Gunung, Jawa Tengah, Magelang, Pos Pemantau

Pos Mati Magelang

Pos Mati Magelang adalah alternatif tempat, selain Punthuk Setumbu, untuk menikmati panorama beraura mistis Candi Borobudur di saat matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu.

Pos Mati berada di sebuah puncak bukit di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, di tempat yang dahulu digunakan oleh pasukan Pangeran Diponegoro sebagai pos pengintaian saat berlangsungnya Perang Jawa (1925 - 1930).

Peninggalan sang pangeran saat ini juga masih ada selain Pos Mati, yaitu berupa Balai Kambang dan Sendang Suruh.

Desa Giritengah berada di ujung selatan Kecamatan Borobudur, sekitar 5 km ke arah Barat Daya dari Candi Borobudur. Untuk menuju lokasi, pejalan bisa naik ojek dari Terminal atau Pasar Borobudur. Kendaraan pribadi bisa menggunakan rute Desa Tunjungsari - Desa Karanganyar, lalu belok kiri di perempatan Gunden Desa Karanganyar.

Pos Mati Magelang

Alamat : Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.