Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Setelah sempat bertanya beberapa kali akhirnya kami bisa menemukan lokasi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Sebenarnya jalanan di Gantung tidaklah terlalu ruwet, namun tetap saja agak membingungkan bagi saya yang baru sekali datang ke kota di sisi Timur Pulau Belitung ini.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur yang saya kunjungi ini merupakan lokasi baru. Bangunan kayunya dipindahkan dari halaman SD Negeri 9 Selingsing, yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi. Bangunan aslinya sendiri sudah tidak ada bekasnya. Untuk ke lokasi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, mobil belok kanan di ujung perkampungan di Gantung, masuk jalanan tak beraspal dan lalu belok kiri menyusur tepian danau.

Berhenti di tepian danau, Replika SD Laskar Pelangi terlihat bertengger di atas bukit bertanah putih, mengingatkan saya pada warna putih tanah di Danau Kaolin. Selain menjadi buku terlaris sepanjang masa, novel Laskar Pelangi juga diterjemahkan dan diterbitkan di sedikitnya 20 negara di empat benua.

replika sd muhammadiyah laskar pelangi belitung timur
Di atas bukit itu berdiri Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Nama SD Muhammadiyah Laskar Pelangi bukan hanya dikenal berjuta orang lewat novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata, namun telah pula dilihat sedikitnya 2,7 juta orang lewat Film arahan sutradara Riri Riza yang diputar di bioskop seluruh Indonesia pada 2008.

Melangkah mendekati bangunan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, terlihat jelas bahwa bangunan mirip gubug itu sudah doyong, dan harus disangga kayu agar tidak roboh. Sayangnya, sekolah menyerupai gubug masih banyak di pelosok di negeri ini, sementara anggaran negara banyak yang dibakar habis untuk subsidi BBM bagi orang mampu.

replika sd muhammadiyah laskar pelangi belitung timur
Memunggungi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, terlihat sebuah danau yang tampaknya masih belum lagi dikembangkan sebagai sebuah sarana rekreasi. Hanya rumput liar, semak dan pepohonan tanggung di sekitar danau yang terlihat di sana.

Di SD Muhammadiyah Gantung ini dulu belajar 10 anak kampung miskin, yang disebut Laskar Pelangi oleh Ibu Mus, guru pendamping mereka sampai kelas 3 SMP. Mereka adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek alias Samson, Trapani, dan Harun. Belakangan ada Flo, satu-satunya anak orang kaya di sekolah itu.

replika sd muhammadiyah laskar pelangi belitung timur
Melangkahkan kaki ke ujung kanan area Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, terdapat sepotong tembok dan gapura terbuat dari tiga potong batang kayu gelondongan kecil. SD Muhammadiyah Gantung yang asli kini telah digantikan bangunan sekolah yang permanen dengan dinding terbuat dari tembok bata yang disemen.

Kisah Laskar Pelangi juga dibuat drama musikal yang dipentaskan di Taman Ismail Marzuki melibatkan 150 pemain dan beberapa pemain inti, disutradarai oleh Riri Riza. Musik & Komposer ditangani Erwin Gutawa, Naskah & Lirik Lagu dikerjakan Mira Lesmana, Jay Subyakto sebagai Pengarah Desain Artistik, dan Koreografi oleh Hartati.

replika sd muhammadiyah laskar pelangi belitung timur
Pemandangan dari teras Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dengan sebuah kursi tergeletak kesepian sendirian, dan sumur di ujung sana, serta memperlihatkan halaman luas di depan bawah sana tempat kendaraan diparkir. Di salah satu ruanga kelas Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi hanya tersisa meja dan beberapa kursi. Dua lubang besar ada pada atap seng, yang akan mengirim berember air ke dalam kelas ketika hujan turun.

Ruangan kelas di sebelahnya nyaris melompong, hanya ada sebuah kursi bobrok, meja kecil di sudut, dan bilah papan. Di ujung sebelah kanan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terdapat sebuah replika sumur, dan di ujung kanan bangunan ini adalah ruangan yang dulu digunakan oelh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah yang bernama Pak Harfan. Ia adalah seorang guru yang digambarkan memili sifat sangat baik hati dan penyabar menghadapi persoalan.

Pada listplang bangunan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terdapat papan nama dari kayu berbunyi "SD Laskar Pelangi" berlatar anak-anak Laskar Pelangi tengah duduk di tepian pantai saat matahari terbenam, dan di sebelah kanan papan berbunyi "SD Muhammadiyah Gantong". Peresmian Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di tempat yang baru ini dilakukan pada 27 November 2010, sebagai bagian Festival Laskar Pelangi, sebuah acara yang digagas Andrea Hirata dan berlangsung selama bulan November tahun itu.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

Alamat : Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Lokasi GPS : -2.96345, 108.15299, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : sepanjang waktu. Harga tiket masuk : gratis. Rujukan : Tempat Wisata di Belitung Timur, Peta Wisata Belitung, Hotel di Belitung Timur, Hotel di Belitung.

Share ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email, Subscribe. . Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas