Microsoft Luncurkan Software anti-virus Defender ATP untuk MacOS

Bambang Aroengbinang. March 23, 2019
Meski persepsi umum adalah perangkat yang berbasi MacOS relatif lebih aman dibanding OS berbasis Windows namun bukan berarti ancaman tidak ada. Ancaman virus di MacOS itu nyata, mulai dari yang tingkatannya ringan hingga berat. Karena itu setelah menjadi lini pertahanan utama di perangkat berbasis Windows dari serangan virus, Microsoft telah meluncurkan software anti-virus Defender Advanced Threat Protection (ATO) untuk MacOS.

Menyusul peluncuruan Defender untuk Mac ini, Microsoft telah merubah nama software anti-virusnya dari Windows Defender Advanced Threat Protection (ATP) menjadi Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP), yang diumumkan melalui posting blog pada hari Kamis lalu.

Sebagaimana di versi Windows, Microsoft Defender ATP untuk MacOs juga memberi perlindungan penuh terhadap ancaman virus disertai kemampuan melakukan pemindaian cepat dan pemindaian menyeluruh. Di sistem operasi Windows 10, Defender telah memberi perlindungan anti-virus secara default.

microsoft defender atp
Eric Avena, Senior Content Developer Microsoft, menulis di blog bahwa "Kami telah bekerja secara erat dengan mitra industri untuk memungkinkan para pengguna ATP Windows Defender untuk melindungi perangkat non-Windows mereka seraya menjaga pengalaman yang terpadu."

Bagi kalangan bisnis, pratinjau terbatas akan tersedia untuk mencoba perlindungan anti-virus ini di tempat yang menggunakan sistem operasi Windows dan MacOS, dan untuk mencobanya bisa mendaftar di sini.

The Verge menyebut bahwa agar klien selalu mendapatkan versi terbaru dari perangkat lunak Windows Defender MacOS ini, Microsoft menggunakan software AutoUpdate (Pembaruan Otomatis), yang tersedia di perangkat yang menjalankan MacOS Mojave, MacOS High Sierra, atau MacOS Sierra.

microsoft defender atp
Sayangnya saat ini ketersediaan Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP) masih terbatas bagi kalangan bisnis, terutama memang di perusahaan dimana para karyawan dan eksekutifnya menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS

Masih belum jelas apakah Microsoft juga berencana untuk membawa Microsoft Defender ATP ke para pengguna MacOS secara keseluruhan. Selagi Defender ATP masih belum tersedia, Anda bisa meningkatkan sistem keamanan MacBook dengan memasang Little Snitch, Chrome extension No-Script Suite Lite dan ScriptSafe, serta CleanMyMac. Sumber: The Economic Times.
Label : .

Kunjungi juga :

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.