Kolam Cibulan Kuningan

June 27, 2019. Label:
aroengbinang.com -
Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke Kolam Cibulan Kuningan yang berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Kolam Cibulan yang terkenal karena Ikan Kancra Bodas (Cyprinus carpico) ini lokasinya berada sekitar tujuh kilometer dari Kota Kuningan, atau sekitar 20 kilometer dari pintu tol keluar Cirebon, 200 meter dari tepi jalan raya Cirebon - Kuningan.

Kolam Cibulan memang tidak bisa lepas dari Ikan Kancra Bodas, yang juga dikenal dengan sebutan Ikan Dewa. Ikan di kolam dikeramatkan oleh masyarakat, sehingga tidak ada yang berani mengambilnya karena takut mendapat musibah. Kolam Cibulan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh R.A.A. Mohamand Achmad, Bupati Kuningan saat itu.

Di sudut kanan pemandian kolam terdapat tujuh mata air yang dikenal dengan nama Tujuh Sumur. Ketujuh mata air itu mengelilingi sebuah tempat yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi. Bagi yang ingin berenang tersedia kamar ganti di samping kolam kedua yang berukuran 35x15 m dan berkedalaman 2 meter.

kolam cibulan kuningan
Tempat parkir Kolam Cibulan ini cukup luas, dengan deretan warung makan di sisi kanannya, serta kios-kios cindera mata dan benda-benda dapur serta keperluan rumah tangga lainnya berderet di samping sebelah kiri pintu masuk Kolam Cibulan.

Kolam pemandian air dingin utama di Kolam Cibulan Kuningan berukuran 45x15 meter, berada tepat setelah pintu masuk. Airnya jernih dengan tali pemisah antara kolam dangkal berkedalaman 60 cm dengan bagian yang berkedalaman 120 cm. Ikan Kancra Bodas di kolam ini jumahnya tidak terlalu banyak.

Sekumpulan Ikan Kancra Bodas lainnya di Kolam Cibulan Kuningan tampak berenang-renang di dalam air yang sangat bening dan bersih. Jumlah ikan konon tidak pernah bertambah, atau berkurang, meskipun tidak ada yang tahu persis berapa jumlah seluruhnya yang ada di kolam ini.

Di kios yang ada di sebelah kiri dan kanan kolam terbesar di Kolam Cibulan Kuningan pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang. Orang tua bisa duduk-duduk mengawasi sambil menikmati pemandangan Kolam Cibulan seraya mencicipi makanan dan jajanan setempat. Di ujung sana ada menara untuk flying fox, dan papan loncat ke kolam renang.

Beberapa Ikan Kancra Bodas di kolam ini terlihat cukup jinak dan sangat berani mendekati pengunjung yang bergerombol. Bahkan ada ikan berukuran cukup besar yang bisa diangkat oleh pengunjung dari dalam kolam selama beberapa saat sebelum dikembalikan kembali ke dalam kolam.

Sempat terlihat seekor Ikan Kancra Bodas besar, yang panjangnya mungkin mencapai sekitar 1 meter. Di kolam kedua sebelah kanan beberapa pengunjung bergerombol berdesakan di tepian kolam untuk melihat ikan Kancra Bodas yang mendekat ketika diberi makan ikan kecil.

Selain mencebur ke dalam kolam dengan air yang sangat jernih dan segar, terlihat pula ayunan yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk hiburan jika tak berminat untuk mencelup ke dalam air. Adanya petugas yang rajin menyapu, membuat area Kolam Cibulan ini terjaga kebersihannya.

Ikan-ikan kecil ini bisa dibeli pengunjung seharga Rp.5000 per ikat, untuk dilemparkan ke kolam, mengundang Ikan Kancra Bodas untuk datang mendekat. Air di kolam selain jernih juga melimpah meskipun pada musim kemarau panjang. Kolam Cibulan kabarnya dikuras paling sedikit sekali dalam dua minggu untuk tetap menjaga kebersihannya.

Mengunjungi Kolam Cibulan Kuningan sungguh menenangkan dan menyegarkan hati, dengan melihat kilau air yang jernih, memandangi ikan-ikan Kancra Bodas yang berlalu lalang tanpa henti dan kadang berdesakan berebut makanan, serta berjalan-jalan di bawah keteduhan pohon-pohon besar yang mengelilingi tempat ini.

Kolam Cibulan Kuningan

Alamat : Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Lokasi GPS : -6.9104455, 108.4865651, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Kolam Cibulan

Di kios yang ada di sebelah kiri dan kanan kolam terbesar di Kolam Cibulan Kuningan pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang. Orang tua bisa duduk-duduk mengawasi sambil menikmati pemandangan Kolam Cibulan seraya mencicipi makanan dan jajanan setempat. Di ujung sana ada menara untuk flying fox, dan papan loncat ke kolam renang.

kolam cibulan kuningan

Sekumpulan Ikan Kancra Bodas di Kolam Cibulan tampak berenang-renang di dalam air yang sangat jernih. Jumlah ikan konon tidak pernah bertambah, atau berkurang, meskipun tidak ada yang tahu persis berapa jumlah seluruh Ikan Kancra Bodas yang ada di Kolam Cibulan ini.

kolam cibulan kuningan

Berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat setempat bisa ditemui di toko suvenir dan perlengkapan rumah tangga ini. Ada yang terbuat dari bambu, kayu, batu, daun pandan, dan bahan lainnya. Bola juga dijual di sini yang bisa dipakai untuk bermain di dalam kolam.

kolam cibulan kuningan

Mustaka atau kemuncak berbentuk menyerupai guci namun bagian atasnya tertutup dengan ornamen dedaunan di badannya yang berada di puncak bangunan di dalam kompleks Kolam Cibulan, dekat sebuah pohon yang sangat besar.

kolam cibulan kuningan

Seorang anak tengah bermain di kolam dangkal dengan dasar dicat bentuk bintang. Di sebelahnya adalah kolam dalam yang dihuni lebih banyak Ikan Kancra Bodas dan tak terlihat ada orang berenang di sana. Pohon besar di sebelah kanan memberi hawa tersendiri bagi Kolam Cibulan ini.

kolam cibulan kuningan

Pemandangan kolam utama di Kolam Cibulan yang berbentuk segi empat dan terbagi menjadi kolam dangkal dan kolam dalam. Di ujung sana adalah kolam kedua yang di pinggirannya terdapat kamar-kamar ganti. Jika senang air pasti akan terjun ke kolam yang airnya sangat jernih ini.

kolam cibulan kuningan

Air kolam bergerak bergelombang terus menerus ketika ikan-ikan Kancar Bodas berukuran besar ini berenang saling silang di Kolam Cibulan yang dasarnya bisa terlihat dengan sangat jelas ini.

kolam cibulan kuningan

Ikan Kancra Bodas di Kolam Cibulan ini sungguh merupakan kumpulan ikan yang sangat beruntung. Kehidupan mereka sama sekali tidak diganggu oleh manusia. Makanan mereka pun tercukupi, baik diberikan oleh pengelola maupun pungunjung yang ingin melihat mereka dari jarak dekat.

kolam cibulan kuningan

Agak jauh di kolam sebelah sana terlihat bayang-bayang ikan yang berwarna lebih muda dan putih, sementara ada satu ikan yang warnanya lebih tua dan gelap. Selain karena sumber air beningnya yang keluar tak pernah kering, Kolam Cibulan juga dikuras secara teratur sehingga kebersihan dan kejernihannya terjaga.

kolam cibulan kuningan

Seekor Ikan Kancra Bodas berukuran besar di Kolam Cibulan, yang panjangnya mungkin mendekati 1 meter. Sisiknya terlihat elok dengan bentuk tubuh yang panjang. Ikan-ikan di sini tampak bersih dan elegan, tanda bahwa kehidupan mereka memang enak dan terjaga.

kolam cibulan kuningan

Seorang pengunjung berhasil mengangkat seekor Ikan Kancra dari dalam Kolam Cibulan, menahannya sebentar sebelum dilepas kembali ke kolam. Ikan-ikan Kancra ini memang tampak tidak takut pada pengunjung, karena banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya, dan mereka tidak pernah mengalami hal yang buruk dari manusia.

kolam cibulan kuningan

Air bergolak ketika Ikan-ikan Kancra datang ke tepi kolam untuk berebut ikan kecil yang diikat di ujung tali yang dicelupkan ke dalam kolam oleh dua orang pengunjung. Ini merupakan atraksi yang menarik bagi pengunjung, meski harus merogoh kantong untuk membeli ikan yang ditenteng penjual di sekitar kolam.

kolam cibulan kuningan

Orang-orang bergerombol di tepi kolam dan terlihat gembira melihat begitu banyaknya ikan kancra yang besar-besar berkumpul datang ke tepi kolam untuk berebut ikan kecil yang diumpankan. Saking banyaknya ikan itu menjadi sangat mudah bagi pengunjung untuk memegang dan mengangkatnya dari dalam air.

kolam cibulan kuningan

Seekor Ikan Kancra berukuran besar bahkan sampai hampir naik ke tepian kolam ketika berebut makanan berupa ikan kecil. Bisa jadi ia didorong ke atas oleh ikan-ikan lainnya, atau memang ikan itu sama sekali tidak takut untuk bercengkerama dengan pengunjung.

kolam cibulan kuningan

Siapa yang tak senang bisa begitu dekat bermain dengan Ikan Kancra yang besar-besar itu, bisa menyentuh dan mengangkatnya pula. Hanya harus hati-hati agar jangan sampai saking asiknya dan lalu tercebur ke dalam kolam. Bisa repot.

kolam cibulan kuningan

Menara untuk permainan flying fox yang berada di ujung sebelah kiri area Kolam Cibulan. Namun selama saya berada di dalam kompleks Kolam Cibulan tak saya lihat ada kegiatan orang menggunakan permainan ini.

kolam cibulan kuningan

Ikan-ikan kecil ini bisa dibeli pengunjung Kolam Cibulan seharga Rp.5000 per ikat, untuk dilemparkan ke kolam, mengundang Ikan Kancra Bodas untuk datang mendekat.

kolam cibulan kuningan

Seorang anak tengah meloncat ke dalam air sementara temannya memperhatikan dengan bergantung pada besi lengkung untuk naik dari dalam kolam. Pintu-pintu warna biru yang bernomor adalah kamar-kamar ganti.

kolam cibulan kuningan

Sementara temannya masih memperhatikan dari tepian kolam, kepala anak yang meloncat sudah tercebur ke dalam kolam dan memuncratkan air ke atas permukaan kolam. Cukup menghibur melihat mereka silih berganti meloncat ke dalam air.

kolam cibulan kuningan

Seorang remaja putri tertawa gembira dengan muncratan air kolam di depannya karena kayuhan kaki temannya yang berenang, sementara di sebelahnya seorang remaja lain tampak kedinginan ketika bercakap-cakap dengan temannya sambil menangkupkan tangan.

kolam cibulan kuningan

Bermain air bersama teman bisa menjadi hiburan yang menyenangkan, apalagi di kolam yang airnya sangat jernih serta dangkal. Rombongan anak perempuan remaja ini jumlahnya cukup banyak yang tengah bermain di dalam Kolam Cibulan.

kolam cibulan kuningan

Tak tampak ada anak yang tengah bermain dengan ikan ketika berendam di kolam Cibulan yang dangkal ini. Ikan-Ikan Kancra itu tampaknya lebih senang berada di kolam yang lebih dalam sehingga tak ada yang berenang-renang di dekat anak-anak itu.

kolam cibulan kuningan

Pemandangan ke arah ujung kiri area Kolam Cibulan dimana terdapat menara Flying Fox. Di kaki menara terdapat dek dimana anak-anak bisa meloncat dari sana untuk terjun ke dalam air kolam.

kolam cibulan kuningan

Tali-tali flying fox berwarna hijau itu sebenarnya telah terpasang dan mungkin siap untuk digunakan. Di atas menara sana juga tampak ada orang yang tengah duduk. Jika saja ada satu dua orang yang menggunakannya, mungkin akan menarik orang lain untuk mencoba.

kolam cibulan kuningan

Selain mencebur ke dalam kolam, terlihat pula ayunan yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk hiburan jika tak berminat untuk mencelup ke dalam air. Adanya petugas yang rajin menyapu, membuat area Kolam Cibulan ini terjaga kebersihannya.

kolam cibulan kuningan

Mungkin memang di area kolam dangkal yang di sebelah sini diperuntukkan buat wanita, karena tak terlihat ada anak laki-laki yang bermain di sana. Kolam untuk laki sepertinya yang dekat ruang-ruang ganti itu.

kolam cibulan kuningan

Air Kolam Cibulan yang bening dan gerombolan ikan Kancra Bodas yang tengah berebut posisi terbaik untuk bisa mendapatkan derma makanan lezat dari para pengunjung.

kolam cibulan kuningan

Kecipak dan pusaran air Kolam Cibulan yang cukup besar dan berketerusan menjadi tanda pergerakan hebat ikan-ikan Kancra Bodas di dekat dengan permukaan air. Tak ingat benar apakah di sana ada waktu khusus yang dijadwalkan oleh pengelola untuk memberi makan ikan-ikan itu.

kolam cibulan kuningan

Ikan yang diikat pada seutas tali kecil tanpa kail memang menjadi mainan menyenangkan tidak bagi anak-anak namun justru bagi orang dewasa untuk menarik perhatian ikan-ikan Kancra Bodas untuk mendekat.

kolam cibulan kuningan

Cukup dua atau tiga orang memegang tali dengan ikan di ujungnya dan serombongan temannya bisa ikut menikmati tontonan gerombolan ikan Kancra Bodas yang cukup menghibur itu.

kolam cibulan kuningan

Sirip-sirip ikan Kancra Bodas muncul di atas permukaan air, menandakan ukuran ikan yang berlalu lalang di kolam itu sudah cukup besar.

kolam cibulan kuningan

Saling sundul gerombolan ikan itu membuat ikan yang berada paling atas sesekali keluar ke permukaan air kolam dan mudah dipegang oleh pengunjung.

kolam cibulan kuningan

Tina dengan latar kios penjual cindera mata, sesaat setelah kami keluar dari arena Kolam Cibulan yang air jernihnya serta ikan-ikannya sangat memikat itu.

kolam cibulan kuningan

Selain aneka kerajinan tangan masyarakat yang dijajakan di toko cindera mata ini, ada pula mainan modern yang terbuat dari plastik, baik berupa boneka atau pun mainan anak perempuan dan anak laki-laki lainnya.

kolam cibulan kuningan

Info Kuningan

Hotel di Kuningan, Peta Wisata Kuningan, Tempat Wisata di Kuningan.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac.