Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan

November 15, 2019. Label:

Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan merupakan tempat terakhir yang kami kunjungi sebelum senja turun. Letak kawasan wisata yang terkenal ini ada di Kecamatan Kajen,  Pekalongan, sangat dekat dengan jalan provinsi yang menuju ke arah wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Jarak dari Pendopo Kajen Kabupaten Pekalongan sekitar 14 km, arah ke Selatan. Ketika melihat lokasinya di peta, jalan di kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan ini tersambung dengan jalan yang melewati depan Pura Kalingga Satya Dharma. Tak jelas apakah akses itu juga dibuka.

Jika lewat depan, jarak dari pura hingga ke gerbang masuk Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan hanya sekitar 700 meter, lebih pendek 100 meter jika lewat jalan memotong dari belakang ke gerbang depan. Namun jika mengikuti jalan utama yang melingkar yang naik turun di dalam kawasan itu maka jarak gerbang ke pura menjadi 1,7 km.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Gerbang masuk yang juga merupakan pos jaga dan pembayaran tiket masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan. Bentuk gerbangnya terlihat trendi menyerupai sayap capung yang mengembang ke atas, dan sepertinya menggantikan gerbang gerbang sebelumnya yang berbentuk bangunan tradisional joglo khas Jawa.

Kabarnya keterkenalan kawasan Wisata Linggoasri Kajen ini bagi orang Pekalongan dan sekitarnya menyerupai daerah Puncak Bogor bagi penduduk Jabodetabek. Kawasan ini memang merupakan daerah perbukitan yang berada pada ketinggian 700 mdpl. Hanya saja di sini saya tak melihat ada kebun teh luas serta kelok jalan menyerupai ular seperti yang ada di Puncak.

Boleh jadi saya masih belum sepenuhnya melakukan eksplorasi di kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan, sehingga ada lokasi elok yang belum sempat dikunjungi. Sebagai perbandingan, butuh sedikitnya 10 kali kunjungan ke kawasan Puncak untuk orang bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai tempat menarik apa saja yang ada di sana, sedangkan saya baru sekali ini ke Linggoasri.

Ada berbagai satwa burung di Kebun Binatang Mini Linggoasri, selain Burung Merak dan Ayam Mutiara, dengan kandang-kandang yang cukup besar. Kijang juga ada di sana. Di kawasan yang luasnya sekitar 5 hektar ada pula Kolam pemancingan, Mushola, MCK, panggung Kesenian, dan area berkemah luas yang dikelilingi hutan pinus dengan hawa yang sejuk.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan pada sepotong area yang ada di dalam kawasan Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan, dengan gardu pandang terlihat di sisi kanan pada jalan yang berkelok menurun. Sebelumnya kami melewati area parkir kendaraan roda empat di sisi kanan jalan yang cukup luas, dengan deretan warung sederhana di pinggir sebelah kanannya.

Kami juga melewati area dimana terdapat kolam renang air dingin di sisi kiri jalan, lengkap dengan menara luncurannya untuk tempat hiburan air bagi seluruh anggota keluarga. Meskipun udara di area Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan ini cukup dingin, namun anak-anak biasanya tak ada rasa segan-segannya untuk masuk ke dalam kolam renang dan bermain sepuasnya.

Tidak jauh dari kolam renang itu ada area bermain anak pada lereng yang lebih tinggi dari area kolam. Cukup banyak permainan anak yang disediakan di sana, dengan pepohonan yang lumayan rindang menaunginya. Walaupun jenis dan alat permainan anak yang tersedia waktu itu di Linggoasri belum termasuk yang terbaik, namun lumayan untuk selingan hiburan anak sembari beristirahat.

Pemandangan saat matahari mulai turun mendekati pinggang perbukitan sempat saya ambil fotonya dari sebuah tanjakan jalan yang cukup tajam. Saat itu memang sudah sekitar 20 menit menuju ke jam enam sore, dan suasana di sekitar kawasan ini sudah tempak sepi. Tempat parkir kendaraan juga sudah kosong ketika kami melewatinya kembali saat menuju arah pulang.

Sebuah Lingga - Yoni cukup besar kami lihat berada di sebuah puncak bukit di dalam kawasan Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan. Nama daerah Linggoasri sepertinya ada kaitannya dengan keberadaan Lingga di kawasan yang memang asri pemandangannya ini. Di bawah cerat Yoni terdapat arca kepala Naga yang menyangga saluran cerat yang memanjang.

Lingga, kependekan dari Siwalingga, digunakan sebagai benda ritual pemujaan atau sembahyang bagi umat Hindu, melambangkan falus (penis, kemaluan) Dewa Siwa sekaligus lambang kesuburan. Sedangkan Yoni merupakan simbol dari alat kelamin wanita, tempat Lingga ditancapkan pada lubang yang ada dipermukannya.

Lokasi Lingga - Yoni ini tak jauh dari area bermain anak dimana terdapat sepasang arca batu Dwarapala berukuran cukup besar yang menjaga di akses masuknya. Kami sempat menyusuri jalan di dalam Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan ini hingga sampai ke belakang, dimana terdapat kandang gajah, dan akses jalan ke kiri menuju ke Kebun Binatang Mini.

Di akhir pekan, anak-anak bisa merasakan pengalaman bertamasya dengan naik di punggung gajah yang berjalan pelan dituntun oleh pawangnya. Kabarnya ada pula area outbound, dan tempat penyewaan kuda. Seingat saya kandang kuda poni ada di sebelah kandang gajah. Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan ini tampaknya masih bisa dikembangkan lebih maju dan lengkap lagi karena areanya masih sangat luas.

Kami sempat melewat area di dalam kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan dimana terdapat villa yang bisa disewa untuk bermalam menikmati suasana pegunungan dan pemandangan perbukitan, namun tak sempat mampir untuk melongok kamarnya. Jika saja tahu sebelumnya, mungkin saya bisa tinggal semalam di sini ketimbang menginap di kota.

Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan

Alamat : Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Lokasi GPS : -7.10613, 109.58734, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan

Sebuah Lingga - Yoni cukup besar kami lihat berada di sebuah puncak bukit di dalam kawasan Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan. Nama daerah Linggoasri sepertinya ada kaitannya dengan keberadaan Lingga di kawasan yang memang asri pemandangannya ini. Di bawah cerat Yoni terdapat arca kepala Naga yang menyangga saluran cerat yang memanjang.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan saat matahari mulai turun mendekati pinggang perbukitan yang kami ambil dari sebuah tanjakan jalan yang cukup tajam. Saat itu memang sudah sekitar 20 menit menuju ke jam enam sore, dan suasana di sekitar kawasan ini sudah tempak sepi. Tempat parkir kendaraan juga sudah kosong ketika kami melewatinya kembali saat menuju arah pulang.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Kandang Gajah ini berada agak jauh di sekitar tengah kawasan Wisata Linggoasri. Parit yang cukup dalam tampak memisahkan area kandang gajah itu dengan area di luarnya, membuat gajah tak bisa pergi kemana-mana, dan aman pula bagi pengunjung.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Ada dua ekor gajah berukuran tanggung yang berada di dalam kandang gajah saat itu. Satu gajah yang di sebelah kanan kedua gadingnya tampak masih utuh, sedangkan yang di sebelah kiri tak ada lagi gadingnya.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Akses jalan sempit yang cukup panjang untuk menuju ke kawasan Kebun Binatang Mini. Pagar besi dan bambu sengaja dipasang di sana untuk mencegah pengendara sepeda motor masuk ke area Kebun Binatang Mini itu.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan kawasan perbukitan di dalam area Wisata Linggoasri saat matahari mulai turun namun cahayanya masih cukup menerangi bumi. Menunggu matahari tenggelam di sini sebenarnya cukup menyenangkan, hanya saja kami tak menungguinya.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Lereng perbukitan yang dibuat bertingkat terasering dengan tanaman padi yang terlihat cantik hijau segar berlatar pepohonan yang rimbun memadati perbukitan di belakang sana.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Area parkir kendaraan yang cukup luas, dengan beberapa warung sederhana di sisi sebelah kanan, dinaungi pepohonan cemara yang sudah cukup besar.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Arca naga yang menyangga cerat pada Yoni terlihat pada foto ini. Ritual yang dilakukan di Lingga Yoni biasanya menyiramkan air suci pada puncak batang Lingga. Air yang mengalir melewati cerat ditampung, untuk kemudian disiramkan di sawah atau ladang agar tanaman tumbuh subur dan memberi hasil berlimpah.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Sepasang arca Dwarapala pada akses masuk ke area bermain anak-anak. Di ujung kiri sana terlihat sebuah gazebo yang lumayan besar. Mestinya di kawasan ini juga ada flying fox, namun saya tak melihatnya.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Di latar depan tampak gazebo yang cukup bagus, hanya saja alasnya terlihat agak kurang bersih. Di latar belakang sana terlihat sejumlah kandang satwa yang ada di area Kebun Binatang Mini. Ada pula kolam di sebelah kiri yang airnya terlihat berwarna kehijauan.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Di ujung sana adalah kolam renang yang ada di kawasan Wisata Linggoasri, dan terlihat pula luncurannya yang berwarna krem. Kolam ini airnya dingin, dan mestinya bersih dan segar karena berada di area perbukitan yang sejuk.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan lainnya pada trek cukup panjang yang ada di dalam kawasan Wisata Linggoasri Kajen yang bisa dipakai oleh pengunjung berjalan kaki santai di seputar taman dengan pepohonan rindang, dan untuk menuju ke kawasan Kebun Binatang Mini.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Sudut pandang lainnya pada kandang dengan dua ekor gajah di dalamnya. Meskipun untuk ukuran orang kota kandang gajah ini bisa dikatakan cukup besar, namun bagi gajahnya sendiri ini adalah penjara yang sangat sempit. Di ujung kanan sana adalah kandang kuda tunggang.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Bermain dengan jerami sepertinya menjadi satu-satunya hiburan bagi gajah yang terpenjara ini. Apalagi satu kakinya dirantai yang membuatnya tak bebas bergerak. Kawasan Wisata Kajen baiknya mendatangkan pawang gajah dengan teknik yang manusiawi untuk menjinakkannya sehingga mereka tak perlu lagi dirantai seperti ini.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Meskipun kandangnya tidak berpintu namun gajah bergading di sebelah kanan foto saat itu tak bisa bebas berjalan-jalan oleh karena sebelah kakinya juga dirantai. Selain masalah penjinakan gajah, juga kandang gajahnya yang sepertinya masih kurang memadai agar para gajah itu bisa bebas bergerak, walaupun sudah ada parit.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan lainnya saat matahari mulai bergerak turun mendekati puncak perbukitan yang memanjang di belakang sana. Ini adalah salah satu panorama yang bisa dinikmati pengunjung Wisata Linggoasri, jika beruntung tak ada awan yang menutupi langit.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Pemandangan yang menarik dan elok dari kawasan Wisata Linggoasri Kajen ke arah sawah terasering dengan batang padi yang terlihat seperti hamparan permadani hijau lembut memikat, berhias tiga buah bangunan gubug sederhana di tiga lokasi yang agak berjauhan.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Ukuran Lingga-Yoni di kawasan Wisata Linggoasri ini cukup besar dan dalam kondisi yang rekatif masih sangat baik. Ketika dilakukan upacara ritual, air suci atau air susu dituangkan di atas batang Lingga, mengalir ke bawah ke permukaan Yoni, dan selanjutnya keluar melalui cerat untuk ditampung di dalam wadah. Air suci atau air susu itu kemudian dipercikkan ke sawah dan ladang untuk mendapat berkah kesuburan dengan hasil panen melimpah.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Salah satu dari dua arca Dwarapala yang biasanya berjaga di sebelah kiri dan kanan gapura paduraksa yang memisahkan bagian tengah dengan bagian utama dari sebuah bangunan suci atau pura. Dwarapala berjaga di sana untuk mengusir roh jahat yang bisa mengganggu manusia.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Area bermain anak yang saat itu sudah terlihat perlu diremajakan. Mudah-mudahan kondisi sekarang sudah jauh lebih baik, dengan alat permainan anak yang lebih kekinian dan dengan standar keamanan yang baik. Bukan perkara mudah untuk memelihara ragam permainan yang dipakai oleh umum dan di tempat terbuka yang terpapar panas dan hujan seperti ini.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Sebuah permainan anak lainnya yang menyerupai alat bermain untuk tikus kecil namun dalam ukuran besar, dengan latar belakang alat bermain jungkit. Alas alat bermain saat itu masih menggunakan paving block yang tidak aman. Semoga saja sekarang sudah diganti dengan karpet karet yang jauh lebih aman dan nyaman.

wisata linggoasri kajen pekalongan

Info Pekalongan

Hotel di Pekalongan, Tempat Wisata di Pekalongan, Peta Wisata Pekalongan.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang !

Loading comments…

Jejak Pembaca

Baca Pula