Jawa Tengah, Sukoharjo, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Sukoharjo

Di bawah ini adalah catatan lengkap tentang Tempat Wisata di Sukoharjo. Sukoharjo, dengan kode area telepon 0271, berbatasan dengan Kota Surakarta di Utara, wilayah Karanganyar di Timur, Wonogiri dan Gunung Kidul di Selatan, serta Klaten di Barat. Bengawan Solo membelah Sukoharjo menjadi dua bagian, dan Sukoharjo ada di lintasan jalur kereta api Solo-Wonogiri.

Tulisan Tempat Wisata di Sukoharjo dan peta wisata Sukoharjo ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Meski wilayah Sukoharjo sepertinya masih belum masuk ke dalam kelompok tujuan wisata bahkan di tingkat provinsi Jawa Tengah sekalipun, namun sesugguhnya ada sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi di sana. Utamanya bagi pejalan yang menyukai wisata sejarah atau heritage.

tempat wisata di sukoharjo
Pesanggrahan Langenharjo
, adalah Tempat Wisata di Sukoharjo yang berada di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, berjarak sekitar 6 km dari Kota Solo. Kompleks peninggalan Kraton Surakarta ini dibangun oleh Pakubuwono X dan dilengkapi dengan pemandian air panas di sisi sebelah kanannya.

Tempat pertama yang saya kunjungi di area ini, setelah melihat pemandiannya yang kurang terawat, adalah pendopo depan yang disebut Prabasana, biasa digunakan untuk pertunjukan wayang, sarasehan, dan juga tirakatan. Pendopo yang mestinya bisa terlihat elok dan agung itu sudah memerlukan perawatan untuk membuatnya kembali bersinar.

tempat wisata di sukoharjo
Makam KH Samanhudi
, Tempat Wisata di Sukoharjo berupa makam perintis Batik Laweyan dan pendiri Sarekat Dagang Islam. Adalah Presiden Soekarno yang menyematkan Bintang Maha Putra kepada Soekamto Samanhudi atas nama keluarga Haji Samanhudi di Istana Merdeka pada 15 Februari 1960.

tempat wisata di sukoharjo
Petilasan Keraton Kartosuro
, Tempat Wisata di Sukoharjo di Desa Kartosuro, Kartosuro, 25 km dari Kota Sukoharjo, dengan beteng, alun-alun, Sumur Madusaka, Makam Bray Sedah Mirah. Sepetak lantai dengan dua buah batu besar di bawah pohon rindang ini disebut sebagai satu-satunya peninggalan bangunan yang tersisa.

tempat wisata di sukoharjo
Petilasan Keraton Pajang
, Tempat Wisata di Sukoharjo yang ada di Gang Benowo II, masuk dari Jl Joko Tingkir, sekitar 75m setelah Hotel Pajang Indah, atau 600m setelah Tugu Lilin Pajang. Di Petilasan ada patung kepala bermakuta, dengan mawar melati di atas daun pisang, sebuah gentong dan Yoni.

Tempat Wisata di Sukoharjo


Benteng Kartasura »
Merupakan benteng peninggalan jaman Keraton Kartasura yang berlubang ketika terjadi geger Pecinan.

Batu Seribu »
Desa Gentan, Bulu, 20 km dari Kota Sukoharjo. Melewati Sendang Lele, 2,5 km kemudian masuk terowongan untuk melihat genangan air di bawah Pohon Gondang.

Grogol Indah »
Desa Telukan dan Pondok, Kecamatan Grogol, merupakan wisata tirta dengan lomba balap getek dan tangkap itik, bebek air, perahu dayung dan motor, dll.

Makam Balakan »
Desa Balakan (Mertan), Kec. Bendasari, merupakan makam keturunan Raja Brawijaya yang dikeramatkan masyarakat setempat.

Makam Patih KRA Sosronagoro »
KRA Sosronagoro yang wafat pada 1828 itu adalah patih PB IX yang terkenal bijaksana dan dimakamkan bersebelahan dengan bapak dan ibunya.

Makam Taruwongso »
Kecamatan Tawangsari, merupakan makam yang dikeramatkan di puncak Gunung Taruwongso dengan pemandangan hamparan sawah perumahan penduduk.

Masjid Hastana Keraton Kartasura »
Masjid yang dibangun pada 1827 di jaman Pakubuwana X oleh Yayasan PB X Keraton Surakarta Hadiningrat. Konon sebagian besar bangunan dan kayu masjid masih asli seperti ketika dibangun.

Pandawa Water World »
Kawasan Solo Baru, 1 km dari Kota Solodengan kolam renang, surving boogie, lazy river, Bungy Tower dll.

Waduk Mulur »
Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, ada karamba ikan nila, warung makan lesehan, sebaiknya dikunjungi pagi atau sore hari.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 22, 2018.