Blora, Geologi, Jawa Tengah

Wisata Geologi Blora

Wisata Geologi Blora berupa sekitar 648 sumur minyak tua, 150 diantaranya masih ditambang secara tradisional oleh masyarakat. Sekitar 132 sumur minyak tua ini dikelola oleh Koperasi Karyawan Pertamina Patra Karya (Kokapraya), dan 20 sumur lainnya dikelola penduduk secara perseorangan atau berkelompok

Lokasi sumur tua ini tersebar di beberapa wilayah seperti Cepu, Nglobo, Ledok, dan Wonocolo, umumnya berada di perbukitan dan di kawasan hutan jati dengan akses yang tidak begitu mudah.

Untuk menambang minyak, penduduk menggunakan timba yang ditarik talinya oleh sapi atau dengan menggunakan tenaga sekitar 15 orang.

Sumur minyak di Cepu ditemukan pertama kali pada 1890 oleh Bataafsche Petroleum Maatchappij, perusahaan minyak Belanda yang sekarang bernama Shell.

Wisata Geologi Blora

Alamat : Cepu, Nglobo, Ledok, dan Wonocolo, Kabupaten Blora. Rujukan : Hotel di Blora, Hotel di Cepu, Tempat Wisata di Blora, Peta Wisata Blora.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2018.