Bogor, Gunung, Jawa Barat, Kawah

Kawah Ratu Gunung Salak Bogor

Kawah Ratu di Gunung Salak Bogor merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam yang menantang di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Ada tiga trek untuk mendaki ke Kawah Ratu, dua diantaranya melewati gerbang di Desa Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Trek pertama ke Kawah Ratu adalah dari Bumi Perkemahan Gunung Bunder, yang letaknya tidak jauh dari gerbang Gunung Bunder Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dengan jarak tempuh sekitar 5 km. Pejalan bisa berkemah dulu di sini, dan pagi-pagi baru mulai mendaki. Jika berkemah, disarankan untuk membawa sleeping bag, karena udara sangat-sangat dingin. Pendakian lewat trek ini memerlukan waktu sekitar 3 jam, namun perjalanan pulangnya bisa memakan waktu hanya separuhnya.

Sekitar dua pertiga perjalanan melewati jalur sungai, sebagian lagi lintasan berlumpur, atau terisi batu-batuan yang licin jika kena hujan. Trek kedua dari Pasir Reungit pada ketinggian 1.173 mdpl, yang juga berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak namun lokasinya lebih ke atas, setelah Curug Ngumpet, dengan jarak tempuh 3,6 km. Ini trek yang paling mudah. Pendakian lewat trek ini memerlukan waktu sekitar 2 jam, jika tidak tersesat.

Trek ketiga melalui jalur Bumi Perkemahan Cangkuang, Cidahu, Sukabumi, dengan jarak tempuh sekitar 4,5 km. Kawah Ratu berada pada ketinggian 1.437 mdpl. Jika diteruskan akan mencapai Puncak Salak I dan Puncak Salak II masing-masing berada pada ketinggian 2221 mdpl dan 2180 mdpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul pada ketinggian 1.926 m dpl. Kawah Ratu sangat aktif mengeluarkan gas belerang, dan disarankan untuk tidak lebih dari 3 menit berada di sana. Resikonya adalah pengunjung akan keracunan gas belerang, yang bisa membawa kematian. Kunjungan sebaiknya pagi, karena semakin sore semakin kuat asap belerangnya. Periksa secara berkala kaki Anda ketika treking, karena meskipun menggunakan celana panjang, pacet bisa masuk menyelusup dan menghisap darah di kaki.


Kawah Ratu Gunung Salak Bogor

Alamat : Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Bogor. Lokasi GPS : -6.717203, 106.712258, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.