Blora, Jawa Tengah, Situs

Situs Wurawari Blora

Situs Wurawari Blora kini tinggal berupa tumpukan batu bata kuno yang lokasinya berada di sebuah area pemakaman, di tengah sebuah tegalan, di dekat persawahan, Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabuaten Blora, di Provinsi Jawa Tengah.

Pada 928 Saka (1016/7 M) Raja Wurawari dari Lwaram (sekarang Ngloram) melakukan serangan ke Kerajaan Mataram Hindu saat berlangsung pesta pernikahan putri Raja Darmawangsa Teguh dengan Airlangga, mengakibatkan tewasnya raja dan putrinya, namun Airlangga lolos ditemani Narotama. Pusat Kerajaan Mataram Hindu sekarang berada di wilayah Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Airlangga kemudian membangun kekuatan di Wattan Mas, sekarang berada di Kecamatan Ngoro, Pasuruan, Jawa Timur. Namun Wattan Mas kembali diserbu Wurawari dan Airlangga melarikan diri ke Desa Patakan.

Baru pada 1032 Airlangga dibantu Mpu Narotama dan pasukannya berhasil mengalahkan Raja Wurawari dan menghancurkan Lwaram. Sebagian temuan di Situs Wurawari kini disimpian di Museum Mahameru.

Situs Wurawari Blora

Alamat : Dukuh Nglinggo, Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Rujukan : Hotel di Blora, Hotel di Cepu, Tempat Wisata di Blora, Peta Wisata Blora.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2018.