Pantai Losari Makassar

aroengbinang.com - Pantai Losari Makassar masih merupakan salah satu tempat yang paling populer di Makassar, Sulawesi Selatan, baik bagi warga setempat maupun para pejalan dan wisatawan. Selain sebagai tempat nongkrong untuk bercengkerama dan menikmati madu kebersamaan, di sepanjang Pantai Losari juga tersedia banyak restoran hidangan laut khas Makassar yang lezat serta tempat hiburan lainnya.

Tak jauh dari Pantai Losari Makassar juga ada Fort Rotterdam, tempat Pangeran Diponegoro dahulu ditahan oleh Belanda hingga wafat di sana. Lokasi tempat belanja suvenir di Jalan Somba Opu juga tak jauh dari pantai ini.

Di Pantai Losari ada sebuah area yang cukup lapang yang dikenal sebagai Anjungan Pantai Losari. Saat itu di Anjungan Pantai Losari tengah disiapkan untuk menjadi tempat sebuah pertunjukan musik, dengan panggung yang cukup besar dan sistem suara berkekuatan lumayan tinggi.

pantai losari makassar

Anjungan Pantai Losari Makassar dilihat dari arah laut, dengan gedung-gedung yang tampak masih baru berada di latar belakang. Foto ini saya ambil setelah berkunjung ke Pulau Lae-lae dengan menumpang perahu bebek yang diberi mesin motor sebagai pendorongnya.

Di seberang Anjungan Pantai Losari Makassar terdapat sebuah gedung yang terlihat megah yang saat itu terlihat masih relatif baru, atau setidaknya baru direnovasi dan dicat. Meski papan nama terlihat terbalik dari arah laut, namun keindahan Pantai Losari masih bisa dilihat saat hari menjelang sore.

Di Anjungan Pantai Losari waktu itu masih terdapat dermaga ponton di atas laut, yang menjadi tempat bagi para pengunjung untuk naik ke atas perahu-perahu angsa yang disewakan kepada pejalan untuk menikmati pemandangan Pantai Losari dari arah laut, atau untuk mengunjungi Pulau Lae-lae yang cantik. Kini pemandangan di Pantai Losari Makassar tampaknya sudah jauh berubah, dengan adanya proyek reklamasi yang membuat lanskap di sana berubah total.

pantai losari makassar

Kami melewati sebuah yacht tengah membuang jangkar di laut antara Pantai Losari Makassar dan Pulau Lae-lae. Jika tidak digunakan untuk memancing ikan di laut lepas, yacht mungkin dipakai untuk pergi ke Pulau Samalona atau entah pulau apa lagi yang memberi privasi buat pemilik atau penyewanya.

Sebagian kota Makassar dengan Tugu Pahlawan di tengahnya saat itu masih terlihat dari perahu angsa bermotor yang membelah air laut di Pantai Losari yang cukup tenang. Tugu Pahlawan, yang tentunya dibuat untuk menghormati jasa para pahlawan bangsa, namun biasanya tak lama kemudian akan menjadi bagian keseharian, untuk lalu dilupakan. Sebagian besar kita juga mungkin tidak ingat kapan terakhir kalinya kita berkunjung ke sebuah Taman Makam Pahlawan.

Di atas perahu kami juga bisa melihat Pulau Kayangan yang saat itu telah jauh lebih berkembang ketimbang Pulau Lae-lae. Pulau ini bisa terlihat dikejauhan di sebelah kanan Pantai Losari. Untuk menuju ke Pulau Kayangan, Pulau Kapoposan dan Pulau Kodingarengkeke ada sebuah dermaga yang lokasinya berada di seberang Fort Rotterdam, tempat saya menikmati senja setelah dari Pantai Losari.

Saat masih berada di atas perahu angsa, kami bisa melihat tepian pantai di sisi sebelah kanan Pantai Losari Makassar yang menjadi tempat bagi kapal-kapal barang berukuran sedang untuk berlabuh, dengan kontainer terlihat berjajar di tepian dermaga.

Adanya Anjungan Pantai LosariMakassar membuat suasana di Pantai Losari menjadi lebih hidup, ditambah lagi dengan adanya pertunjukan dan kegiatan yang menghibur pengunjung. Kegiatan yang menjadikan Pantai Losari menjadi lebih hidup dan berwarna. Pantai Losari tampaknya kini sudah jauh berubah menjadi jauh lebih baik, apalagi setelah proyek reklamasi Citraland selesai dikerjakan.

Pantai Losari Makassar

Alamat : Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi GPS: -5.1435104, 119.4077933, Waze.

Galeri Foto Pantai Losari

Sebagian kota Makassar dengan Tugu Pahlawan di tengahnya, diambil dari perahu angsa bermotor yang membelah air laut di Pantai Losari yang cukup tenang.

pantai losari makassar

Penampakan Pulau Kayangan yang saat itu telah jauh lebih berkembang ketimbang Pulau Lae-lae. Pulau ini bisa terlihat dikejauhan di sebelah kanan Pantai Losari. Untuk menuju ke Pulau Kayangan, Pulau Kapoposan dan Pulau Kodingarengkeke ada sebuah dermaga yang lokasinya berada di seberang Fort Rotterdam, tempat saya menikmati senja setelah dari Pantai Losari.

pantai losari makassar

Pulau Kayangan yang letaknya juga tak begitu jauh dari Makassar, sekitar 15 menit perjalanan. Untuk menuju ke Pulau Kayangan dan Pulau Samalona ada sebuah dermaga yang lokasinya berada di seberang Fort Rotterdam, tempat saya menikmati senja setelah dari Pantai Losari.

pantai losari makassar

Tepian pantai di sisi sebelah kanan Pantai Losari tempat kapal-kapal barang berlabuh, dengan kontainer terlihat berjajar di tepian dermaga.

pantai losari makassar

Pemandangan seperti ini sekarang sudah tak bisa dinikmati lagi oleh pengunjung oleh karena sebagian besar air laut yang terlihat pada foto sekarang telah berubah menjadi daratan, dengan adanya proyek reklamasi yang dilakukan oleh kelompok Citraland yang diameter areanya mencapai sekitar 1 km.

pantai losari makassar

Pandangan pada gedung yang berada di seberang Anjungan Pantai Losari, yang sepertinya adalah Gedung Rumah Sakit Stella Maris.

pantai losari makassar

Pemandangan pada area anjungan Pantai Losari saat kami mendekati dermaga setelah berkunjung Pulau Lae-lae, dengan permukaan air laut yang relatif tenang.

pantai losari makassar

Susana di Pantai Losari masih ramai, dan kerumunan orang terlihat di sekitar tangga yang menghubungkan anjungan dengan dermaga ponton. Mungkin mereka tengah menunggu perahu angsa. Panggung sebuah acara tampak terlihat di sana yang saat itu baru akan dimulai.

pantai losari makassar

Penampakan pada Tugu Pahlawan di kota Makassar pada jarak yang lebih dekat, dilihat dari laut Makassar. Jika saja terus tumbuh gedung jangkung di Kota Makassar, tugu yang tak begitu tinggi itu suatu saat nanti bisa tenggelam tertutup beton lainnya.

pantai losari makassar

Karena jarak yang cukup tinggi antara anjungan dengan permukaan air laut, terutama ketika sedang surut, dermaga ponton menjadi pilihan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang ke dan dari perahu wisata.

pantai losari makassar

Tak sebagaimana Pulau Lae-lae yang memiliki pantai landai dengan pasir putih, meski perlu dibersihkan dan dirapikan, Pantai Losari hanya memiliki anjungan dan dermaga beton.

pantai losari makassar

Sudah cukup lama saya tak berkunjung ke Pantai Losari, pemandangan perahu angsa dan dermaga ponton di depan pantai ini mungkin sekarang sudah berubah. Pantai Losari mestinya juga semakin cantik dan memikat.

pantai losari makassar

Info Makassar

Hotel di Makassar, Tempat Wisata di Makassar, Peta Wisata Makassar.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.