Konversi Opus ke MP3 Gratis Mac

July 30, 2018
aroengbinang.com - Tulisan ini mencatat dan berbagi cara konversi Opus ke MP3 Gratis Mac yang kapan-kapan bisa bermanfaat jika sedang memerlukannya. Format Opus biasanya diperoleh dari rekaman audio ponsel sendiri atau file-nya dikirim oleh teman via WA, yang tidak bisa dimainkan dengan player mp3 atau AAC standard di Mac.

Opus adalah format pengkodean audio yang dikembangkan Yayasan Xiph.Org dan distandardisasi oleh Internet Engineering Task Force, dirancang untuk secara efisien mengkodekan ucapan dan audio umum lainnya dalam satu format. Opus menggantikan Vorbis dan Speex dan digunakan di ponsel Android.

Beberapa tes blind listening menunjukkan bahwa Opus memiliki peringkat lebih tinggi daripada format audio standar lainnya pada bitrate tertentu, termasuk jika dibandingkan dengan MP3, AAC, dan HE-AAC. Kelemahannya adalah format ini tidak didukung oleh iTunes dan perangkat standard lainnya, sehingga perlu dikonversi menjadi MP3 atau format lainnya.

konversi opus ke mp33 gratis mac
Salah satu cara konversi Opus ke MP3 dengan freeware di Mac adalah menggunakan MediaHuman Audio Converter, sebuah aplikasi freeware untuk Mac OS X dan Windows, yang bisa diunduh di sini. Freeware ini membantu Anda untuk mengkonversi Opus secara gratis ke format MP3, AAC, WMA, WAV, FLAC, OGG, AIFF dan beberapa format lainnya.

Setelah diunduh, klik instalasi file-nya. Anda mungkin perlu mengubah setting Security untuk bisa menginstall sumber tak dikenal serta memasukkan password Mac Anda. Setelah instalasi, seret ikon ke folder Application. Selanjutnya klik ikon MediaHuman Audio Converter di folder Application untuk membukanya.

Untuk mengkonversi format Opus ke MP3, Anda tinggal drag & drop file-nya ke MediaHuman Audio Converter, namun sebelumnya Anda perlu setting folder tempat menyimpan file output konversinya, dan format audio yang dikehendaki.

Untuk setting MediaHuman Audio Converter
  1. klik ikon obeng pada menu
  2. klik 'Output'
  3. Pada pilihan drop-down 'Output format', pilih MP3. Pilihan drop-down di sebelahnya, pilih 'stereo, 44100Hz, 128kbps' yaitu format yang lazim dipakai, terutama jika hendak digunakan untuk radio streaming.
  4. Contreng 'Convert to source folder' jika file audio outputnya ingin di simpan di folder yang sama dengan file aslinya, atau klik tanda titik tiga buah (...) di sebelah kanan untuk browse ke folder yang dikehendaki. Klik 'Close' setelah selesai.

Setelah drag & drop Opus audio ke MediaHuman Audio Converter, Anda tinggal double click icon audio yang baru saja Anda letakkan, dan proses konversi audio akan segera berjalan dan selesai dalam sekejap.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...