Membayar Pajak Mobil Secara Online Tidak Perlu Datang ke Samsat Lagi

March 09, 2020. Label:

Apakah setelah membayar pajak mobil secara online tidak perlu datang ke Samsat lagi, atau apakah harus tetap datang ke Samsat untuk mendapatkan cap pengesahan pembayaran agar tidak harus membayar pajak lagi. Ini adalah pertanyaan yang menggantung di kepala setelah membayar pajak mobil secara online beberapa hari yang lalu.

Pasalnya adalah saya baru sadar bahwa pajak salah satu mobil saya sudah habis pada bulan Februari lalu, dan baru sadar setelah masuk ke bulan Maret. Yang artinya saya harus bayar denda. Sialnya, mobil yang satu lagi malah pajak yang tahun lalu pun belum dibayar juga. Maklum selain kedua mobil itu memang sudah tua, yang punya pun rupanya sudah pikun ...

Untuk melakukan pengecekan status pajak mobil apakah masih pajaknya berlaku atau sudah terlambat, warga DKI Jakarta bisa melakukannya di website Samsat atau mengunduh aplikasin Cek Ranmor DKI di Google Playstore. Setelah diunduh, dibuka, dan memasukkan nomor polisi mobil serta NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP, data status pajak mobil akan muncul.

membayar pajak mobil secara online tidak perlu datang ke Samsat
Untuk membayar pajak secara online via mobile banking (juga ATM) harus punya kode bayar sesuai nopol kendaraan yang hendak dibayar pajak tahunannya. Untuk itu perlu mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore. Selanjutnya silahkan baca tulisan Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online.

Ketika membuka aplikasi Samsat Online Nasional dan melakukan Pendaftaran untuk pembayaran pajak kendaraan secara online, sudah ada pemberitahuan bahwa TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Jadi memang mestinya sudah tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk mendapatkan pengesahan.

Benar, beberapa hari kemudian saya menerima via pos lembaran TBPKP dan stiker (saya tak perhatikan bahwa stiker pengesahan pembayaran pajak sudah ada di sana).

Namun ada dua hal yang membuat ragu apakah harus tetap datang ke Samsat atau tidak. Pertama adalah semua laman website yang saya buka menyebut bahwa setelah membayar pajak kendaraan secara online, pemilik kendaraan harus tetap pergi ke Samsat untuk mendapatkan pengesahan TBPKP, dan jika tidak melakukannya maka 30 hari setelah pembayaran harus membayar pajaknya lagi.

Yang kedua adalah pada struk bukti pembayaran via Mandiri Online memang tertera tulisan bahwa "STRUK BERLAKU 30 HARI". Karena itulah akhirnya saya memutuskan untuk datang ke Samsat Jakarta Timur di Kebon Nanas pada hari Sabtu lalu. Petugas di pintu masuk gedung mengatakan agar saya masuk ke dalam untuk mendapatkan cap pengesahan. Saya pun naik ke Lantai 3 dan masuk ke ruangan pengesahan dan ditemui petugas.

Seorang ibu dengan ramah menyapa saya menanyakan apa yang dia bisa bantu, dan saya tunjukkan TBPKP yang saya terima lewat pos beberapa hari sebelumnya. Si ibu petugas menjelaskan bahwa stiker pengesahan TBPKP sudah ada di situ, tinggal menempelkannya di kolom pengesahan STNK, tidak perlu datang lagi ke Samsat, kecuali lima tahun sekali untuk ganti STNK karena harus gesek nomor rangka dan ganti pelat nomor.

Membayar Pajak Mobil Secara Online Tidak Perlu Datang ke Samsat Lagi

Jadi, begitulah kesimpulannya bahwa setelah membayar pajak mobil secara online TIDAK PERLU DATANG ke Samsat lagi. Tunggu saja Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran dikirim ke rumah, dan tempelkan stiker pengesahan di kolom kanan bawah STNK, yang jujur baru saya perhatikan adanya kolom itu setelah datang ke Samsat. Di sana memang ada kolom yang dicap stempel, dan ada yang sudah ditempel stiker. Setelah ada stiker, tak perlu distempel lagi . Semoga bermanfaat.
Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Kembali ke atas ↑