Bogor, Gua, Jawa Barat

Gua Gudawang Bogor

Lokasi Gua Gudawang Bogor berada di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, sekitar 40 km dari Kota Bogor menuju arah Leuwiliang. Nama Gua Gudawang kabarnya berasal dari kata Kuda Lawang, atau ekor kuda yang dikepang.

Ada sekitar 12 gua di kompleks Gua Gudawang yang luasnya 2,5 ha ini, namun hanya tiga yang dibuka, yaitu Gua Simenteng, Gua Simasigit, dan Gua Sipahang. Mulut Gua Simenteng berbentuk kepala macan yang mulutnya menganga, oleh karena itu juga disebut Gua Simacan.

Pasokan oksigen di Gua Simenteng kurang bagus, sebaiknya tidak masuk sekaligus dalam jumlah banyak. Mulut Gua Simasigit juga berbentuk kepala macan, dan gua ini merupakan gua terpendek dibanding dua gua lainnya. Lokasinya berada di sebelah kanan dari pintu masuk,

Gua Sipahang merupakan gua terpanjang, dengan stalaktit, stalakmit dan ruangan-ruangan besar di dalam gua. Pejalan harus menuruni undakan untuk sampai di mulut gua, karena gua berada di dasar lembah. Jalur di dalam gua cukup menantang, ada aliran sungai dengan kedalaman lebih dari tinggi orang dewasa, sehingga diperlukan pelampung. Di sini ada pemandu yang bisa menemani masuk ke dalam gua.


Gua Gudawang Argapura Bogor

Alamat : Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg Bogor. Lokasi GPS : -6.458705, 106.511853, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.