Depok, Jawa Barat, Wisata Anak

Kampung Rusa Depok

Kampung Rusa Depok, nama populer untuk Kampung 99 Pepohonan, adalah sebuah tempat wisata keluarga atau pun kelompok anak-anak sekolah dengan nuansa dan suasana pedesaan. Tempat wisata pendidikan yang cukup baik ini terletak di Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok.

Jalan atau gang masuk menuju ke area Kampung Rusa berada tepat di seberang jalan masuk ke Masjid Kubah Emas Depok, melewati sebuah sungai kecil dan persawahan. Aksesnya agak sempit waktu itu, sehingga akan repot jika harus berpapasan dengan kendaraan roda empat yang lain.

Lingkungan Kampung Rusa memang cukup rimbun dengan berbagai macam pepohonan yang ditanam untuk membuat hijau lingkungan, membantu penyerapan air, dan juga digunakan untuk keperluan lain. Beberapa jenis pohon yang ada di Kampung Rusa diantaranya adalah Pohon Maja, Trembesi, Jati Putih, Rengas, Kemang, Karet, dan banyak lagi yang lainnya.

Rumah-rumah di Kampung Rusa semuanya terbuat dari kayu. Beberapa rumah ini disediakan bagi mereka yang berkeinginan untuk menginap di Kampung Rusa. Lingkungan di sini masih cukup nyaman karena banyaknya pepohonan yang membuat teduh area yang sangat luas ini. Oleh sebab begitu banyaknya pohon yang ada di sana, maka Kampung Rusa juga disebut sebagai kampung seribu pohon.

Sebuah lapangan terbuka berukuran cukup luas yang dikelilingi oleh pepohonan berada di bagian depan kompleks Kampung Rusa, tempat yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai permainan kelompok. Di latar belakang adalah tempat parkir kendaraan yang meskipun luasnya agak terbatas namun pengelola Kampung Rusa biasanya akan menyediakan lahan parkir di tempat lain jika acaranya melibatkan banyak orang.

Ada rumah panggung dari kayu yang terletak di bagian belakang kompleks Kampung Rusa. Lantai bawah bangunan ini sering dipakai untuk bermain musik, sebelum dibangun rumah panggung serbaguna yang baru yang berada tepat di depan rumah panggung ini.

Lantai bawah rumah pertama dipergunakan sebagai tempat menerima tamu, sekaligus sebagai warung yang menyediakan menu makanan dan minuman yang dibuat dari hasil kebun dan peternakan Kampung Rusa sendiri, seperti yoghurt buah sukun, kiwi, orange, strawberry atau anggur, carcade (teh arab) dan susu kambing jahe.

Abi, pemilik tempat ini adalah penggemar dan kolektor motor besar, yang salah satunya dipajang di tempat ini. Lantai dua rumah panggung ini tamu bisa digunakan sebagai tempat untuk berbincang dan bercengkerama, atau pun untuk berdiskusi kelompok.

Selain sebagai tempat rekreasi, Kampung Rusa juga dimaksudkan sebagai sarana pendidikan anak-anak untuk lebih mengenal kehidupan di kampung, dengan berbagai jenis kegiatan peternakan, perikanan dan pertanian. Karenanya di sana ada petak sawah, kolam ikan, serta kandang berisi sapi dan kambing.

Kandang binatang yang berisi Rusa jenis Timorensis, yang memberi nama bagi tempat wisata pendidikan bagi anak-anak ini. Ada pula kandang lain yang berisi monyet ekor panjang dan beberapa jenis binatang lainnya. Kami sempat berkeliling di kompleks Kampung Rusa, melihat kolam pemancingan yang terbuka untuk umum, kandang sapi yang diternakkan di sini, termasuk jenis yang bisa memiliki bobot sangat besar.

Di Kampung Rusa ini juga terdapat penyiapan dan pengolahan pakan ternak, terutama untuk sapi, kambing, rusa, dan ikan. Anak-anak bisa melihat bagaimana proses pembuatan pakan ternak di tempat ini.

kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok kampung rusa depok

Kampung Rusa adalah merupakan tempat wisata keluarga di daerah Depok yang layak untuk dikunjungi, terutama jika ingin memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana kehidupan di perkampungan dengan berbagai kegiatan produktifnya di bidang peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, serta cara pengolahannya.

Alamat Kampung Rusa ada di Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, dengan jalan masuk tepat di seberang Masjid Kubah Emas, Depok. Lokasi GPS : -6.383431, 106.767198, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Tempat Wisata di Depok, Hotel di Depok, Peta Wisata Depok.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 22, 2019.