Tanggo Seratus Sibolga

Bambang Aroengbinang. November 02, 2017
Lokasi Tanggo Seratus Sibolga berada di Jl Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga. Dari atas tangga yang berada pada ketinggian sekitar 150 mdpl bisa melihat panorama ke arah Teluk Tapian Nauli dan ke pulau-pulau yang berada di sekitar teluk.

Tanggo Seratus dibangun pada jaman kolonial Belanda, dengan anak tangga berjumlah 192 buah. Di tempat ini juga terdapat bekas penyangga meriam, namun sayangnya meriamnya sudah tidak ada lagi.

Ada pula peninggalan berupa bak air besar yang sekarang digunakan PDAM Tirtanauli, serta dua buah gua yang berjarak sekitar 3 meter.

Lebar tangga yang semula 1 meter telah diperlebar oleh Pemkot Sibolga menjadi 2 meter. Demikian jumlah anak tangga telah ditambah menjadi 298 buah, serta pembuatan fasilitas penunjang lainnya.

Tanggo Saratus Sibolga

Alamat : Jl Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga. Lokasi GPS : 1.7423894, 98.7803324, Waze. Rujukan: Tempat Wisata di Sibolga
Label : .
Lahir dan sejak kelas 2 SD hingga lulus SMA tinggal di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah; pernah tinggal di rumah Camat Purwonegoro, rumah Camat Klampok, dan rumah Wedana Jatinom, Klaten; S1 di ITB Bandung dan S2 di IPMI Jakarta; sejak 1985 hingga sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman (jalannya musim2an, seringnya nggak). Senang mengunjungi kubur dan tempat bersejarah dan menikmati panorama elok.