Jakarta, Jakarta Timur, Museum

Museum Asmat TMII Jakarta

Gedung Museum Asmat TMII Jakarta berada di dalam kompleks Taman Bunga Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Atas restu Ibu Tien Soeharto, gedung Museum Asmat dibangun pada 20 Februari 1986 dan diresmikan pada 20 April 1986.

Museum dengan luas bangunan 6.500 m² ini bisa diakses dari Utara melalui Taman Bunga Keong Emas atau dari arah Timur melalui Taman Aquarium Air Tawar.

Bentuk luar bangunan Museum Asmat meniru Rumah Kariwari, rumah pemujaan suku Tobati-Enggros yang merupakan penduduk asli tepian Danau Sentani, Papua, namun dengan interior modern.

Ada tiga bangunan utama ruang pamer tetap dan dua bangunan penghubung di Museum Asmat yang berbentuk segi delapan. Atapnya yang menggunakan tutup daun rumbia berbentuk kerucut setinggi 25 m. Ragam hias khas Asmat, dengan warna merah, putih, dan hitam bisa dijumpai di berbagai bagian bangunan.

Benda-benda budaya Asmat yang dipamerkan disusun berdasar tema. Bangunan pertama bertema Manusia dan Lingkungannya, memamerkan ragam pakaian adat dan perhiasan, diorama, perahu kendaraan roh leluhur (wuramon), patung leluhur (mbis pole), dan ragam hias perlambang gejala kehidupan.

Bangunan kedua bertema Manusia dan Kebudayaannya yang memamerkan peralatan pembuat sagu, peralatan berburu, senjata tradisional Asmat, benda budaya dan upacara, tifa, fu (alat musik tiup bambu), dan si (kapak batu).

Bangunan ketiga bertema Manusia dan Hasil Kreatifitasnya, memamerkan hasil karya kreatif seni kontemporer Asmat yang dikembangan berdasar pola tradisional suku Asmat.

Gedung Museum Asmat juga digunakan bagi kegiatan lain, seperti Lomba Kreasi Tari Gerak Asmat dan Lomba Mewarnai Gambar Ragam Hias Asmat.

Museum Asmat TMII Jakarta

Alamat : Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Telp 021-8409307, 87792987. Fax 021-8400-709. Lokasi GPS : -6.3056225, 106.8938988, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 04, 2018.