virus secara gratis. Fitur yang tersedia selain memindai aplikasi, game, dan situs web, juga menghapus konten berbahaya. Ada pula fitur Kunci aplikasi, Vault Foto, pemblokir panggilan, perlindungan VPN, dan pengaturan izin aplikasi.

Versi Premium bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari, yang memungkinkan Anda mengambil foto selfie orang yang 3 kali gagal membuka kunci ponsel, dan mengirimkannya kepada Anda melalui email. Anda juga bisa mengunci ponsel lama setiap kali kartu SIM diganti.
Unduh di Play Store.

Lookout - Mobile Security, Antivirus & Cleaner

Merupakan salah satu aplikasi antivirus Android gratis pertama yang untuk waktu lama ada diantara yang terbaik, dengan skor 4,6 dari 1 juta lebih pengguna.





Fitur pada versi gratisnya melakukan pemindaian aplikasi terhadap virus, malware, adware, phishing, dan spyware; System Advisor yang memeriksa ponsel untuk mendeteksi root dan memastikan sistem operasi berfungsi baik; Find My Phone; Locate & Alert untuk memetakan lokasi ponsel dan buat alarm berbunyi - bahkan saat disetel senyap; dan Sinyal Flare yang secara otomatis menyimpan lokasi ponsel saat baterai rendah.
Unduh di Play Store

Avira Antivirus 2020

Di sebut merupakan salah satu aplikasi keamanan anti-pencurian terbaik untuk Android yang memungkinkan Anda melacak dan menemukan ponsel saat hilang atau dicuri, dengan skor 4,5 dari 560 ribu lebih pengguna. Belakangan juga ditambahkan fitur VPN Cepat— 100 MB setiap hari untuk mengamankan data, menganonimkan penjelajahan, dan membuka blokir situs web.

Aplikasi ini juga bisa memindai konten di penyimpanan eksternal ponsel, memblokir aplikasi yang mencoba mengambil akses tidak sah dari perangkat Android Anda, melindungi data Anda dari serangan ransomware, dan memastikan foto, kontak, detail kartu kredit, email, dan data pribadi lainnya di ponsel Anda tetap aman.
Unduh di Play Store
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! aroengBinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya. Balik ke atas ↑