Wisata Bahari Pekalongan

December 17, 2019. Label:
aroengbinang.com - Matahari sudah mulai tinggi ketika masuk gerbang Wisata Bahari Pekalongan di kompleks PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Pekalongan. Gerbang itu berjarak 280 meter dari warung Gulai Kepala Manyung Pak Rozi yang letaknya berseberangan dengan TPI Kota Pekalongan.

Di depan gerbang ada area parkir cukup luas. Area parkir luar Wisata Bahari Pekalongan itu tampaknya disediakan bagi para pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi atau bus pada hari libur nasional, saat kendaraan pribadi mungkin dibatasi untuk masuk ke dalam area.

Di gerbang kami membayar karcis masuk untuk persorangan dan juga mobil, karena hari itu bukan akhir pekan dan bukan hari libur nasional, sehingga pengunjung relatif sepi, dan kami bisa masuk hingga ke bagian dalam kawasan. Area tempat wisata yang bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana itu berbentuk seperti labu, dengan leher kurus dan panjang.

wisata bahari ppn pekalongan

Penampakan gerbang masuk dan gerbang keluar Wisata Bahari Pekalongan, yang nama resminya adalah Wisata Bahari PPN Pekalongan. Selain PPN ada tiga jenis pelabuhan perikanan lainnya, yang kesemuanya berada di bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. Gardu mungilnya terlihat rapi, dengan logo ikan berhidung mancung lucu yang memegang canting batik.

Kawasan pantai yang biasanya panas dengan sinar matahari terik menyengat, terlihat cukup menyenangkan dengan sejumlah pepohonan rimbun yang berada di area belakang gerbang. Tugu di kiri kanan gerbang dihias dengan relief berbagai jenis ikan dan binatang laut lainnya. Di puncak masing-masing tugu ada tiga patung ikan yang berdiri menghadap ke arah berbeda.

Di bagian depan ada area bermain anak, dengan deretan warung di belakangnya. Masuk lagi ada area outbound, dan kolam renang serta MCK, bersebelahan dengan gedung Sea World Mini. Di dekatnya, menjorok ke laut, ada gardu pandang, dimana juga terdapat perahu wisata. Ke dalam lagi ada sejumlah gazebo, dan paling ujung ada mercu suar serta tempat memancing gratis.

wisata bahari ppn pekalongan

Dengan melihat peta Wisata Bahari Pekalongan ini pengunjung bisa dengan mudah melihat seluruh fasilitas yang ada di dalam kawasan plesiran pantai ini. Anak-anak dan orang tuanya tentu mengenal Nemo yang berani dan Dori si pelupa akut di gambar pada sisi sebelah kiri. Sisi sebelah kanan memperlihatkan bentuk kawasan yang menyempit ke arah ujung.

Kami sempat masuk ke dalam gedung dua lantai Sea World Mini di Wisata Bahari Pekalongan, dan melihat ikan Belida (belido, lopis) yang elok. Ikan ini cantik dengan sisik halus dan bulatan hitam besar berpinggir terang pada badannnya. Dulu ia dipakai sebagai bahan utama pempek dan kemplang di Palembang, namun kini diganti tengiri karena harganya yang mahal.

Ada lagi ikan cantik lainnya, seperti Gurame Padang (Osphronemus gouramy) bersisik bule, ikan Koi yang konon membawa keberuntungan (buat penjualnya), dan Aligator (Spotted gar) yang mulutnya menyerupai moncong aligator. Juga ada kura-kura, ikan patin, belut laut, red tail catfish, dan ikan oscar yang berasal dari Sungai Amazone di Amerika Selatan.

Jenis perahu penangkap ikan serta jaringnya sempat kami lihat di lantai 2 gedung akuarium. Jika lantai satu terasa dingin, maka lantai dua lebih panas. Ada miniatur perahu dengan jaring kantong "lampara dasar" berukuran 45x22 m. Lalu miniatur Gillnet Cakalang, jari Purse Seine yang menyerupai kantong, kapal Tuna long line 60 GT, Trammel Net, dan banyak lagi.

Bibir pantai di kawasan Wisata Bahari Pekalongan terlihat rapi dengan tumpukan batu penahan abrasi. Kawasan ini juga menjadi muara Sungai Loji yang melintasi Kota Pekalongan. Sebuah pendopo kecil dengan lantai beton tampak di sebelah kiri. Di luarnya ada kursi-kursi besi yang nyaman untuk menikmati suasana saat matahari sudah turun rendah di barat.

Menikmati pemandangan matahari terbenam di area Wisata Bahari PPN Pekalongan yang luasnya sekitar 1 hektar ini bisa dari Gardu Pandang, dan gazebo di sepanjang bibir pantai di sebelah barat yang diteduhi pepohonan hingga sampai di mercu suar. Di sisi sebelah kanan agak di bagian depan juga ada mercu suar kecil, yang di sekitar area itu juga digunakan sebagai tempat memancing ikan gratis.

Kawasan wisata keluarga ini diresmikan pada 12 Juli 2006 oleh Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan RI waktu itu, ditandai dengan sebuah prasasti yang ditandatanganinya. Meskipun sudah cukup lama berdiri, namun fasilitas yang ada di dalamnya masih cukup baik. Namun jika dikelola lebih baik maka pasti akan jauh lebih elok dan nyaman.

Wisata Bahari Pekalongan

Alamat : Jalan W.R. Supratman No. 1, Komplek PPNP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan), Pekalongan Kota, Jawa Tengah. Telepon 0285-424500, 424740. Lokasi GPS : -6.8579922, 109.6920383, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07.00 - 18.00 hari biasa, 05.00 - 22.00 hari Minggu dan hari libur nasional. Harga tiket masuk : Rp. 2.000, mobil Rp. 2.000. Mini Sea World Rp. 2.250. Wahana edukasi air Rp. 5.000.

Galeri Foto Wisata Bahari

Kami sempat masuk ke dalam gedung dua lantai Sea World Mini di Wisata Bahari Pekalongan ini, dan melihat ikan Belida (belido, lopis) yang elok. Ikan ini cantik dengan sisik halus dan bulatan hitam besar berpinggir terang pada badannnya. Dulu ia dipakai sebagai bahan utama pempek dan kemplang di Palembang, namun kini diganti tengiri karena harganya yang mahal.

wisata bahari ppn pekalongan

Bibir pantai di kawasan Wisata Bahari Pekalongan yang terlihat rapi dengan tumpukan batu penahan abrasi. Kawasan ini juga menjadi muara Sungai Loji yang melintasi Kota Pekalongan. Sebuah pendopo kecil dengan lantai beton tampak di sebelah kiri. Di luarnya ada kursi-kursi besi yang nyaman untuk menikmati suasana saat matahari sudah turun rendah di barat.

wisata bahari ppn pekalongan

Loket pembayaran tiket masuk ke dalam Mini Sea World dengan membayar Rp. 2.250 per orang. Pada kaca ada poster promosi Wahana Edukasi Air yang di dalamnya terdapat kolam renang, dengan tiket masuk Rp. 5.000.

wisata bahari ppn pekalongan

Pandangan pada area bermain anak dengan berbagai alat permainan luar ruang yang biasanya disukai oleh anak-anak hingga remaja. Orang tua bisa menemani anaknya bermain, atau menunggu di dalam warung di dekatnya.

wisata bahari ppn pekalongan

Tandan buah jambe yang sangat banyak isinya. Pohon semacam ini sudah jarang dilihat di perkotaan. Dahulu orang menggunakannya sebagai salah bahan mengunyah sirih. Daunnya yang lebar dan tebal digunakan sebagai mainan anak-anak, diduduki dan ditarik.

wisata bahari ppn pekalongan

Beberapa anak kecil tengah bermain ayunan. Ayunan adalah permainan yang aman, hanya jika digunakan secara wajar. Namun tak jarang ketika digunakan secara sembarangan, ayunan bisa membuat anak cedera, dan bahkan bisa berakibat fatal. Baiknya di bawah ayunan adalah pasir yang lembut.

wisata bahari ppn pekalongan

Di ujung sana adalah gedung pertemuan yang ada di dalam kawasan Wisata Bahari Pekalongan. Sedangkan di sebelah kiri adalah gedung dimana akuarium berada. Belok ke kiri diantara kedua gedung itu akan dijumpai gardu pandang.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan Gurame Padang bersisik bule yang elok, dengan bagian kepala yang terlihat unik, seperti menukik tajam. Ikan bernama Latin Osphronemus gouramy ini asalnya memang dari Padang, Sumatera Barat.

wisata bahari ppn pekalongan

Salah satu ikan gurame Padang bule dengan bagian kepala dan siripnya ada warna kemerahan. Orang tentu setuju bahwa adalah sangat sayang jika ikan gurame yang elok ini dijadikan makanan.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan sejenis karper dan masih berkerabat dengan ikan emas ini berasal dari daratan China, yang tersebar hingga ke Jepang dan Indonesia. Habitat aslinya adalah di sungai air tawar. Koi setidaknya membawa keberuntungan bagi penjualnya, namun belum tentu bagi pemiliknya.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan yang sangat unik ini bernama Aligator (Atractosteus spatula, Spotted gar) dari keluarga Lepisosteidae. Sesuai namanya, ikan yang berasal dari Meksiko dan sebagian negeri di Amerika Selatan ini moncongnya menyerupai aligator, sejenis buaya dengan mulut lebih lebar dan bibir rapi menutupi gigi.

wisata bahari ppn pekalongan

Sudut pandang lain yang memperlihatkan moncong ikan Aligator yang kebanyakan hidup di muara sungai. Rahang atas ikan penyendiri ini sedikit lebih panjang dari rahang bawahnya. Ikan ini juga ditemukan di Panama dan Venezuela.

wisata bahari ppn pekalongan

Sejenis kura-kura dengan cangkang badan bertonjolan membentuk pola tertentu, dan warnanya coklat tua mendekati hitam. Ada sejumlah kura-kura lainnya dengan ukuran tubuh yang beragam.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus) dari keluarga Pangasiidae yang terlihat cantik, karena bentuk lekukan punggung ke arah kepalanya serta warna kulitnya yang bule. Kerabatnya yang hidup di Sungai Mekong bisa mencapai panjang 2 meter lebih.

wisata bahari ppn pekalongan

Belut Laut (Danio rerio, mo ray) dari keluarga Muraenidae merupakan hewan yang hidupnya di laut yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan lingkar tubuh sebesar orang dewasa. Kerabatnya yang hidup di air tawar dikenal dengan nama Sidat. Gigi dan rahangnya sangat kuat, demikian juga ototnya, dan kulitnya juga tebal.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan yang disebut Red Tail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus) ini berasal dari Amerika Selatan, dan panjangnya bisa mencapai 1,3 meter lebih. Meskipun demikian ada yang memeliharanya di akuarium, walau di kolam akan lebih baik.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan Red Tail Catfish ini memiliki kumis menyerupai ikan lele, namun dengan kulit dan sirip lebih cantik. Sirip ekornya umumnya berwarna orange hingga merah, dan merupakan satu-satunya spesies yang ada dari keluarga Phractocephalus.

wisata bahari ppn pekalongan

Ikan cantik ini bernama Oscar (Astronotus ocellatus), berasal dari keluarga Cichlidae dengan habitat aslinya di Sungai Amazone, Panama, Rio-Paraguay, dan Tio-Negro, di Amerika Selatan. Ikan ini mahal karena memerlukan perlakuan agak khusus untuk mengembangbiakannya.

wisata bahari ppn pekalongan

Miniatur kapal dan jaring kantong "lampara dasar" yang ada di lantai dua gedung akuarium. Ukurannya 45x22 meter dengan bentuk konstruksi dua seam, panjang sayap atas 31,5 m, panjang sayap bawah 28,5 m, dan keliling mulut jaring 22 m.

wisata bahari ppn pekalongan

Miniatur Gillnet Cakalang dengan jumlah mata jaring mendasar 874 mata (100 m), jumlah mata jaring melebar 210 mata (24 m), pelampung 23 buah. Jenis ini biasa digunakan di perairan Samudera Indonesia (Cilacap, Bengkulu dan Pelabuhan Ratu).

wisata bahari ppn pekalongan

Purse Seine juga disebut pukat cincin karena dilengkapi cincin dimana tali cincin dilewatkan. Dengan tali cincin atau tali kerut itu jaring kantongnya akan terbentuk pada saat penangkapan ikan dan ikan akan terkumpul di sana dan sulit lari.

wisata bahari ppn pekalongan

Miniatur Tuna Long Line dengan bobot 60 GT (gross ton) dengan panjang keseluruhan 23,4 m, dan mesin berkekuatan 240 tenaga kuda, serta service speed 9 knot.

wisata bahari ppn pekalongan

Miniatur jaring yang ukuran sebenarnya adalah 30x1,5 m. Hasil tangkapan jaring yang menggantikan pukat harimau ini sebagian besar berupa udang, karenanya disebut Jaring Udang. Juga dikenal dengan sebutan Jaring Kantong dan Jaring Gondrong.

wisata bahari ppn pekalongan

Deretan jaring ikan yang biasa digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan. Penataan di lantai dua gedung akuarium ini terkesan sederhana, dan masih perlu sentuhan ahli untuk menjadikannya terlihat lebih elegan.

wisata bahari ppn pekalongan

Sejumlah bubu penangkap ikan yang terbuat dari rotan, diantaranya ada Payang Ampera, serta deretan jaring berbagai jenis. Ada cantrang, lampara dasar, arad, dan trawl dengan bed.

wisata bahari ppn pekalongan

Di sebelah belakang adalah jaring penangkap ikan dengan nama yang unik, Dogol. Di sebelahnya adalah alat jaring penangkap ikan Arad yang dimodofikasi. Dogol merupakan jaring berkantong untuk menampung tangkapan ikan yang hampir menyerupai payang namun lebih kecil.

wisata bahari ppn pekalongan

Gardu pandang yang terlihat seperti mainan anak karena warnanya yang meriah ramai, dan terlihat kecil karena dilihat dari lantai dua gedung akuarium. Di ujung sebelah kiri tampak tangga turun untuk naik ke dalam perahu wisata.

wisata bahari ppn pekalongan

Gardu pandang ini adalah salah satu tempat terbaik di kawasan Wisata Bahari Pekalongan untu melihat panorama saat matahari tenggelam di balik cakrawala, selain di dekat mercu suar yang ada di ujung. Seorang pemancing dengan batang pancingnya tampak berdiri di sebelah sana.

wisata bahari ppn pekalongan

Patung ikan yang mestinya ada air mancur yang memancar, namun entah memang mati atau hanya dihidupkan pada saat akhir pekan. Perahu wisata tampak sandar di tepian air, dan di sebelah sana tiga orang pria terlihat tengah berjalan balik dari ujung tanjung.

wisata bahari ppn pekalongan

Air laut yang terlihat tenang, dengan latar belakang perumahan cukup padat di pinggiran pantai. Meskipun airnya terlihat tenang, namun buih ombak yang pecah di ujung sana menunjukkan adanya gelombang laut yang mengalun menghantam bibir pantai.

wisata bahari ppn pekalongan

Rupanya bukan hanya satu, tetapi dua pemancing ada di dermaga gardu pandang ini, dengan seorang lagi menemaninya. Tempat ini memang lebih enak ketimbang di dekat mercu suar ketika matahari masih garang. Namun di dekat mercu suar pemandngannya lebih lepas.

wisata bahari ppn pekalongan

Kondisi dermaga gardu pandang ini terlihat masih cukup baik, dan tampak belum lama dilakukan pengecatan ulang, sehingga cantik dilihat dari atas. Cukup banyak orang bisa ditampung di atas dermaga kayu ini.

wisata bahari ppn pekalongan

Di ujung sana adalah mercu suar yang menjadi pemandu nelayan saat hendak merapat ke Tempat Pelelangan Ikan. Sejumlah gazebo tampak berderet di dekat bibir pantai. Perlu penanaman cemara udang lebih banyak lagi agar suasana di sana itu teras lebih sejuk dan hijau.

wisata bahari ppn pekalongan

Tugu prasasti peresmian Wisata Bahari PPN Pekalongan yang diresmikan pada 12 Juli 2006 oleh Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan RI waktu itu. Prasasti ini sudah tamak menua dan perlu perawatan.

wisata bahari ppn pekalongan

Sebuah perahu wisata dengan bendera Merah Putih berkibar di ujungnya tampak tengah sandar di ujung dermaga bambu yang sederhana. Dengan bantuan seorang arsitek atau insinyur sipil, dari bahan yang sama dermaga ini bisa terlihat jauh lebih berkelas.

wisata bahari ppn pekalongan

Penampakan dari gedung akuarium dimana disimpan sejumlah koleksi ikan air tawar yang unik dan elok, serta miniatur kapal serta jaring yang banyak digunakan oleh nelayan, terutama di panti utara Pulau Jawa.

wisata bahari ppn pekalongan

Seorang pria yang sudah mulai sepuh tampak berjalan mendekati dermaga bambu untuk menuju ke perahunya. Sementara di belakang sana dua orang pria tampak berada di perahu yang mengambang di muara Sungai Loji.

wisata bahari ppn pekalongan

Wied di salah satu gazebo yang tampak di sebelah kanan. Persoalan perawatan fasilitas di area umum dan kesembronoan orang yang memakainya, membuat gazebo ini dibuat dari beton kaku, yang mengurangi keindahannya. Namun demikian suasana di tempat ini cukup teduh dengan adanya pepohonan yang banyak.

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

wisata bahari ppn pekalongan

Info Pekalongan

Hotel di Pekalongan, Tempat Wisata di Pekalongan, Peta Wisata Pekalongan.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.