Makassar, Pantai, Sulawesi Selatan

Pulau Lae-lae Makassar

Makassar ternyata memiliki sebuah pulau kecil cantik yang letaknya di lepas Pantai Losari, bernama Pulau Lae-lae Makassar. Pulau Lae-lae yang sepertinya hanya dihuni oleh para nelayan tradisional ini bisa dicapai hanya dalam waktu beberapa menit dari Pantai Losari, dengan menyewa perahu motor.

Pada awalnya tidak terpikir untuk mengunjungi Pulau Lae-lae ketika saya berhenti di Pantai Losari untuk menyegarkan ingatan tentang pantai itu, sampai seorang pengemudi perahu mendekat dan menawarkan jasanya. Sedikit keinginan berpetualang, dan harga sewa yang sesuai, membuat kami akhirnya duduk di sebuah perahu berbentuk angsa menuju Pulau Lae-lae.

Meski bisa dikatakan bukan perahu standar, dan terbilang kecil, namun melihat begitu dekat jarak yang terlihat dengan mata telanjang, serta gelombang air laut yang relatif tenang, membuat ketidaknyamanan berada di atas air laut menjadi menipis. Mengambang di atas air laut belum pernah menjadi kegemaran saya.

pulau lae-lae makassar

Sebuah perahu tradisional tampak tengah mendekati Pulau Lae-lae, sementara beberapa perahu lain yang berukuran lebih besar terlihat di latar belakang. Meski bisa dikatakan telah cukup sering mengunjungi Kota Makassar, namun hanya di waktu kunjungan terakhir saya memiliki kesempatan berkunjung dan menikmati panorama Pulau Lae-lae.

Air laut sepanjang perjalanan menuju Pulau Lae-lae cukup tenang, namun memotret dari atas sebuah perahu kecil yang selalu bergerak dan bergoyang menembus air laut masih cukup menantang buat saya. Matahari yang sinarnya membakar kulit dan mulai turun mendekati cakrawala juga memberi tantangan yang lain.

Menurut catatan, Pulau Lae-lae memiliki luas 6,5 ha yang dihuni oleh sekitar 400-an keluarga nelayan atau kurang lebih 2.000 jiwa. Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menempuh jarak sekitar 1,5 km sampai ke Pulau Lae-lae dari Pantai Losari, Makassar.

pulau lae-lae makassar

Sebelum mendarat di tepian pantai Pulau Lae-lae, kami terlebih dulu mengelilingi pulau yang ukurannya tak begitu besar ini. Ketika menawar sewa perahu di Pantai Losari ada baiknya dipastikan terlebih dahulu bahwa harga sewa sudah termasuk untuk mengelilingi pulau.

Jika tidak disepakati dari awal maka bisa saja ada tukang perahu kreatif yang menyimpan tawaran untuk mengelilingi pulau ketika penumpang sudah dan sedang berada di atas air, dan terpaksa menambah ongkos sewa karena merasa sayang jika menolaknya.

Konon di pulau ini dulu ada terowongan bawah tanah yang terhubung dengan Fort Rottererdam, namun saya tak melihatnya ketika berada di sana. Hanya jajaran pepohonan yang tertata rapi yang tampak indah dipandang mata. Sinar mentari sore dan siluet pepohonan dengan kapal-kapal di pantai Pulau Lae-lae memberi latar pemandangan yang indah.

pulau lae-lae makassar

Siluet pepohonan yang berjajar di ujung Pulau Lae-lae terlihat cantik, memanjang di atas tanggul batu yang berfungsi sebagai tempat pendaratan perahu dan pemecah gelombang penahan abrasi. Hemat saya ini adalah salah satu spot terindah yang ada di Pulau Lae-lae.

Setelah sedikit memutar melihat Pulau Lae-lae dari jarak beberapa meter dari bibir pantai, melihat deretan rumah penduduk dan perahu yang ditarik dari air laut dan diletakkan di atas pasir putih, kami pun turun ke daratan. Suasana cukup sepi saat itu, hanya ada beberapa anak kampung yang tengah bermain di pantai.

Kami menuju struktur tanggul beton yang sepertinya dimaksudkan untuk memberi perlindungan bagi pantai Pulau Lae-lae terhadap gerusan gelombang atau pun air pasang. Dermaga batu buatan memanjang ini lokasinya berada di dekat dengan tempat kami mendarat di pulau yang dulu pernah digunakan sebagai pos balatentara Jepang.

Sewa perahu angsa bermotor saat itu adalah sekitar Rp.200.000 pulang pergi, yang memakan waktu satu jam setelah mengelilingi pulau dan turun di pantai Pulau Lae-lae selama beberapa waktu untuk menikmati keindahannya dan memotret. Perahu reguler juga tersedia dengan ongkos yang jauh lebih murah.


Pulau Lae-lae Makassar

Dicapai dengan perahu melalui Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi GPS: -5.135997, 119.3910831, Waze. Hotel di Makassar, Tempat Wisata di Makassar, Peta Wisata Makassar.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 05, 2020.