Blogger : Cara Redirect Custom Page Not Found

Oleh Bambang Aroengbinang. December 08, 2018
Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist. Itu adalah tampilan standar pada Blogger ketika halaman yang dicari oleh pengunjung tak ditemukan. Agar lebih bermanfaat bagi pengunjung, tulisan ini berbagi cara redirect custom page not found di Blogger untuk membantu mereka menemukan apa yang dicari.

Page Not Found bisa terjadi dikarenakan adanya broken link, taut rusak, oleh sebab salah ketik ketika menulisnya dan bisa juga karena memang ada perubahan pada permalink tulisan. Sebab lainnya adalah karena tulisan telah dihapus, tulisan dipindahkan dari page ke post atau sebaliknya, atau ada perubahan pada rancang blog.

Tidak ditemukannya halaman pada umumnya tidak merugikan pemilik blog, kecuali jika disebabkan oleh adanya broken link. Banyaknya broken link pada blog akan mempengaruhi posisi tulisan di mesin pencari Google. Pengunjung tentu juga kecewa jika apa yang mereka cari tidak ditemukan.

cara redirect custom page not found

Redirect Custom Page Not Found di Blogger adalah salah satu cara untuk memberikan pengalaman kunjung yang baik, dengan memberi kemudahan. Ketika menjumpai page not found, pengunjung biasanya akan memencet tombol kembali, memencet taut ke homepage, mengetik kata kunci di pencarian pada blog, atau menutup tab. Yang terakhir tentu tak diinginkan pemilik blog.

Blog Aroengbinang tidak menyediakan kotak pencarian standar Blogger oleh karena hasil pencarian yang tidak bisa dipercaya, artinya seringkali hasil pencarian tak menampilkan tulisan yang dicari meski tulisannya ada. Ini akan menyesatkan pengunjung.

Hasil pencarian yang lebih bisa dipercaya adalah dengan menggunakan Google Custom Search atau Google Penelusuran Khusus, namun memasangnya pada Post akan membebani kecepatan loading yang berakibat buruk pada SEO. Oleh karena itulah saya memasang Google Custom Search pada Sitemap dan Label.

Cara yang pernah saya lakukan adalah memasang Google Custom Search pada Custom Page Not Found di Blogger, namun entah mengapa ketika mengetik kata kunci tidak muncul saran pencarian, dan hasil pencariannya pun terpotong sehingga sama sekali tidak berguna.

Oleh sebab itulah saya memutuskan untuk redirect custom page not found ke Sitemap, dimana selain ada Google Custom Search di sana juga bisa melihat secara keseluruhan apa saja yang ada di blog Aroengbinang. Harapannya tentu pengunjung akan menggunakan mesin pencari, atau memencet salah satu label untuk menemukannya.

Baiklah, sekarang saya akan tulis Cara Redirect Custom Page Not Found jika menganggap ini akan bermanfaat bagi blog Anda.

Redirect Custom Page Not Found di Blogger

  1. Login ke Blogger > Setting > Search preferences.
  2. Pada bagian 'Errors and redirections', dan 'Custom Page Not Found ?', klik 'Edit'
  3. Pada kotak yang tersedia, copy paste kode berikut ini:

    <span style="color:red;font-weight:bold">Maaf</span>, taut berubah.
    <br><br><b>Mohon dicari dengan Google Penelusuran Khusus</b>
    <script>
    blogger_redirect = setTimeout(function() { location.pathname= "/" }, 2500);
    </script>


  4. Ubah kalimatnya sesuai dengan selera Anda.
  5. Ganti isian diantara tanda kutip pada location.pathname dengan alamat laman redirect yang Anda kehendaki. Pada contoh akan diredirect ke homepage, bisa diganti dengan misalnya "/p/sitemap.html".
  6. Ganti jeda waktu sebelum redirect sesuai selera. Angka 2500 adalah dalam mili-detik. Lebih besar angkanya, lebih lama jeda waktu sebelum dilakukannya redirect.
  7. Klik 'Save changes' setelah puas dengan perubahannya.
  8. Cek apakah Redirect Custom Page Not Found telah bekerja dengan baik, dengan menambahkan kata sembarang setelah alamat domain Anda dan membukanya di browser.
Label : .
Share, Print!
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.
Disarankan untuk Anda Follow me