Tip dan Trik Xiaomi Mi 9

Bambang Aroengbinang. March 28, 2019
Jika baru saja membeli Xiaomi Mi 9 atau berencana hendak membelinya dalam waktu dekat, maka ada baiknya membaca tulisan tip dan trik Xiaomi Mi 9 ini. Memiliki sebuah ponsel canggih adalah satu hal, namun menggunakannya secara produktif dan dengan lebih mudah adalah hal lain.

Kebanyakan orang malas membaca buku manual penggunaan, karena memang umumnya terlalu banyak informasi di sana yang membuat orang lelah dan menyerah untuk terus membacanya. Sebagian besar yang ada di buku manual pun bisa dikatakan cukup jarang diperlukan. Namun tanpa membacanya, bisa terlewat hal-hal penting yang perlu diketahui.

Tulisan tips dan trik Xiaomi Mi 9 ini juga berisi cukup banyak informasi, sehingga boleh jadi juga akan capek membacanya. Namun setidaknya perlu dibaca sekilas semua informasinya, dan nanti ketika memerlukannya sudah tahu dimana harus mencari petunjuk yang dibutuhkan.

kiat dan tips xiaomi mi 9
Xiaomi Mi 9 (xiaomi.com). Xiaomi Mi 9 diluncurkan dengan tiga varian dari yang termahal hingga termurah yaitu Xiaomi Mi 9 Explorer, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi 9 SE. Bergantung pada ketebalan simpanan di bank dan kemauan atau ketidakmauan untuk membayar lebih, salah satu dari ketiga varian itu memang layak untuk dipertimbangkan sebagai ganti ponsel lama Anda.

Tips pertama yang perlu diketahui adalah jangan membeli Xiaomi Mi 9 karena memiliki kamera 40MP oleh karena selain memakan memori penyimpan yang besar untuk setiap fotonya, hasil fotonya pun disebut tak secara signifikan lebih baik dari standard photo mode Xiaomi Mi 9 yang 12 MP.

Namun tanpa menggunakan opsi kamera mode 40 MP, ada banyak alasan untuk membeli Xiaomi Mi 9. Yang utama tentu harganya lebih terjangkau, terutama untuk Xiaomi Mi 9 SE, dan yang kedua adalah semua fitur yang dibutuhkan ada di sana, terutama adalah sensor infra red yang tidak ada pada Xiaomi Mi 8.

kiat dan tips xiaomi mi 9
Xiaomi Mi 9 (xiaomi.com). Jika Xiaomi Mi 9 sudah bisa dibeli di toko-toko online dengan harga sekitar Rp7,8 juta, dan Xiaomi Mi 9 Explorer di harga sekitar Rp14 juta, maka saat tulisan ini dibuat masih belum ada toko yang menawarkan Xiaomi Mi 9 SE oleh sebab memang merupakan ponsel yang paling belakangan diluncurkan.

Berikut adalah kiat dan tips Xiaomi Mi 9 yang sekarang atau suata ketika nanti akan bermanfaat untuk diketahui dan dilakukan.

Kamera Xiaomi Mi 9

Luncur cepat kamera
Untuk meluncurkan kamera dengan cepat Anda bisa tekan dua kali tombol volume turun. Tekan wallpaper di home screen dan klik settings > lock screen & password > launch camera.

Mode 48MP
Mode 48MP adalah opsi foto di aplikasi kamera yang bisa Anda pilih, namun di mode ini Anda tidak dapat menggunakan AI, HDR atau zoom. Mode foto standar menggunakan 12MP, dan saya sarankan Anda menggunakan mode ini, sebagaimana telah disebut dimuka alasannya.

AI
AI membuat foto Anda terlihat lebih baik, dan opsi ketuk ini ada di bagian atas aplikasi kamera. Cukup ketuk tombol AI untuk menyalakannya.

Tanda air (watermark)
Tanda air pada kamera Xiaomi Mi 9 diaktifkan secara default. Untuk mematikannya, masuk ke camera menu > settings > photo watermark

Suara kamera
Dalam menu kamera yang sama seperti yang disebutkan di atas, Anda akan menemukan opsi untuk mematikan suara kamera.

Video 4K 60fps
Untuk mengaktifkan Anda harus beralih ke video, lalu buka menu > settings > video quality. Saran saya, gunakan resolusi video 1080p 60fps untuk menghemat ukuran file dengan hasil tetap bagus.

Eksposur foto
Ketuk untuk fokus dan Anda kemudian dapat menggesek ke atas atau ke bawah untuk mengubah eksposur foto. Ini bagus untuk hal-hal seperti foto orang di atas panggung.

Semburan (burst) foto
Tekan dan tahan tombol shutter dan kamera memotret secara berurutan dengan cepat. Anda dapat menggunakan Foto Google untuk mengubahnya menjadi animasi.

Mode portrait pada selfie
Anda dapat menyesuaikan efek bokeh secara langsung dengan mengetuk ikon shutter dan menarik skala ke atas atau ke bawah. Semakin kecil angka f, semakin kabur latar belakangnya.

Pencahayaan studio untuk efek tambahan
Saat Anda menggunakan portrait mode di kamera depan atau belakang, Anda dapat menambahkan efek pencahayaan. Ketuk tombol bawah dalam mode portrait yang terlihat seperti titik bercahaya. Ini memungkinkan Anda memilih berbagai gaya.

Efek blur atau pencahayaan setelah mengambil foto
Setelah mengambil foto, Anda dapat mengubah beberapa hal. Ketuk tombol preview di aplikasi kamera, atau dengan membuka Galeri. Foto dengan depth ada ikon shutter dan Anda dapat mengetuknya dan membuat perubahan untuk mendapatkan foto yang Anda inginkan.

Batere Xiaomi Mi 9

Aplikasi yang memakan baterai
Untuk melihat aplikasi apa yang memakan batere, buka settings > battery & performance > power usage. Di sana ada opsi untuk menutup aplikasi yang terlalu haus daya.

Mengurangi pengurasan baterai
Di settings > battery & performance > power, ada alat untuk memindai aplikasi apa yang menghabiskan daya. Anda dapat menutupnya untuk memperpanjang batere ponsel.

Indikator LED saat mengisi daya
Di settings > additional settings Anda akan menemukan opsi untuk menghidupkan atau mematikan LED saat mengisi daya ponsel.

Tips keamanan Xiaomi Mi 9

Menemukan Xiaomi Mi 9
Untuk menemukan ponsel Xiaomi Mi 9 Anda yang hilang, Anda harus masuk ke akun Mi atau masuk ke akun Google. Cukup ketik "where's my phone" di Google search dan Anda akan melihat peta dimana ponsel Anda berada. Jika menggunakan akun Mi, kunjungi i.mi.com.

Sidik jari
Anda akan diminta untuk mengatur keamanan ketika menyalakan Mi 9 untuk pertama kali. Jika saat itu tidak melakukan pengaturan keamanan dengan sidik jari itu, Anda bisa melakukannya di settings > lock screen & password > manage fingerprints. Sebaiknya daftarkan kedua ibu jari sehingga Anda dapat membuka ponsel dengan kedua tangan.

Sembunyikan karakter kata sandi saat mengetik
Buka settings > additional settings > privacy > show passwords. Ubah tombol untuk menyembunyikan atau memperlihatkan kata sandi saat mengetiknya.

Home Screen

Wallpaper
Tekan lama pada wallpaper sampai muncul ikon wallpaper di kiri bawah > klik untuk memilih wallpaper yang ada atau dari foto yang Anda buat.

App vault
Di sebelah kiri Home screen Xiaomi Mi 9 ada app vault, yaitu pintasan cepat ke aplikasi yang sering digunakan. Untuk mengubahnya, tekan lama wallpaper di home screen dan klik setting > more > app vault.

Recent apps
Tekan lama wallpaper di home screen dan klik setting > more > show suggestions. Anda bisa menyembunyikan opsi device maintenance, menampilkan status RAM, atau menonaktifkan recent apps.

Folder
Buat folder: tekan lama pada aplikasi dan seret ke aplikasi lain untuk membuat folder.
Hapus folder: seret aplikasi ke luar folder, atau tekan lama pada wallpaper di folder dan pilih semua aplikasi lalu seret semuanya ke luar folder.
Ganti nama: klik folder, klik nama di atas folder untuk menggantinya.
Animasi: agar folder dibuka lebih cepat Anda bisa mematikan animasi. Buka settings > additional settings > accessibility > remove animations.

Google Assistant
Pencet tombol Google Assistant di bagian sisi ponsel dan Google Assistant akan terbuka, atau pencet lama pada tombol home untuk membuka Google Assistant.

Display

Mode Baca
Tekan wallpaper di home screen, settings > display > reading mode. Anda dapat mengubah intensitas warna serta menentukan jadwal kapan mode baca (reading mode) diaktifkan. Saat menonton video HDR, reading mode akan mati secara otomatis.

Ubah mode warna
Ada pilihan standard, increased contrast dan automatic. Mode standard terlihat agak pucat, sedangkan increased contrast terlihat lebih hiudp. Lihat di settings > display > contrast & colours.

Mode gelap
Dark mode sedang trendi, dan bisa diatur di settings > display.

Hapus tombol navigasi
Buka settings > full screen display dan Anda akan melihat opsi untuk menghapus tombol nav, dan menggunakan sapuan jari untuk navigasi atau kontrol gerakan setelah diaktifkan.

Ikon Persentase baterai
Pengaturannya ada di settings > notifications & status bar, dan pilih "battery indicator. Anda dapat memiliki persentase atau hanya ikon.

Mode satu tangan
Untuk membuat ponsel lebih mudah digunakan dengan satu tangan, aktifkan di settings > additional settings > one-handed mode. Kemudian cukup geser dari tombol home ke tepi kiri atau kanan dan layar akan menyusut. Ulangi gesek untuk kembali ke ukuran penuh.

Sound, vibration dan do not disturb

Regular: semua suara menyala - pemberitahuan, media, alarm
Silent: panggilan dan notifikasi mati, media menyala
Do not disturb: semua suara, media dan getaran mati, kecuali alarm.

Pengaturannya ada di settings > sound & vibration > silent/DND. Ketuk pada setiap mode untuk melihat opsi.

Bisukan media di mode Silent
Buka settings > sound & vibration > silent/DND > silent. Anda akan melihat tombol "mute music stream".

Getar di mode Silent
Ada di settings > sound & vibration, dan akan terlihat opsi untuk "vibrate in silent mode".

LED flash
Pengaturan LED flash untuk notifikasi ada di settings > additional settings, dan Anda akan menemukan opsi untuk menghidupkan atau mematikan LED flash.

Notifikasi dengan lampu kilat kamera
Buka settings > system apps > call settings > incoming call settings, dan Anda akan menemukan opsi untuk menggunakan lampu kilat untuk memberi tahu panggilan masuk.

Matikan suara sistem yang tidak perlu
Bisa ditemukan di settings > sound & vibration, dan di bagian bawah daftar Anda akan menemukan kontrol untuk semua suara yang mungkin tidak Anda inginkan.

Pengaturan cepat di Xiaomi Mi 9

Aplikasi
Untuk melakukan pengaturan cepat pada sebuah aplikasi, tekan dan tahan ikon, dan Anda akan masuk ke menu pengaturan penuh untuk aplikasi itu.

Edit pengaturan cepat
Geser ke bawah dari atas telepon dan buka kisi penuh pengaturan cepat. Geser ke kiri dan Anda akan melihat opsi untuk "more".

Tampilkan pada lock screen
Buka settings > notifications & status bar dan aktifkan "show on lock screen" agar dapat diakses tanpa membuka kunci ponsel Anda - meskipun beberapa fitur mungkin mengharuskan Anda untuk membuka kunci ponsel Anda sepenuhnya. Sumber: pocket-lint.com
Label : .

Kunjungi juga :

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.