Aceh, Banda Aceh, Makam

Makam Syiah Kuala Banda Aceh

Makam Syiah Kuala Banda Aceh berada di tepi Pantai Syiah Kuala, Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Syiah Kuala ada nama lain dari ulama terkemuka yang hidup di jaman Sultan Iskandar Muda di awal abad ke-17 bernama Tengku Abdur Rauf As Singkili. Ia terkenal ahli dalam bidang ilmu hukum keagamaan maupun hukum.

Pada jaman itu, Kerajaan Aceh menjadi pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan yang disegani. Para mahasiswa dan pengajarnya ada yang berasal dari Turki, Iran dan India.

Nama sang ulama telah ditabalkan menjadi nama universitas terbesar dan ternama di Aceh.

Makam Syiah Kuala selamat dari terjangan gelombang Tsunami. Setelah Tsunami, semua nisan di kompleks ini tetap ada di area makam meskipun letaknya tidak beraturan, padahal jarak makam dengan pantai sebelum tsunami hanya 1 km. Saat ini jaraknya tinggal 100 m.

Makam Syiah Kuala Banda Aceh - Alamat : Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Lokasi GPS : 5.592471, 95.327931, Waze. Rujukan : Hotel di Banda Aceh, Tempat Wisata di Banda Aceh, Peta Wisata Banda Aceh


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 04, 2018.