Bali, Gua, Jepang, Klungkung

Goa Jepang Klungkung Bali

Goa Jepang Klungkung berada pada sebuah tebing lengkung cukup tinggi, mengikuti kontur pinggir jalan berkelok sebelah kanan arah Denpasar ke Semarapura, tepat sebelum melintas sebuah jembatan melintangi atas Sungai Tukad Bubuh.

Posisi Goa Jepang Klungung ini mirip dengan Goa Jepang Kawangkoan Minahasa, sama-sama pinggir jalan, tidak pula ada penjaga. Namun Goa Jepang Klungkung memiliki lubang lebih banyak dengan lingkungan sekitar sedikit lebih baik.

Ada taman hijau subur yang cukup terawat rapi di seberang tebing goa menjadi pemandangan lebih menarik ketimbang lubang-lubang gua bisu. Jika saja di sampingnya ada warung kecil dengan penjaga siap mengantar tamu masuk ke dalam gua, tentu akan lebih menarik.

goa jepang klungkung

Sebuah lubang gua dari sejumlah seluruhnya 16 lubang. Meskipun tebingnya tidak seindah dan setinggi Gua Jepang di Taman Hutan Raya Juanda Bandung, namun rimbun tanaman perdu pada tebing atas Goa Jepang Klungkung cukup membuat teduh pejalan.

Sebuah lubang dengan alat pembersih menggantung pada dinding Goa Jepang Klungkung. Pertanda bagus, menunjukkan bahwa gua-gua ini ada perawat kebersihannya. Lubang ini sesungguhnya gelap, karenanya ada rasa gamang untuk masuk.

Foto dalaman gua yang bisa dilihat di gallery saya ambil dengan kecepatan rendah sehingga bagian gua bisa terlihat. Lubang gua lainnya memperlihatkan lorong penghubung antara satu lubang dan lubang gua lainnya. Hanya sebuah gua di kedua ujung merupakan gua terpisah.

goa jepang klungkung

Area di sekitar Goa Jepang Klungkung sesungguhnya memiliki pemandangan cukup indah dengan tumbuhan hijau subur pada tebing atasnya serta jalan mulus berkelok disampingnya. Terdapat pula area samping gua untuk parkir kendaraan pengunjung.

Tidak adanya penjaga membuat orang merasa kurang nyaman untuk masuk ke dalam gua. Goa Jepang Klungkung ini seluruhnya berjumlah 16 lubang dengan kedalaman sekitar 4 m, dibangun balatentara Jepang pada tahun 1941.

Sebuah tengara peresmian Jembatan Tekad Bubuh pada 1986 saya lihat ada di dekat Goa Jepang Klungkung paling kiri. Jembatan Tukad Bubuh yang membentang cukup panjang, terletak hanya beberapa puluh meter dari Goa Jepang Klungkung.

goa jepang klungkung

Taman dengan patung binatang kecil seperti seekor jerapah berdiri pada punggung gajah berukuran besar dalam taman hijau teduh terawat baik di ujung deretan Goa Jepang Klungkung dekat jembatan.

Meskipun tampak telah ada cukup perhatian pemerintah setempat untuk merawat Goa Jepang Klungkung ini, serta membuat taman indah di sekitarnya, namun ketiadaan penjaga membuat kunjungan menjadi kurang berkesan. Semoga saja penjaga gua telah ada ketika anda berkunjung.


Goa Jepang Klungkung

Alamat : Banjar Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali. Lokasi GPS : -8.55265, 115.38158, Waze. Tempat Wisata di Klungkung, Hotel di Bali, Peta Wisata Bali, Tempat Wisata di Bali.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 09, 2020.