Minahasa, Sonder, Sulawesi Utara, Taman

Taman Wisata Toar Lumimuut Sonder Minahasa Sulawesi Utara

Taman Wisata Toar Lumimuut Sonder Minahasa Sulawesi Utara adalah salah satu tempat wisata berhawa sejuk di wilayah Kecamatan Sonder, Minahasa, yang dikunjungi secara tak sengaja karena melewatinya pada hari terakhir kami berada di Sulawesi Utara pada awal Juli lalu. Kota Kecamatan Sonder ini berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Kota Manado, Sulawesi Utara.

Taman Wisata Toar Lumimuut merupakan sebuah kawasan hutan kota cukup rimbun dan teduh yang di dalamnya disediakan pula kolam renang lengkap dengan luncuran spiralnya, dan wahana wisata air yang menyediakan perahu angsa. Air kolamnya terlihat sangat jernih karena kabarnya berasal langsung dari sumber mata air yang ada di pegunungan.

Selain yang sudah disebutkan di atas, di Taman Wisata Toar Lumimuut Minahasa ini juga terdapat arena memancing serta dan arena untuk Outbound. Kecamatan Sonder, dimana taman wisata ini berada, merupakan salah satu pusat penghasil cengkeh di Sulawesi Utara selain Kecamatan Kombi, keduanya berada di Kabupaten Minahasa.

taman wisata toar lumimuut sonder minahasa sulawesi utara

Pos jaga setengah terbuka yang menjadi tempat pembelian karcis masuk ke Taman Wisata Toar Lumimuut. Waktu itu pengunjung dipungut tiket masuk hanya Rp3.500 untuk orang dewasa, dan Rp3.000 untuk anak-anak. Jika ingin berenang di kolam maka akan dikenakan biaya tambahan Rp4.000 untuk anak-anak dan Rp4.500 untuk orang dewasa.

Untuk Taman Air tiketnya Rp 2.500. Di sebelah kanan terdapat poster yang mempromosikan petualangan outbound yang waktu itu baru disediakan. Di area itu terseda dry crossing dan flying fox. Di atasnya terdapat sejumlah larangan bagi pengunjung, seperti larangan membawa senjata api dan senjata tajam, serta dilarang membawa minuman keras.

Di Taman Wisata Toar Lumimuu ada permainan Water Slide yang dipungut biaya Rp8.000 untuk menggunakannya. Ada pula area untuk pemancingan yang dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Harga-harga ini kemungkinan besar sudah berubah, namun tidak lebih murah tentunya.

taman wisata toar lumimuut sonder minahasa sulawesi utara

Beberapa sepeda air yang berbentuk perahu angsa yang cantik tampak menunggu penumpang di tepi kolam wisata. Di depan perahu angsa itu ada kolam lagi yang di tengahnya terdapat tanaman teratai, dengan air terjun buatan kecil ada di bawah jembatan yang ada di sebelah kanan kolam. Di tepian kolam terdapat sejumlah tanaman perdu beraneka jenis.

Untuk bermain sepeda air ini anak-anak dipungut biaya Rp4.000, sedangkan orang dewasa Rp4.500. Kawasan Taman Wisata Toar Lumimuut diapit oleh Gunung Lokon dan Gunung Soputan, sehingga udara di taman ini terbilang sejuk. Rimbun pepohonan hijau di hutan wisata terlihat di latar belakang dengan area berbukit-bukit yang menyegarkan pandangan mata.

Di sebelah kiri terlihat luncuran spiral dan lurus yang ada di kolam renang. Air sejuk jernih merupakan salah satu daya tarik Taman Wisata Toar Lumimuut, karena berasal dari mata air pegunungan yang bersih. Di latar depan satu keluarga sedang di bawah tempat duduk beratap payung, sebagai tempat menunggu ketika keluarganya tengah berenang.

taman wisata toar lumimuut sonder minahasa sulawesi utara

Sebuah jembatan lengkung melintang di atas air terjun kecil. Di latar belakang terdapat bangunan rumah kayu dimana pengunjung bisa menikmati sauna dengan membayar Rp25.000 atau menggunakan area fitness dengan membayar Rp15.000.

Di pinggiran taman hutan kota terdapat Patung Toar Lumimuut, dan pada tebing rumput terdapat tulisan "Taman Wisata Toar Lumimuut Sonder". Toar dan Lumimuut adalah nenek moyang orang Minahasa. Toar sesungguhnya adalah anak Lumimuut, namun Toar menikahi ibunya karena tak mengenalinya setelah ia kembali dari petualangan yang panjang.

Masyarakat Sonder menggunakan bahasa Tontemboan yang merupakan salah satu bahasa daerah di Minahasa. Kata Sonder berasal dari kata Songkel, sejenis burung yang banyak ditemui di Sonder dahulu kala. Di Kecamatan Sonder terdapat Rumah Sakit Siloam yang berdiri sejak 1901. Selain itu di daerah ini ada Air Terjun Tincep dan Arung Jeram Timbukar.


Taman Wisata Toar Lumimuut Sonder Minahasa

Alamat: Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Lokasi GPS : 1.25503, 124.77838, Waze. Tempat Wisata di Minahasa, Peta Wisata Minahasa, Hotel di Manado.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 26, 2020.