Air Terjun Bantimurung Maros

Air Terjun Bantimurung Maros berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan, sebuah nama yang asing di telinga sampai seorang teman menyarankan agar saya pergi ke sana untuk melihat penangkaran kupu-kupu. Perjalanan dari Makassar ke Bantimurung cukup lama, lebih dari satu jam, saat lalu lintas lancar.

Persawahan sangat luas kami lihat setiba di Maros, dengan saluran air yang cukup besar sejajar jalan. Kami berhenti di pinggir jalan sebelum sampai di Taman Nasional Bantimurung untuk sejenak menikmati pemandangan hampar bulir padi menguning di persawahan. Maros tampaknya merupakan salah satu lumbung padi di kawasan Sulawesi Selatan.

Kami juga sempat berhenti di jalan ketika melihat perbukitan kapur Bantimurung yang tinggi memanjang, dengan nama Taman Nasional Bantimurung berukuran besar terpahat pada dindingnya terlihat di latar belakang. Di bawahnya terdapat masjid yang terlihat cukup besar. Jika sudah melihat tanda ini, maka Air Terjun Bantimurung sudah dekat.

air terjun bantimurung maros

Pada percabangan ke Air Terjun Bantimurung, kami disambut dengan gapura dimana terdapat patung kupu-kupu dan monyet dalam ukuran sangat besar. Keduanya adalah merupakan ikon penting Taman Nasional Bantimurung dimana air terjun berada. Sayang, tidak banyak kupu-kupu terbang sore hari itu. Memang waktu terbaik melihatnya adalah pagi hari.

Pemandangan di Bantimurung sungguh cantik, dengan bukit kapur raksasa yang mendominasi pemandangan, mengelilingi Taman Nasional Bantimurung. Dinding bukit kapur itu memiliki kemiringan curam, seperti teronggok begitu saja tanpa ada bidang landai sama sekali. Sebuah mahakarya instalasi yang diatur dengan sangat cantik di sebuah tanah luas yang datar.

Di dalam kawasan Air Terjun Bantimurung ada struktur batu karang kapur yang sangat unik, dengan stalaktit yang menggantung di sejumlah titik. Ada pula ceruk cukup dalam di bawah bukit kapur raksasa itu, yang bisa digunakan berteduh dari hujan dan matahari, dan menjadi tempat penyimpanan ban-ban untuk berenang di sungai di bawah air terjun.

air terjun bantimurung maros

Beberapa anak muda tampak tengah menikmati suasana di bebatuan di bawah Air Terjun Bantimurung Maros. Bukan hanya anak muda yang senang bermain di sini, anak kecil pun bisa main luncuran dengan menaiki ban karet berukuran besar. Tersedia cukup banyak ban karet di sekitar air terjun yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bermain.

Selama beberapa saat kami sempat mampir ke museum kupu-kupu di dalam kompleks air terjun, yang koleksinya kebanyakan sudah mulai menua, dengan bangunan serta tempat penyimpanan koleksi yang terlihat agak kurang terawat. Semoga saja keadaannya sekarang sudah jauh membaik.

Di sisi sebelah kiri Air Terjun Bantimurung Maros ini terdapat undakan beton yang merupakan akses menuju ke Gua Mimpi Bantimurung. Suasana di dasar Air Terjun Bantimurung yang elok sempat saya ambil dari undakan itu. Nama Bantimurung, yang secara harafiah berarti gemuruh suara air, konon diberikan oleh Karaeng Simbang, penguasa Kerajaan Simbang yang wilayahnya ada diantara Kerajaan Bone dan Gowa.

air terjun bantimurung maros

Air Terjun Bantimurung Maros memiliki lintasan air berupa batuan lebar, bergelombang panjang, dengan permukaan halus dan indah, tempat dimana sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu selain melihat kupu-kupu dan mencari monyet. Berbeda dengan kebanyakan air terjun, pengunjung tidak perlu turun ke lembah untuk bisa melihatnya.

Lantaran bentuk rambatannya, Air Terjun Bantimurung yang tingginya tak kurang dari 30 meter ini tidak menciptakan palung besar di bawahnya. Selain karena dasar air terjun berupa batuan keras yang luas dan panjang, juga karena kontur landai batuan yang menjadi rambatan air terjunnya mampu secara efektif mengurangi daya hantam air saat jatuh ke bawah.

Karena itulah dasar Air Terjun Bantimurung Maros menjadi tempat aman yang sangat digemari para pengunjung untuk merasakan pijatan air terjun yang sejuk dan jernih. Mereka bisa duduk-duduk sambil bercanda dengan teman di sepanjang bebatuan yang lumayan nyaman ditengah deru suara air terjun. Ada pula terlihat ibu muda dengan putera kecilnya.

Air Terjun Bantimurung yang berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung ini berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tak begitu lama waktu tempuhnya jika lalu lintasnya lancar. Air terjun ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda punya waktu luang saat sedang berada di Kota Makassar.


Air Terjun Bantimurung Maros

Taman Nasional Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. Lokasi GPS: -5.0156113, 119.6818623, Waze. Tempat Wisata di Maros, Hotel di Makassar, Tempat Wisata di Makassar, Peta Wisata Makassar.
: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑