WordPress: Random Post di Bawah Tulisan

October 27, 2017
aroengbinang.com - Memperlihatkan Random Post di bawah tulisan adalah satu cara yang bisa dilakukan oleh blogger untuk menampilkan tulisan lama kepada pengunjung, yang mungkin akan membuatnya tertarik untuk membacanya. Sayang jika tulisan bagus, dan mungkin mestinya tak lekang oleh waktu, begitu saja terpendam dalam tumpuk tulisan baru.

Meskipun biasanya di setiap halaman tulisan sudah ada tautan ke tulisan sebelum atau sesudahnya, namun sering itu tak membuat orang tertarik untuk membukanya. Demikian pula tautan related post yang ditampilkan berdasar kategori atau tag yang sama. Orang kadang memerlukan hal baru, segar, yang berbeda dengan apa yang ia biasa hadapi.

Karena itu ada baiknya sesekali mencoba memasang tautan Random Post di Bawah Tulisan, yang dalam tutorial ini ditujukan kepada blogger yang menggunakan self-hosted WordPress, yaitu yang memakai domain sendiri dan membayar sewa webhosting, baik shared maupun VPS/PS. Anda bisa pula membandingkan besarnya jumlah klik jika menggunakan related post.

Seperti biasa jika masih memungkinkan, hindari pemakaian plugin, jika pun ada dan lebih praktis. Batasi jumlah plugin yang digunakan, hanya yang memang benar-benar sangat diperlukan, dan tidak ada alternatif lain yang lebih baik.

Untuk memasang tautan Random Post di Bawah Tulisan, ikuti langka-langkah sebagai berikut ini.
  1. Buka single.php, lebih baik buat back-up dulu file ini sebelum diubah, siapa tahu bisa bermanfaat nanti.
  2. Sisipkan script berikut di tempat yang anda inginkan (tentunya di bagian bawah dari <?php the_content(); ?>, sebelum atau setelah tautan sosial media sharer):

    <h3>Random Posts</h3>
    <ul>
    <?php $posts = get_posts('orderby=rand&numberposts=7'); foreach($posts as $post) { ?>
    <li><a href="<?php the_permalink(); ?>" title="<?php the_title(); ?>"><?php the_title(); ?></a>
    </li>
    <?php } ?>
    </ul>
  3. Angka setelah numberposts adalah jumlah random post yang ditampilkan. Ganti angkanya sesuai kehendak Anda, misalnya 5 atau 10.
  4. Save, dan refresh salah satu tulisan di blog Ada.

Pastikan anda telah login terlebih dahulu, karena perubahan bisa tak terlihat jika Anda menggunakan plugin cache.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...