15 Aplikasi Mac Yang Bermanfaat

Bambang Aroengbinang. March 08, 2019
Baru sekitar 10 tahun terakhir saya mulai menggunakan Mac setelah sebelumnya hanya menggunakan personal computer dan notebook dengan sistem operasi yang berbasis Windows. Sebagian besar yang ada dalam tulisan aplikasi Mac yang sangat bermanfaat ini sudah atau pernah saya gunakan, dan sebagian lagi bisa menjadi rujukan jika suatu saat memerlukannya.

Setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhan berbeda, sebagian bisa dilihat dari jenis aplikasi apa yang sering digunakan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Jika merambah pada hobi, maka akan muncul kebutuhan terhadap aplikasi tertentu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

Sebagaimana harga komputer Mac yang umumnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga PC, aplikasi Mac juga tidak bisa dibilang murah. Namun bagusnya ada cukup banyak freeware yang bisa digunakan secara gratis, meski dengan kemampuan yang lebih terbatas dibandingkan aplikasi sejenis yang berbayar.

aplikasi mac yang sangat bermanfaat
Jumlah aplikasi di MacOS bisa dikatakan jauh lebih sedikit dibandingkan yang tersedia untuk platform Windows. Hal ini bisa dimengerti oleh karena pengguna MacOS masih 9,6% dari total pasar OS global, sementara Windows menguasai 87% pasar berdasar statistik bulan Februari dari NetMarketShare.

Namun umumnya para pengguna produk Apple puas dengan apa yang mereka pakai, meski baru-baru ada potensi ancaman serius terhadap keamanan pada MacBook, hal yang sangat jarang terdengar sebelumnya. Aplikasi Mac pada umumnya bisa diperoleh dari App Store yang mulai beroperasi pada awal 2011, namun tak sedikit pula yang bisa diperoleh di luar App Store.

Ada banyak aplikasi Mac yang merupakan versi macOS dari aplikasi di Windows yang populer, namun tak sedikit pula apliksi yang eksklusif ada di Apple. Bisa dimengerti jika pengembang aplikasi lebih mengutamakan terlebih dahulu untuk menyasar pasar yang jauh lebih besar.

aplikasi mac yang sangat bermanfaat
Aplikasi Mac bisa membantu Anda dalam mengekspresikan kreativitas, menjadi lebih produktif, menjelajahi web, berkomunikasi dengan orang lain, meningkatkan keamanan, merawat komputer, dan banyak lagi aplikasi lainnya yang manfaatnya baru terasa ketika dibutuhkan.

1. PhotoShop. Adobe memiliki sejumlah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk pengguna Mac, yang sebagian besar ada di Adobe Creative Cloud. Selain PhotoShop, aplikasi yang juga banyak digunakan adalah Lightroom Classic CC, InDesign CC, Acrobat Pro DC, dan Illustrator CC.

2. Audacity. Audacity digunakan untuk mengedit dan merekam audio. Perangkat lunak ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis dan bukan hanya tersedia di MacOs namun juga tersedia di Windows, GNU / Linux dan sistem operasi lainnya.

3. 4K Video Downloader. 4K Video Downloader digunakan untuk mengunduh video tunggal maupun playlist dari YouTube, juga dari Facebook, Vimeo dan situs video lainnya dan mbisa enyimpannya dalam bentuk mp3.

4. Aimersoft Video Converter. Aimersoft Video Converter Ultimate for Mac adalah konverter video / audio yang sangat cepat, juga untuk DVD ripper, DVD burner, editor video dan pengunduh video web untuk Mac, termasuk MacOS Mojave dan High Sierra.

5. OBS. Open Broadcaster Software (OBS) adalah program hebat untuk broadcast atau penyiaran dengan kualitas Standard atau HD dan mencakup fitur-fitur seperti transisi video, mixer audio, chroma / kunci warna, dan banyak lagi yang membantu menghasilkan siaran yang sangat profesional. Perangkat lunak ini gratis.

OBS juga digunakan untuk merekam apa saja yang Anda buka dan lakukan di layar Mac, sehingga bisa digunakan untuk membuat video tutorial untuk Youtube atau untuk di media sosial lainnya.

6. Transmission. Transmission adalah klien BitTorrent gratis yang dilisensikan berdasarkan ketentuan Lisensi Publik Umum GNU, dengan bagian-bagian di bawah Lisensi MIT.

7. MPEG Streamclip. MPEG Streamclip adalah konverter, pemutar, dan editor video gratis untuk Mac dan Windows. Program ini memutar banyak file film, tidak hanya MPEG; mengkonversi file MPEG antara format muxed / demuxed untuk authoring; meng-encode film ke banyak format, termasuk iPod; juga bisa memotong, dan menggabungkan film.

8. Adaptor. Adaptor adalah konverter foto, audio dan video gratis untuk Mac. FFmpeg-nya memungkinkan Anda untuk mengkonversi banyak jenis file yang berbeda. Video ke video, video ke audio, audio ke audio dan foto ke foto.

9. 7zX. 7zX adalah software pengarsipan file dengan rasio kompresi tinggi. Hasil rasio kompresinya sangat tergantung pada data yang digunakan. Biasanya kompres 7zX ke format 7z 30-70% lebih baik daripada format zip, dan 2-10% lebih baik daripada kebanyakan program lain.

10. CleanMyMac. CleanMyMac adalah aplikasi pembersih Mac terbaik bagi kebanyakan orang. Aplikasi ini memang lebih dari sekedar pembersihan, karena ia juga menawarkan sejumlah utilitas pemeliharaan lainnya. CleanMyMac adalah perangkat lunak lengkap yang membersihkan dan mengoptimalkan Mac Anda dengan cara yang mudah, baik yang ada di hard disk maupun RAM.

11. HandBrake. HandBrake adalah transcoder gratis untuk file video digital, yang awalnya dikembangkan pada tahun 2003 oleh Eric Petit. Sejak itu HandBrake telah mengalami banyak perubahan dan revisi. HandBrake tersedia untuk Linux, macOS, dan Windows.

12. Screaming Frog SEO Spider. Screaming Frog SEO Spider adalah aplikasi desktop kecil yang dapat Anda instal secara lokal di PC, Mac, atau Linux. Aplikasi ini merayapi tautan situs web, gambar, CSS, dll dari perspektif SEO, dan memberi tahu Anda apa yang dilihat oleh mesin pencari saat merayapi situs web.

13. Paragon NTFS untuk Mac. Paragon NTFS untuk Mac adalah driver sistem file yang memungkinkan Mac OS X Yosemite dan versi yang lebih baru untuk bisa membaca dan menulis ke hard drive serta ke USB thumb drive yang diformat untuk sistem Windows.

14. Apple Photos. Aplikasi bawaan Apple yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Foto yang disimpan di iCloud bisa dibuka dan diedit dengan Apple Photos dengan hasil yang sangat memeuaskan. Namun untuk memperbaiki perspektif, Anda harus memasang plugin Perspective Photos Extension yang harganya sekitar USD12.99.

15. VLC Media Player. VLC Media Player pemutar media gratis yang mendukung lebih banyak format file gambar dan video daripada aplikasi lain. Jika mengunduh dari internet dan tidak dapat memutarnya di player lain, kemungkinan besar aplikasi ini bisa membacanya.

Demikian sejumlah catatan aplikasi Mac yang sangat bermanfaat, setidaknya nanti ketika waktunya tiba yaitu saat Anda membutuhkannya untuk menyelaikan sebuah pekerjaan di kantor atau hanya sekadar hobi. Silahkan bookmark tulisan ini dan cek lagi kapan-kapan karena daftarnya bisa bertambah.
Label : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.