Google Rilis Chrome 73 Yang Mendukung macOS Mojave Dark Mode

Oleh Bambang Aroengbinang. March 13, 2019
Google baru saja merilis Chrome 73 (versi 73.0.3683.75 saat tulisan ini terbit), versi stabil terbaru dari browser Chrome untuk Mac dan Windows. Chrome 73 telah melakukan pengujian beta sejak Februari lalu, dengan tambahan sejumlah fitur baru.

Di MacOS Mojave, jendela browser Chrome 73 otomatis akan berubah menampilkan tema berwarna lebih gelap setiap kali Dark Mode di MacOS Mojave diaktifkan. Dark Mode di Chrome ini terlihat agak mirip dengan tampilan yang lebih gelap ketika menggunakan Chrome dalam Incognito Window.

Untuk memastikan update ke Chrome 73, klik 'Chrome' di menu kiri atas, lalu klik 'About Google Chrome' dan Chrome akan otomatis memperbarui ke versi terakhir, atau klik update jika perlu. Setelah diperbarui akan muncul tulisan 'Google Chrome is up to date, Version 73.0.3683.75 (Official Build) (64-bit)', yang artinya Chrome yang digunakan sudah yang terbaru.

google rilis chrome 73 yang mendukung macos mojave dark mode

Sedangkan untuk mengaktifkan dark mode pada MacOS Mojave dan sekaligus untuk melihat perubahannya secara otomatis pada tampilan Chrome, klik icon Mac  di sudut kiri atas, lalu klik 'General' (lihat foto di bawah), dan pada 'Appearance' di menu paling atas pilih 'Dark', dan wuuush... tampilan Chrome juga ikut berubah. Jika klik 'Light' maka tampilan Chrome akan berubah terang lagi.

Fitur baru lainnya di Google Chrome 73 adalah pengelompokan tab untuk secara lebih baik mengatur tab yang banyak, dukungan untuk tombol media keyboard, dan opsi mengaktifkan gambar dalam gambar secara otomatis ketika pindah dari video aktif.

Ada Sync dan pilihan Google Services di Setting untuk memudahkan pengaturan pengumpulan data dan opsi lain, perbaikan pada cek ejaan, dan badge API baru yang memungkinkan ikon aplikasi web menyertakan indikator visual seperti jumlah item yang belum dibaca.

google rilis chrome 73 yang mendukung macos mojave dark mode
Selain yang sudah disebutkan, catatan tentang apa saja yang baru di Chrome 73 bisa dibaca di sini, termasuk diantaranya adalah Progressive Web Apps sekarang sudah ada di Mac, Signed HTTP Exchanges, Constructable Stylesheet, dan ada lagi DevTools baru untuk para developer di Chrome 73 yang bisa dibaca di sini

Berbagai perbaikan di sistem keamanan juga telah dilakukan di Chrome 73. Bagi yang hendak mengunduh Chrome 73 bisa meluncur ke Chrome website. Menurut Statista, pangsa pengguna browser internet desktop pada Desember 2018 adalah Chrome 70,95%, Firefox 10,05%, IE 5,4%, Sadari 5,06, Edge 4,17%, dan Opera 2,38%. Rujukan : macrumors.com
Label : .

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.