Aceh, Banda Aceh, Makam

Kuburan Massal Ulee Lheue Banda Aceh

Kuburan Massal Ulee Lheue Banda Aceh merupakan Kuburan Massal ribuan korban bencana Tsunami 2004 yang berada di halaman bekas Rumah Sakit Umum Meuraxa yang rusak parah terkena hempasan gelombang laut.Tidak ada nisan di sana, karena sulitnya mengenali korban dan terbatasnya waktu.

Hanya ada tengara lokasi kuburan anak dan kuburan dewasa. Ada pula tengara di pintu gerbang, ditulis dalam bahasa Arab dan Aceh, dikutip dari Al-Anbiya ayat 35, yang berarti "Tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan"

Bangunan bekas rumah sakit masih terlihat, dan sengaja dibiarkan apa adanya untuk mengenang peristiwa dahsyat itu. RSUD Meuraxa kini telah dipindahkan ke kawasan Mibo, Jl Soekarno Hatta, Banda Aceh.

Kuburan Massal Ulee Lheue masih sering dikunjungi oleh para kerabat korban yang merasa bahwa sanak saudara mereka termasuk diantara korban yang dimakamkan di tempat ini.

Kuburan Massal Ulee Lheue Banda Aceh - Alamat : Jalan Pocut Baren Nomor 30, Ulee Lheue, Banda Aceh. Lokasi GPS : 5.511397, 95.365839, Waze. Rujukan : Hotel di Banda Aceh, Tempat Wisata di Banda Aceh, Peta Wisata Banda Aceh


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 04, 2018.