Sibolga, Sumatera Utara

Tanggo Seratus Sibolga

Lokasi Tanggo Seratus Sibolga berada di Jl Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga. Dari atas tangga yang berada pada ketinggian sekitar 150 mdpl bisa melihat panorama ke arah Teluk Tapian Nauli dan ke pulau-pulau yang berada di sekitar teluk.

Tanggo Seratus dibangun pada jaman kolonial Belanda, dengan anak tangga berjumlah 192 buah. Di tempat ini juga terdapat bekas penyangga meriam, namun sayangnya meriamnya sudah tidak ada lagi.

Ada pula peninggalan berupa bak air besar yang sekarang digunakan PDAM Tirtanauli, serta dua buah gua yang berjarak sekitar 3 meter.

Lebar tangga yang semula 1 meter telah diperlebar oleh Pemkot Sibolga menjadi 2 meter. Demikian jumlah anak tangga telah ditambah menjadi 298 buah, serta pembuatan fasilitas penunjang lainnya.

Tanggo Saratus Sibolga

Alamat : Jl Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga. Lokasi GPS : 1.7423894, 98.7803324, Waze. Rujukan: Tempat Wisata di Sibolga


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 02, 2017.