Google Alert

Google Alert, Agar Tidak Ketinggalan Berita

Belum lama ini saya mulai menggunakan Google Alert untuk mengikuti berita di web, blog, dsb, yang mungkin menarik untuk saya ketahui, langsung dikirim ke inbox email. Ini adalah cara praktis ketimbang setiap kali menggunakan mesin pencari ketika sedang butuh informasi.

Google Alert adalah mesin email yang mengirimkan pemberitahuan kepada pelanggannya ketika ada hasil pencarian dari layanan Google, baik itu dari blog, berita, video, berita, diskusi, buku, dan dari sumber lainnya yang relevan dengan kueri yang telah dibuat sebelumnya.

Anda bisa membuat satu lansiran untuk satu kueri, dan bisa membuat lansiran sebanyak yang Anda butuhkan. Hanya saja, semakin banyak lansiran, bisa semakin pusing membacanya karena terlalu banyak informasi yang masuk dan lama kelamaan akan kesulitan untuk mencernanya.

google alert
Anda hanya perlu memiliki akun gmail, dan login di Google Alert. Selanjutnya pilih menu dropdown pada setiap baris yang ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika membuat pilihan, Anda akan melihat pratinjau di jendela sebelah kanan dari jenis hasil yang akan diterima.

Beberapa manfaat penggunaan Google Alerts adalah:
- memantau berita yang sedang hangat, misalnya tentang Jokowi
- mengikuti perkembangan pesaing atau blog sejenis
- mendapatkan berita tentang event, festival, atau seleb favorit
- mengikuti kabar tentang kampung halaman
- banyak lagi lainnya

Cobalah membuat satu atau dua lansiran, lihat hasilnya. Jika sesuai dilanjutkan, jika tak sesuai bisa dihapus dan membuat lansiran lagi dengan kueri baru.

Semoga bermanfaat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 16, 2018.