Tempat Wisata di Sibolga

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Sibolga. Peta Wisata Kota Sibolga dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari obyek wisatanya telah diperoleh.

Kota Sibolga berada di kawasan Teluk Tapian Nauli, di pantai Barat Pulau Sumatera, dan masuk ke wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pelabuhan laut Kota Sibolga disinggahi kapal-kapal yang menuju ke Pulau Nias.

Tempat Wisata di Sibolga

1. Benteng Bukit Ketapang
Di Bukit Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir, terdapat beberapa buah benteng yang merupakan benteng peninggalan dari jaman Jepang

2. Benteng Sihopo-hopo
Kelurahan Aek Manis, dibuat dari beton cor berbentuk segi empat dengan dua pintu masuk, dua ruangan dengan lubang-lubang angin.

3. Benteng Simare-mare
Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara, dengan dua benteng beton berbentuk persegi panjang dan lubang-lubang angin.

4. Gua Sikaje-kaje
Di pinggang Bukit Sikaje-kaje, Kelurahan Aek Manis, merupakan gua berbentuk setengah lingkaran dengan dua pintu, dan empat ruangan.

5. Pantai Ujung Sibolga
Berada tidak jauh dari pusat Kota Sibolga merupakan tempat yang baik untuk menyaksikan matahari tenggelam.

6. Pulau Poncan Gadang
Memiliki pantai pasir putih dengan air jernih, dan taman laut dengan beragam ikan hias dan terumbu karang. Ada hotel berbintang, sekitar 15 menit dengan kapal cepat dari Sibolga.

6. Pulau Poncan Ketek
Lokasinya berada disebelah Pulau Poncan Gadang. Sebelum Kota Sibolga dihuni, Pulau Poncan Ketek merupakan pusat perdagangan di Teluk Tapian Nauli.

7. Pulau Panjang
Dinamai demikian karena bentuknya memanjang sejauh 1,5 km dengan lebar terbesar sekitar 400 m, berada sejauh 3 Km dari Kota Sibolga

8. Pulau Sarudik
Berjarak hanya sekitar 300 m dari Kota Sibolga. Pengunjung bisa menikmati panorama pantai sambil melihat kapal-kapal yang tengah diperbaiki, serta bisa pula memancing.

9. Puncak Pemancar TVRI
Dari bukit dimana terdapat pemancar TVRI ini pengunjung bisa menikmati panorama Kota Sibolga dan Teluk Tapian Nauli, baik siang maupun malam.

10. Tanggo Saratus
Jl Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga. Meskipun namanya Tanggo Seratus namun anak tangga ada berjumlah 293.

11. Tor Simarbarimbing
Wisata treking dan hiking ke puncak Tor Simarbarimbing dengan pemandangan ke Teluk Tapian Nauli.