Gunung, Jawa Tengah, Magelang, Pos Pemantau

Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan Magelang

Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan Magelang ini merupakan pos pemantau tertinggi Gunung Merapi yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, sekitar 10 km dari Pasar Talun.

Dari Pos Pemantau Merapi Babadan yang dibangun pada 1954 ini pejalan bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Merapi, serta melihat pemandangan indah ke arah lembah yang mengapit Kali Pabelan. Di tempat ini juga ada bunker yang dibangun Belanda pada 1931. Pada letusan terakhir Gunung Merapi tahun 2010, Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan yang berada di ketinggian 1278 mdpl dan hanya berjarak 4,4 km arah Barat Laut dari Puncak Merapi ini sempat ditutup sementara dan pengamatan di lakukan dari Desa Krinjing yang berada lebih ke bawah.

Di pos ini pejalan bisa melihat foto-foto aktifitas vulkanik Gunung Merapi sebelumnya, peralatan pemantauan getaran seismik, serta membeli suvenir berupa foto dan CD berisi rekaman video erupsi Gunung Merapi.

Sebagai tindakan pengamanan, pengunjung akan diminta untuk memarkir kendaraan pada posisi siap meninggalkan tempat, dan tidak diperbolehkan melewati batas aman. Pos Pemantau Merapi Babadan bisa dicapai dari Jalan Raya Boyolali - Mungkad dan dari Muntilan.

Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan

Alamat : Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.